Pemula Wajib Tahu! 8 Cara Jualan Online Yang Efektif

Jualan Online – Berbisnis kini semakin mudah dengan adanya teknologi yang sudah canggih. Dengan bermodalkan smartphone dan jaringan internet, seseorang sudah bisa menjalankan sebuah bisnis. Cara jualan secara online pun sangat mudah untuk dilakukan.

Bisnis online dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan seorang pemula yang sebelumnya belum pernah berjualan.

Cara jualan online yang efektif

Berikut adalah cara berdagang online yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.

Susun rencana bisnis

Menyusun rencana bisnis dengan baik adalah langkah awal dalam bisnis online. Rencana ini meliputi seluruh yang yang bersangkutan dengan bisnis Anda, seperti nama brand, produk apa yang yang akan dijual, penetapan harga produk hingga perhitungan keuangan dan sistem bisnis.

Jika Anda menginginkan bisnis online tanpa modal, maka sistem dropship atau reseller merupakan sistem yang tepat. Cara menjadi reseller tanpa modal pun sangat mudah karena Anda hanya perlu menawarkan produk saja ke pelanggan.

Dengan rencana yang matang, maka Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis.

Kenali nilai jual produk

Cara jualan yang selanjutnya adalah dengan mengenal nilai jual produk yang ditawarkan. Nilai jual produk atau unique selling point (USP) atau kelebihan produk yang Anda jual adalah salah satu hal yang penting dalam bisnis, karena nilai jual produk yang menarik adalah salah satu cara supaya jualan Anda dilirik oleh calon pelanggan.

nilai jual produk biasanya hanya ada satu, karena satu poin tersebutlah yang akan membuat pelanggan melirik dan mengingat produk Anda.

Baca Juga:  Bisnis Makanan Online Untuk Pemula

Membangun website

Website memiliki berbagai fungsi, yaitu tempat menjual produk, memasarkan produk, memperkenalkan brand Anda dan media komunikasi antara penjual dan pembeli. Anda dapat membuat website yang disesuaikan dengan branding produk yang ditawarkan. Membangun sebuah website merupakan cara terbaik untuk meningkatkan citra bisnis online Anda.

Selain itu, Anda juga akan memiliki kendali penuh atas data, seperti data pembeli dan data penjualan sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui trend penjualan, demografi pembeli serta model produk yang paling banyak disukai oleh pelanggan.

Cari supplier

Cara berbisnis online bagi pemula yang selanjutnya adalah mencari supplier yang tepat atau produsen produk/bahan baku dengan penawaran harga yang sesuai.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mencari supplier adalah memperhitungkan jarak lokasi dengan tempat Anda, harga yang sesuai, ketersediaan stok barang dan kemudahan komunikasi.

Pastikan mendapatkan supplier dengan kualitas barang yang sesuai dan tentunya bagus. Poin paling penting adalah memastikan supplier tersebut memberikan penawaran harga yang bagus.

Tentukan target pasar dan harga jual

Menentukan target pasar berguna supaya jualan Anda lebih terarah. Saat menentukan target pasar, pastikan Anda memahami value produk yang ditawarkan sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

Setelah menentukan target pasar, tentukan harga jual produk yang Anda tawarkan. Dengan mengetahui target pasar Anda, maka akan lebih mudah pula dalam menentukan harga jual.

Sebagai contoh, jika target pasar Anda adalah wanita remaja atau anak kuliahan, maka tentukan harga yang sesuai dengan keuangan mereka. Selain itu, usaha makanan rumahan online juga dapat Anda pilih jika target Anda adalah ibu-ibu.

Manfaatkan marketplace

Memanfaatkan platform jual beli online atau marketplace adalah cara jualan online yang sangat tepat. Pasalnya, saat ini sebagian besar orang menggunakan marketplace untuk berbelanja. Selain itu, tingkat kepercayaan mereka terhadap suatu toko di marketplace juga tinggi.

Baca Juga:  4 Tips Dan Trik Memanfaatkan Peluang Usaha Online Shop

Hingga kini, jutaan orang menggunakan marketplace untuk membeli segala kebutuhan daripada pergi ke toko karena melalui marketplace, pelanggan dapat menghemat lebih banyak waktu. Marketplace memungkin Anda untuk lebih banyak menjangkau pembeli dalam waktu relatif singkat.

Aktif media sosial

Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial menjadi platform yang efektif untuk mempromosikan suatu bisnis. Media sosial seperti Instagram dan Facebook menjadi sumber informasi dan sebagai media hiburan bagi banyak orang. Tidak sedikit orang yang menghabiskan waktunya untuk scrolling media sosial.

Menjalin komunikasi dengan pelanggan merupakan cara penting dalam berjualan online untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda tentu ingin pelanggan mengingat brand dan melakukan pembelian lagi. Oleh karena itu, aktif di media sosial adalah kuncinya.

Melalui media sosial, Anda dapat membagikan foto atau konten video yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan. Konten yang di-upload dapat meningkatkan engagement rate sehingga brand dan produk Anda akan semakin dikenal banyak orang.

Lakukan promo dan Giveaway

Memberikan promo-promo yang menarik terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan. Anda dapat mengadakan giveaway di media sosial bisnis Anda. Caranya pun sangat mudah. Anda dapat membuat giveaway berupa memberikan hadiah atau voucher dan potongan harga kepada follower Anda yang aktif memberikan like dan komentar.

Selain itu, Anda juga dapat meminta follower Anda untuk membagikan postingan produk Anda di media sosial mereka. Cara ini ampuh untuk menjangkau lebih banyak follower yang berpotensi menjadi pelanggan Anda.

Ide bisnis online

Berikut adalah ide bisnis online 2022 yang dapat Anda lakukan.

Bisnis makanan rumahan

Membuka bisnis makanan rumahan cocok bagi Anda yang hobi memasak. Contoh bisnis makanan online rumahan yang dapat Anda lakukan adalah produksi makanan ringan atau membuat berbagai macam kue.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Budidaya Pisang 40 Hari yang Berkualitas?

Reseller atau dropshipper

Tahukah Anda, bahwa ada bisnis yang dapat dikerjakan tanpa modal? Cara menjadi reseller tanpa modal atau dropship memungkinkan Anda untuk berbisnis tanpa perlu mengeluarkan modal dalam jumlah besar. Anda hanya perlu smartphone dan jaringan internet untuk menjalankan bisnis ini.

Anda dapat mencari produk atau jualan online yang paling laris saat ini. Kemudian Anda hanya perlu

Jual pulsa

Dengan modal sedikit dan smartphone, Anda sudah dapat melakukan jualan pulsa online. Usaha ini cocok dilakukan bagi Anda yang ingin usaha sampingan online untuk menambah penghasilan. Apalagi kebutuhan akan jaringan internet kini semakin banyak, sehingga berjualan pulsa untuk paket data internet dapat Anda jadikan pilihan.

Jasa desain

Berbisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, tak terkecuali pelajar. Jika Anda seorang pelajar dan memiliki keterampilan dalam bidang desain, maka bisnis ini dapat kamu coba untuk mendapat uang saku tambahan.

Jasa desain merupakan bisnis tanpa modal untuk pelajar karena dalam menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu modal komputer atau laptop dan keterampilan membuat desain.

Jasa penulis konten

Penulis konten dapat Anda jadikan sebagai usaha sampingan online yang tentu saja dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Pekerjaan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi menuli.

Usaha membantu Anda mendapatkan penghasilan tambahan di sela-sela kesibukan Anda.

Itulah ulasan mengenai cara jualan online yang efektif serta ide-ide bisnis online yang dapat Anda jadikan referensi. Dari semua cara di atas, satu poin penting adalah konsisten. Karena konsisten merupakan kunci untuk menuju kesuksesan.

Artikel Terkait