Contoh Penulisan Skripsi Dan Langkah-Langkahnya

Contoh Penulisan Skripsi – Tidak ada salahnya mempelajari penulisan skripsi sejak semester awal kuliah. Karena penulisan ini sudah pasti akan digunakan. Jika mencari contoh penelitian skripsi secara fisik biasanya dilakukan mahasiswa di perpustakaan universitas, tetapi mencari contoh untuk proposal secara digital lebih mudah dilakukan.

Memang perkembangan zaman dan teknologi informasi membawa banyak sekali perubahan dalam sendi kehidupan. Pendidikan bisa dilakukan dengan lebih mudah berkat adanya internet. Bahkan mencari-cari inspirasi bahan untuk penelitian juga bisa dilakukan dari internet.

Penasaran dengan penulisan contoh untuk penelitian skripsi yang benar? Simak ulasan berikut sampai selesai.

Proposal Skripsi Utuh

Proposal skripsi secara utuh paling sedikit terdiri dari tiga bab. Proses penyusunannya juga bisa memakan waktu yang cukup lama. Proposal skripsi penuh baru bisa dikatakan siap uji jika sudah mencapai bab tiga atau lebih, tergantung pada panjangnya topik yang dibawakan.

Bagian-Bagian Skripsi

Terdapat bagian yang harus ada dalam contoh proposal yang hendak digarap. Secara umum bagian-bagian tersebut terbagi dalam tiga bagian utama yaitu bagian awal, bagian pokok, dan bagian akhir. Bagian pokok adalah bagian terpenting di antara semuanya karena menggambarkan perencanaan penelitian secara keseluruhan.

Bagian awal terdiri dari sampul, lembar pengesahan, daftar isi, daftar table, daftar gambar, dan daftar lampiran. Kemudian dilanjutkan pada bagian pokok yang berisikan latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan penelitian yang memiliki relevansi. Bagian akhir hanya diisi oleh daftar Pustaka yang digunakan dalam proposal.

Langkah Menyusun Proposal Skripsi

Terdapat langkah-langkah yang harus ada agar contoh penelitian skripsi dianggap komprehensif dan memiliki nilai. Pertama-tama adalah topik yang dibawakan harus ditentukan dengan matang. Kemudian referensi yang digunakan juga harus kompatibel. Hindari menggunakan sumber web.

Baca Juga:  Persiapan Mengikuti Seleksi CPNS Demi Kesempatan Mendapatkan Gaji CPNS

Susun latar belakang dan rumusan masalah dengan baik, sehingga jelas apa yang menjadi permasalahan dalam penelitian skripsi tersebut. Kemudian setelah mendapatkan rumusan permasalahan, metode penelitian juga merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan.

Contoh penelitian skripsi kualitatif dan kuantitatif memiliki kelebihannya masing-masing. Terkadang ada juga yang menggunakan perpaduan antara keduanya dengan mengkombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif.

Tentukan judul yang menarik dan relevan dengan topik yang dibawakan. Jangan sampai judul melenceng karena pada akhirnya justru akan ditolak. Setelah melakukan semua langkah-langkah di atas, lengkapi juga proposal yang diajukan dengan sistematika yang ada.

Frequently Asked Question

Bagaimana dengan memasukkan sumber referensi website ke dalam skripsi? Untuk sumber referensi sangat disarankan menggunakan buku, jurnal, atau artikel jurnal. Hal ini dikarenakan sumber-sumber tersebut lebih komprehensif dan dapat dibuktikan keabsahannya.

Berbeda dengan sumber website yang tidak melalui proses pengujian dan editorial. Seringkali sumber website dianggap kurang kuat sehingga cenderung mudah ditolak. Itulah penulisan contoh penelitian skripsi yang baik beserta langkah-langkahnya.

Artikel Terkait