Cara Investasi Saham di Bank BRI Ternyata Mudah Sekali, Bagaimana Caranya?

Cara investasi Saham di Bank BRI – mungkin masih terasa membingungkan untuk sebagian orang. Bahkan bisa jadi ada orang yang tidak tahu caranya. Saham bank BRI sendiri merupakan salah satu jenis investasi yang paling diminati.

Inilah alasan kenapa banyak orang yang tertarik mencari tahu cara memulainya. Jika Anda juga tertarik dengan cara mulai investasi saham di bank BRI tenang saja. Melalui pembahasan ini akan dibahas secara detail sehingga Anda akan segera tahu caranya.

4 Cara Investasi Saham di Bank BRI

Perlu Anda tahu jika investasi saham di bank BRI saat ini jadi semakin mudah dilakukan.Tak heran jika banyak orang yang mulai tertarik dan ingin mencoba investasi yang satu ini. lantas bagaimana sebenarnya cara melakukan investasi saham di bank BRI? Agar lebih jelas simak langkah-langkahnya berikut ini!

1. Membuka Rekening

Cara pertama untuk memulai investasi saham di bank BRI adalah membuka rekening. Rekening disini adalah rekening efek. Rekening ini adalah khusus untuk setiap nasabah yang mempunyai keinginan untuk menabung dana saham termasuk saham yang ada di bank BRI.

Lalu apa sebenarnya tujuan dari membuka rekening saham ini? Tujuannya adalah untuk membagi dividen dan dihasilkan dari perusahaan sehingga dikirim melalui rekening efek tersebut.

Dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam melakukan investasi saham di bank BRI sesuai dengan keinginan. Adapun syarat umum yang Anda perlukan untuk membuka rekening ini diantaranya:

  •  Foto e-KTP Anda
  •  Foto selfie sambil memegang KTP
  •   Foto NPWP atau nomor pokok wajib pajak Anda
  •  Foto rekening tabungan pribadi Anda yang bagian halaman depan saja
  •  Melakukan pengisian formulir pembukaan rekening saham online
  • Materai

2. Menyiapkan Dana yang akan dijadikan Modal Investasi

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan nominal atau besarnya dana yang ingin Anda gunakan untuk investasi. Untuk itulah sebaiknya Anda menyiapkan dulu dana investasi jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan supaya nantinya bisa langsung mulai melakukan proses investasi.

Adapun hal yang paling penting dalam menentukan dana adalah menghitung pengeluaran dan pemasukan kebutuhan per bulan Anda. Cara ini terbilang cukup efektif supaya Anda bisa menyisihkan dana khusus untuk investasi dan menghindari penggunaan uang saham untuk keperluan sehari-hari.

Agar lebih mudah Anda bisa menyimpan dana untuk investasi ini secara khusus. Jadi sisihkan tersendiri sejumlah uang yang nantinya akan Anda gunakan sebagai modal investasi.

3. Menentukan Jenis Saham yang Diinginkan

Tak banyak orang tahu jika pada dasarnya ada beberapa jenis saham yang bisa Anda jadikan pilihan. Adapun pilihan jenis saham tersebut adalah preferred stock dan common stock.

Kedua jeni saham tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda hanya perlu memilih saja mana yang sekiranya paling cocok setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan tersebut. Untuk itulah Anda harus mengenal dan mengetahui lebih lanjut tentang kedua jenis saham tersebut.

4. Rajin Menabung

Perlu Anda tahu jika investasi adalah salah satu kegiatan yang paling diminati banyak orang. Untuk itulah bila Anda ingin mulai melakukan investasi saham bank BRI maka harus rajin menabung.

Paling tidak usahakan untuk menabung secara berkala di setiap bulannya. Tujuannya supaya Anda bisa menghasilkan modal yang cukup atau besar. Dengan begitu hasil investasi yang akan Anda hasilkan akan lebih maksimal karena modalnya besar.

Kegiatan menabung ini sangat penting untuk dilakukan supaya Anda lebih mudah dalam menyisihkan uang khusus untuk investasi. Dengan begitu uang tidak akan tercampur untuk keperluan sehari-hari Anda.

5 Hal yang Harus dipahami Sebelum Memulai Cara Investasi Saham di Bank BRI

Sebelum mulai tentunya Anda harus memahami lebih dulu seperti apa investasi saham tersebut. Apalagi jika Anda ingin membeli saham bank BRI maka Anda harus menyimak beberapa hal yang ada di bawah ini:

1. Mencari Informasi

Sebagai seorang investor saham Anda harus mempelajari berbagai informasi tentang investasi tersebut sebelum memulainya. Adapun sumber yang bisa Anda jadikan untuk acuan atau belajar adalah situs resmi yang ada di BEI atau bursa efek Indonesia.

Di situs tersebut Anda akan menemukan berbagai informasi mengenai perusahaan atau emiten dari bursa tersebut termasuk bank BRI. Untuk itulah penting bagi Anda untuk mempelajarinya satu per satu.

Adapun hal-hal yang harus Anda pelajari tentang saham meliputi, indeks saham, kinerja IHSG, laporan keuangan perusahaan atau bank BRI, mekanisme perdagangan saham, keterbukaan informasi, tren pasar saham dan lain sebagainya.

2. Bergabung dengan Komunitas Saham

Apabila Anda ingin lebih paham lagi tentang cara pembelian saham termasuk pembelian saham di bank BRI, maka Anda harus bergabung atau mengikuti komunitas maupun seminar saham.

Cara yang satu ini bisa dibilang efektif supaya Anda bisa mendapat ilmu yang lebih banyak tentang dunia investasi saham tersebut. keberadaan dari komunitas saham ini sendiri pastinya akan membantu Anda agar lebih rajin dalam mencari info seputar investasi secara bersama-sama.

Tak hanya itu saja Anda juga bisa mengikuti sekolah pasar modal. Adapun sekolah pasar modal tersebut diselenggarakan langsung oleh bursa efek indonesia atau BEI.

3. Melakukan Perhitungan dengan Rinci

Hal yang tentunya tidak boleh Anda lupakan sebelum memulai investasi adalah melakukan perhitungan dengan terperinci. Investasi saham khususnya saham di bank BRI ini sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan.

Hal ini dilakukan supaya Anda tidak mudah terbawa oleh arus. Pasalnya jika hal tersebut terjadi maka Anda bisa mengalami kerugian. Untuk itulah sebaiknya Anda membeli saham yang paling dikenali pemiliknya seperti saham bank Bri ini.

Selain itu Anda juga harus memastikan jika saham yang akan Anda beli mempunyai kredibilitas dan rekam jejak yang baik atau positif. Adapun hal yang sangat penting dan harus Anda perhatikan dalam hal ii adalah tentang prospek, valuasi dan proyeksinya di masa yang akan datang.

4. Memahami Resiko Investasi Saham

Saat ini masih banyak sekali orang yang belum menyadari jika pada dasarnya kegiatan investasi saham ini memiliki resiko. Resiko disini adalah kerugian yang bisa menyebabkan hilangnya uang Anda.

Hal ini bisa diartikan jika keuntungan saham yang tinggi sesuai dengan tingginya tingkat resiko kerugian yang harus Anda hadapi. Untuk itulah sebelum mulai investasi pertimbangkan dan pahami resiko tersebut dengan baik.

Dengan begitu uang bisa diinvestasikan pada saham sebaik mungkin dan tidak merugi. Apabila mengalami kerugian pun maka jumlahnya bisa diminimalisir atau tidak terlalu besar.

Selain itu Anda juga harus memikirkan tentang harga naik dan turun dari saham tersebut. Hal ini dilakukan supaya Anda Mempunyai banyak pertimbangan sebelum nantinya memutuskan untuk membeli atau menjual saham tersebut. Adapun cara yang satu ini harus Anda pertimbangkan dengan baik supaya tidak mengalami kerugian.

5. Memanfaatkan Dana Lain

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum memulai investasi saham adalah memanfaatkan dana lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang.

Sebagai contoh Anda memiliki dana menganggur di rekening maka Anda bisa memanfaatkannya untuk kegiatan investasi. Adapun dana menganggur disini adalah dana yang diperoleh setelah dana darurat terpenuhi.

Jangan sampai Anda melakukan pinjaman termasuk pinjaman online untuk modal investasi. Pasalnya pinjaman tersebut bisa saja mempersulit Anda karena harus membayar bunga. Apalagi investasi saham sendiri juga tidak secara instan langsung menghasilkan keuntungan dan ada resiko juga yang harus Anda pikirkan.

Itu dia berbagai cara investasi saham di bank BRI dan hal-hal yang harus Anda pahami sebelum memulainya. Sekarang ini investasi sendiri sudah sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Jadi Anda pun juga pasti bisa mencoba untuk mulai berinvestasi.

 

 

 

 

 

Artikel Terkait