Keunggulan dan Cara Investasi Saham BCA Dengan Mudah

Cara Investasi Saham BCA – Informasi tentang bagaimana cara investasi saham BCA akan membantu siapapun yang ingin berinvestasi disana.

Semenjak bisnis penanaman modal muncul tahun 90-an, banyak sekali berdiri berbagai perusahaan sekuritas untuk membeli saham. Pengembangan layanan terus dilakukan dan sekarang bisa dilakukan secara kapanpun dimanapun. 

BCA menjadi salah satu bank swasta yang populer sejak dahulu. Bagi Anda yang merupakan nasabahnya, mungkin sudah sedikit mengetahui tentang apa saja layanannya. Kinerja bank yang terus baik dan positif, menjadikan BBCA saham di pasaran. Tidak mengherankan jika semakin hari semakin banyak orang yang ingin berinvestasi di sana.

Sejak stock split, siapapun bisa membeli saham BCA dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi, anda bisa berinvestasi pada bank swasta ini tanpa harus mengeluarkan besar lagi seperti di masa lalu. Sebelum membahas tentang bagaimana cara investasi saham BCA ada baiknya mengetahui bagaimana sejarah stock split. 

Sejarah Stock Split BCA

Stock split merupakan aksi sebuah korporasi atas sebuah saham dengan memecahnya dalam rasio tertentu. BBCA merupakan stock split dari saham BCA. Bank swasta ini memiliki kapitalisasi pasar sangat besar yaitu Rp 834,57 triliun di tahun 2020. BCA selanjutnya melakukan stock split dengan rasio 1 : 5.

Stock Split BCA di Tahun 2021

Stock split BBCA dengan nilai rasio 1:5 mengandung pengertian satu saham yang ada di BCA, dipecah menjadi 5 saham yang baru. 

Baca Juga:  Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Dengan begitu, jumlah yang beredar sahamnya semakin banyak dan harganya semakin terjangkau. Jumlah saham BCA sebelum stock split sendiri semakin  meningkat dengan semakin mudahnya investor mengakses saham BBCA.

Pada saham BCA dipecah menjadi 5 saham BBCA yang baru. Sebelumnya, pada 12 November 2021 harganya Rp 36.600. Setelah dilakukan stock split dan dibagi menjadi 5 saham, maka harganya menjadi hanya Rp7.320 per lembar. Sementara itu, harga saham BCA per 25 Februari 2022 adalah kurang lebih rp8.000. 

Keunggulan Membeli Saham BBCA

Sebelum membahas cara investasi saham BCA, penting juga memahami keunggulannya. Saham BBCA masuk ke dalam big four blue chip saham perbankan di bursa Efek Indonesia. Ada keunggulan yang dimilikinya, seperti berikut ini:

  • Mempunyai Fundamental Kuat

BBCA merupakan saham blue chip yang memiliki fundamental bagus. Dilihat dari company size, brand image, dividen dan kemampuan profitabilitas, BBCA Tidak diragukan lagi. Kinerja yang bagus ini akan menjadi pertimbangan berinvestasi jangka menengah maupun panjang. 

  • Memiliki Brand Image Bagus

BBCA juga menjadi salah satu bank yang punya brand image bagus dan sangat dikenal luas. Biasanya, produk yang banyak ditemukan dan dikenal masyarakat, punya ketahanan fundamental dan emiten yang baik.

Sebagai seorang investor , tentu akan lebih baik menyimpan pada saham yang sudah dikenal dan produknya dengan baik. 

  • Mempunyai Tren Harga Bagus

Sebagai investasi jangka panjang, BBCA memiliki tren historis yang sangat baik. Saham yang punya trend naik dan polanya teratur dan bullish setelah harganya jatuh, menjadi salah satu ciri jenis yang aman untuk jangka panjang.

Bahkan saat harga sahamnya turun, menjadi kesempatan untuk menambah jumlah saham yang dimiliki. Sehingga, ketika harganya naik keuntungan bisa semakin besar. 

  • Dividen Besar

Untuk Anda yang mencari investasi dengan pembagian dividen besar dan fundamental bagus,  BBCA menjadi salah satu unggulannya. Alasannya, BCA juga punya dividen yang dibagikan rutin setiap tahun serta ada pembagian dividen interim. Dengan kata lain, bisa memperoleh pasif income lebih banyak dari saham ini. 

Baca Juga:  Gaji PT yamaha music manufacturing asia Terbaru 2022

Bagaimana Cara Membeli Saham BCA?

Sebelum mempraktikkan cara investasi saham BCA secara online, terlebih dahulu harus memiliki rekening saham atau rekening dana investor (RDI). Anda dapat membuka rekening tersebut lewat perusahaan sekuritas . Ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • Rekening saham berfungsi untuk membuka rekening pada perusahaan sekuritas dan akan dipakai menjadi data yang disampaikan kepada KSEI. Rekening tersebut merupakan rekening penyimpangan saham milik anda.
  • Rekening dana investor (RDI) merupakan rekening dana Anda yang ditaruh terpisah dengan rekening perusahaan efek. Adapun manfaat RDI ini supaya anda mempunyai rekening sendiri untuk semua transaksi saham serta menyimpan uang yang tidak dibelikan ke saham.

Pada umumnya, Ada sejumlah syarat yang diperlukan untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas seperti berikut ini:

  • Mempersiapkan dokumen pribadi antara lain KTP/KITAS/Passpor, Foto Nomor pokok wajib pajak (NPWP), Nomor Identitas KSEI, fotokopi KTP suami bagi ibu rumah tangga, dan materai Rp6.000.
  • Mencari perusahaan sekuritas saham yang terpercaya. Anda dapat mencari referensi dari berbagai sumber mengenai apa saja perusahaan sekuritas untuk membeli saham online yang tepat.
  • Mengisi form pengajuan secara jujur dan lengkap.
  • Membuka rekening dana investor atau RDI. Fungsinya sendiri adalah untuk menyimpan uang yang tidak dibelikan ke saham.
  • Menunggu proses registrasi pembukaan rekening selesai dilakukan. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 1 minggu. Setelah selesai, investor selanjutnya akan menerima konfirmasi nomor RDI yang sudah dibuka.

Setelah punya rekening saham atau RDI, Anda dapat menyetorkan sejumlah uang untuk menjadi awalnya. Besarnya sendiri berbeda-beda tergantung dari perusahaan sekuritas. Pada umumnya, sekarang ini cukup terjangkau bahkan ada yang dimulai dari Rp100.000 saja. 

Baca Juga:  Gaji PT Waskita Karya Terbaru 2022

Untuk Membeli Saham BBCA

Di Indonesia sendiri ada cara investasi saham BCA melalui aplikasi yang bisa anda pakai. Berikut sejumlah daftar aplikasi tersebut ;

  • Ajaib
  • Bareksa
  • BCAS Mobile
  • Bibit
  • IPOT Fund
  • LandX
  • Stockbit
  • OVO Invest
  • Tanam Duit
  • Dan sebagainya

Sejumlah aplikasi diatas bisa anda gunakan salah satunya untuk membeli saham BCA dan yang lain. Anda harus membuat terlebih dahulu di aplikasi dengan cara sesuai petunjuk. Setelah registrasi, bisa mendepositkan sejumlah uang, yang digunakan untuk membeli saham BBCA. 

Ciri Investasi Bodong

Waspadai juga aplikasi investasi bodong yang bisa merugikan anda. Ciri-ciri investasi bodong tersebut antara lain ;

  • Tidak memiliki izin resmi dari OJK
  • Menawarkan keuntungan yang jumlahnya tidak masuk akal dalam waktu singkat
  • Cara penawarannya yang mencurigakan
  • Pengelolaan sumber dana yang tidak transparan

Sekarang ini memang marak sekali investasi bodong yang bisa menjerumuskan anda kepada kerugian. Jadi, jangan sampai terjebak kepada aplikasi penipu tersebut. Bahkan, banyak juga orang yang merasa dirugikan dan akhirnya membawa ke jalur hukum. Jangan sampai anda memilih platform palsu, dan tidak di OJK dan Bappebti.

Informasi tentang bagaimana cara investasi saham BCA telah dijelaskan di atas. Anda yang memang berencana untuk memulainya bisa memilih salah satu perusahaan sekuritas yang menawarkan produk saham ini. Hal yang penting adalah tetap berinvestasi secara konsisten dan sabar.

Karena, investasi saham memerlukan waktu untuk mendapatkan profit dan juga tetap mengandung kerugian. 

 

Artikel Terkait