Cara Investasi Emas Antam, Pemula Wajib Merapat !!

Cara Investasi Emas Antam – Siapa yang tidak tau emas? Logam mulia ini sudah populer sejak zaman dulu hingga kini. Investasi emas merupakan salah satu instrumen yang paling akrab dengan masyarakat. Sayangnya cara investasi emas antam yang baik dan benar masih belum banyak yang tau. 

Memiliki pendapatan tetap serta nominal yang lumayan, tidak menjadi masa depan Anda cerah. Fungsi investasi selain menjaga dana dan aset tetap aman juga bisa digunakan sebagai dana darurat apabila terjadi hal mendesak.  

Emas biasa dipakai sebagai perhiasan. Namun, jika Anda berminat untuk investasi emas sebaiknya pilih jenis emas batangan yang memiliki kadar tinggi sekitar 99,9%. Semakin tinggi kadar emas, harga jualnya juga semakin tinggi dan stabil.

Cara Investasi Emas Antam 

Tahukan Anda jika emas merupakan instrumen investasi yang hampir tidak terpengaruh oleh fluktuasi. Bahkan di era pandemi seperti ini, ketika ekonomi seluruh dunia goyah, harga emas justru malah mengalami kenaikan. 

Emas Antam adalah emas yang diproduksi oleh PT Antam Tbk. Emas Antam sangat populer karena produknya memiliki ciri khas yang sulit untuk dipalsukan. Emas Antam dilengkapi dengan sertifikat yang berisi informasi tentang dimensi, kadar kemurnian, berat emas, dan nomor seri emas tersebut. 

Tips supaya tidak dapat produk palsu sebaiknya membeli emas Antam langsung dari PT nya, bisa melalui gerai resmi, beli online lewat website resminya, dan distributor resmi emas Antam seperti toko emas dan PT Pegadaian. Ditempat itu Anda bisa membeli emas sesuai dengan kebutuhan Anda. 

1. Tentukan tujuan melakukan investasi emas

Tujuan sangat diperlukan saat melakukan investasi, karena tujuan ini yang akan menentukan berapa banyak emas yang akan dikumpulkan, dana yang harus disiapkan tiap bulan, serta jangka waktu penyimpanan emas. 

Baca Juga:  Apa Saja Perbedaan Menabung Dan Investasi ?

Misalnya Anda bisa berinvestasi dengan harapan jaminan masa tua nanti, untuk modal usaha, tabungan pendidikan anak, dana darurat, membeli properti seperti rumah atau apartemen, dan masih banyak lagi.

Semakin tinggi mimpi yang ingin dicapai otomatis jangka waktu investasi pun semakin panjang rata-rata investasi emas diatas 5 tahun. 

2. Pantau Perubahan Harga Emas

Cara investasi emas antam yang berikutnya adalah memantau perubahan harga emas. Walaupun emas merupakan salah satu instrumen investasi yang paling stabil, adakalanya emas mengalami perubahan harga. Anda bisa mengetahui perkembangan harga ini lewat situs-situs online seperti aplikasi investasi emas atau website. 

Keuntungan dari mengetahui perkembangan emas terkini adalah, Anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual kembali emas. Ketika harganya turun bisa jadi saatnya beli emas, dan ketika harganya naik bisa jadi kesempatan untuk menjual emas untuk mendapatkan keuntungan. 

3. Siapkan tempat penyimpanan emas

Walaupun investasi emas dikenal memiliki resiko yang rendah, tapi menyimpan emas di rumah memiliki resiko dicuri atau hilang yang lebih besar. Oleh sebab itu, tempat penyimpanan wajib diperhitungkan secara matang. Anda bisa menyimpannya di dalam safety box atau brankas besi. 

Buat kode atau password yang unik, sehingga tidak mudah ditebak orang. Simpati kotak penyimpanan di tempat yang aman dan tersembunyi, atau jika Anda masih was-was, Anda bisa menyimpannya di bank dengan menggunakan jasa safe deposit box (SDB). 

Selain bisa digunakan untuk menyimpan emas, SDB juga bisa digunakan untuk menyimpan sertifikat atau surat berharga lainnya. Namun, menyimpan emas di tempat ini dibutuhkan biaya tambahan. Biaya yang dikenakan untuk SDB berbeda, tergantung dari ukuran yang Anda butuhkan, jangka waktu, serta bank yang Anda pilih. 

Baca Juga:  Sebelum Lakukan Trading, Berikut Perbedaan Forex Dan Saham Yang Perlu Diketahui

4. Beli emas sendiri

Ketika Anda ingin membeli emas untuk investasi, sebaiknya belilah sendiri. Hindari meminta bantuan orang lain kecuali keluarga inti seperti suami, istri, atau anak.

Investasi emas yang Anda lakukan bisa menimbulkan rasa itu pada orang lain. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk membeli sendiri, simpan sendiri, dan jangan pamer. 

Kadar Emas Antam 

Emas Antam memiliki kadar kemurnian 99,9% nyaris sempurna. Berat emas yang cocok untuk investasi mulai dari 1 g, 2 g, 2,5 g, 3 g, 4 g, 5 g, 10 g, 25 g, 50 g, dan yang paling tinggi 100 g. 

Emas keluaran Antam selain dibuat dengan ciri khas khusus yang tidak mudah dipalsukan, juga dilengkapi dengan sertifikat chip, sehingga kredibilitasnya terjamin. 

Cara Membeli Emas Antam 

Cara investasi emas antam selanjutnya adalah tau bagaimana membelinya. Cara membeli emas Antam ada 2 yaitu, offline maupun online. 

Cara pertama offline, Anda bisa membeli emas Antam langsung dari gerai resmi PT Antam, biasanya buka di mall atau pusat perbelanjaan. Selain gerai resmi Anda juga bisa beli emas Antam lewat pegadaian dan juga toko emas yang sudah terdaftar sebagai distributor atau agen resmi emas Antam. 

Keuntungan dari membeli secara langsung adalah, Anda bisa melihat mengecek dan memegang langsung produk yang Anda inginkan sehingga lebih mantap. 

Cara kedua online, Anda bisa membeli emas Antam secara online lewat website logam mulia atau website lain yang menjual emas Antam. Selain website Anda juga bisa membeli emas secara online lewat aplikasi investasi seperti e-mas. 

Biasanya pembelian secara online mengharuskan Anda untuk registrasi akun terlebih dahulu, baru kemudian bisa memilih produk emas yang diinginkan, jika tertarik dan mantap bisa langsung cek out, kemudian menambahkan alamat, terakhir membayar tagihan dengan cara transfer. 

Kelebihan dari membeli emas secara online adalah, Anda tak perlu repot keluar rumah, praktis, hemat waktu dan tenaga. Namun membeli secara online tidak bisa melihat dan mengecek langsung produknya. Pembelian secara online rawan penipuan, apalagi jika situs atau aplikasi yang digunakan tidak terdaftar OJK. 

Baca Juga:  Perbedaan Saham Dan Obligasi Yang Perlu Dipahami, Cek Disini

Kelebihan Investasi Emas Antam 

  • Bebas pajak,

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang tidak dikenakan pajak baik saat membeli, menyimpan, atau menjualnya lagi. 

  • Mudah di uang-kan

Menjual emas itu mudah sekali, bahkan uang bisa cair hari itu juga. Biasanya menukarkan emas menjadi uang hanya membutuhkan waktu beberapa menit – beberapa jam saja, dengan catatan tidak antri, dan lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah. 

  • Melindungi uang Anda 

Emas aman dari fluktuasi, sehingga nilai emas Anda akan terus mengikuti perkembangan nilai uang, walaupun sudah disimpan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu mengalokasikan uang ke emas bisa melindungi kekayaan Anda. 

Kekurangan Investasi Emas 

  • Hilang 

Emas sangat rawan sekali hilang, entah karena human error atau antena dicuri. Kerugian yang ditanggung pun bisa jadi maksimal kalau emas yang disimpan hilang. 

  • Harga emas naik turun 

Kalau tidak pintar melihat perubahan harga, Anda bisa saja mengalami kerugian saat menjual emas. Oleh sebab itu jual emas ketika harga naik. Hindari jual emas ketika harga turun kecuali sedang butuh. 

Itulah tadi beberapa informasi seputar cara investasi emas Antam, semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Ingat investasi itu penting untuk melindungi masa depan Anda. Selagi punya uang ayo sisihkan, jangan muda foya-foya, saat tua merana. Sekian dan terimakasih.