Tips Sebelum memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik – Siapapun orang tuanya tentu ingin mendapatkan pendidikan anak terbaik sebagai cara mempersiapkan biaya sekolah yang setiap tahunnya selalu meningkat.

Untuk para orang tua, uang pendidikan memang salah satu yang harus dipikirkan dalam perencanaan keuangan keluarga. Karena, jumlahnya bisa sangat besar dan menguras kantong jika memang ingin memberikan sekolah atau kampus terbaik. 

Menurut penelitian, kenaikan biaya pendidikan rata-rata sekitar 10-15% per tahun di negara Indonesia. Kenaikan yang cukup tinggi tersebut, tentu membuat orangtua perlu merencanakan secara tepat. Dana pendidikan harus dipersiapkan secepat mungkin supaya simpanan tidak terbebani. Satunya, dengan cara memiliki asuransi pendidikan anak. 

Jenis asuransi pendidikan anak terbaik yang dipromosikan oleh para agen asuransi, dapat membantu para orang tua dalam memenuhi uang sekolah. Mungkin diantara Anda banyak juga yang pernah ditawari tahu mengenai produk ini. Namun, karena keterbatasan pengetahuan akhirnya mengabaikannya karena menganggap belum menjadi prioritas. 

Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Sebagai orang tua harus mengetahui bahwa mereka harus menggali informasi, memperhatikan second opinion serta mempelajari penawaran yang diberikan dengan seksama. Tujuannya, supaya memperoleh produk yang terbaik dan sesuai kebutuhan. 

Berikut ini adalah tips dalam memilih asuransi pendidikan ;

1. Jumlah Dana Yang Sesuai Target

Tujuan orang tua ikut serta asuransi pendidikan yaitu agar ketika anak masuk sekolah, simpanan yang dimiliki cukup untuk membayar biaya pendidikan. Sehingga, nantinya tidak kebingungan lagi mencari sumber dana pendidikan dari mana. Supaya dana pada asuransi pendidikan tersebut cukup, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Baca Juga:  Syarat Sah Perjanjian Asuransi, Simak Informasi Lengkapnya

Pertama, memiliki bayangan anak masuk ke sekolah yang mana. Karena dengan mengetahui Sekolah mana yang hendak dituju, para orang tua dapat melakukan estimasi berapakah biaya masuk dan sekolah di sana. 

Kedua, mengetahui seberapa besar biaya kenaikan sekolah di sana. Informasi ini penting untuk mengetahui berapa kira-kira biaya sekolah ketika tahun anak masuk atau mendaftar ke sana. 

Ketiga, Anda harus menghitung berapakah biaya sekolah nantinya ketika anak masuk ke sana. Untuk melakukannya bisa menggunakan perhitungan sederhana di Microsoft Excel memakai rumus future value. 

2. Memahami Risiko Asuransi Pendidikan

Di dalam produk asuransi pendidikan anak terbaik, perusahaan akan menginvestasikan premi yang dibayarkan ke dalam instrumen investasi tertentu. Instrumen tersebut akan dibantu dipilih kan oleh pihak asuransi. Jadi, bagaimana menentukan asuransi pendidikan yang bagus?

Hal yang harus dipahami adalah setiap instrumen asuransi akan mempunyai resiko. Artinya, mungkin saja dana yang tercantum di proposal serta yang disampaikan oleh agen ada perbedaan. Seberapa besar resikonya ?

Risiko pada asuransi pendidikan tergantung dari jenis instrumen. Saham menjadi salah satu yang paling tinggi resikonya. Kemudian pasar uang, menjadi salah satu instrumen yang paling memiliki resiko rendah. Namun memang, sesuai dengan timbal balik di masa mendatang. 

Hal yang paling penting adalah memilih instrumen yang paling sesuai dengan kemampuan menerima resiko atau risk appetite. Jika anda tidak sanggup menerima fluktuasi, maka jangan mengambil produk dengan resiko tinggi. Demikian pula sebaliknya. 

3. Menggali Informasi Lebih Banyak Dengan Agen Asuransi

Ketika anda ditawari produk asuransi pendidikan anak terbaik, maka jangan langsung mempercayainya saja dan harus digali lebih dalam dan melalui. Ini yang dinamakan dengan trust but verify. Artinya, semua informasi mengenai asuransi pendidikan anak sebisa mungkin diverifikasi oleh anda atau mencari second opinion terlebih dahulu. 

Baca Juga:  Mengenal Pengertian, Jenis, dan Cara Menghitung Premi Asuransi

Di zaman yang lebih terbuka sekarang ini, segala sesuatu bisa diketahui secara mudah dan transparan melalui media internet. Anda dapat mencari informasi mengenai asuransi pendidikan di produk yang ditawarkan untuk menjadi pertimbangan cross checking.

Kenapa harus bersikap skeptis dan kritis terhadap agen asuransi dan polis asuransi pendidikan yang ditawarkan? Alasannya, setiap agen tentu memiliki tujuan closing. Selain mereka bermaksud untuk membantu mencarikan asuransi pendidikan terbaik tentu mereka juga ingin meraih keuntungan maksimal.

Agen akan lebih cenderung memberikan informasi maupun fakta positif saja, tanpa menjelaskan lebih terperinci mengenai risiko yang bisa terjadi. Informasi resiko misalnya orang tua atau anak mengalami insiden yang menyebabkan kematian, mungkin tidak dijelaskan secara gamblang. Oleh karena itu sebaiknya Anda juga membaca lebih detail tentang polis asuransi pendidikan.

Dari pihak perusahaan asuransi, akan memberikan waktu 14 Hari bagi para nasabah untuk membaca dan mempelajari isi polis. Selanjutnya, jika dalam jangka waktu tersebut nasabah ingin membatalkan polis maka hal tersebut bisa dilakukan. Premi yang sudah dibayarkan, dapat dikembalikan hingga 100%.

4. Mengetahui Berapakah Uang Pertanggungannya

Di dalam polis asuransi pendidikan anak terbaik, risiko yang dijamin adalah jika orang tua selaku yang memberi nafkah mengalami kematian, maka uang pendidikan akan tetap terjamin sampai waktu pencairan tiba.

Dengan begitu, kelanjutan sekolah anak akan tetap terjaga karena resiko sudah dialihkan ke pihak asuransi. Anda juga harus mengetahui berapakah jumlah uang yang ditanggung perusahaan asuransi tersebut.

Jumlah ini akan tergambar di dalam uang pertanggungan dan akan dibayarkan apabila tertanggung mengalami musibah. asuransi pendidikan anak terbaik akan memberikan proteksi yang memadai dan Anda harus memastikan nya di dalam buku polis asuransi pendidikan.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Kontrak Asuransi yang Termasuk dalam Informasi Penting

Alasannya, banyak orang tua yang tidak memperhatikan ini ketika mencari asuransi pendidikan. Mereka lebih berfokus kepada seberapa banyak ruang yang bisa ditarik ketika anak masuk sekolah. 

Supaya orang tua bisa meningkatkan nilai uang pertanggungan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan: 

  • Pertama, menjadi peserta asuransi semenjak usia dini. Alasannya, semakin cepat anak ikut asuransi pendidikan maka uang yang terkumpul akan semakin banyak dan uang pertanggungan akan semakin besar.
  • Kedua, menggunakan asuransi jiwa murni juga. Anda juga bisa melengkapi asuransi pendidikan dengan Asuransi jiwa murni supaya memberikan uang pertanggungan tertinggi dengan premi paling rendah.
  • Ketiga, minta pada agen asuransi agar meningkatkan nominal uang pertanggungan dengan cara melengkapi dengan asuransi tambahan atau raider yang bisa juga meningkatkan uang pertanggungan. 

5. Pertimbangkan Unit Link  

Fitur asuransi pendidikan ada 2 komponen utama yaitu investasi untuk uang pendidikan serta asuransi untuk melindungi anak jika orangtua meninggal dunia. Keduanya tidak mesti dibeli lewat asuransi pendidikan, namun dengan cara lain juga. Contohnya, Anda membeli asuransi jiwa murni dan investasi di reksadana. 

Namun, jika memang tidak mau ribet dan ingin menjadikannya satu paket sekaligus maka anda bisa membeli produk Asuransi unit link. Jika membeli jenis produk ini, maka anda harus membaca dengan seksama mengenai uang pertanggungan, di mana uang ditempatkan, serta perhitungan simulasinya.

Lihat juga kinerja perusahaan tempat investasi apakah history-nya bagus atau tidak. Jika memang punya history bagus dan mendapat keuntungan besar, maka anda bisa membeli jenis produk asuransi unit link ini. 

Jadi, itulah beberapa tips untuk mencari asuransi pendidikan anak terbaik. Dengan beragam produk yang ditawarkan sekarang, Anda bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu mengenai manakah produk yang paling menawarkan keuntungan dan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat ! 

 

Artikel Terkait