Apa Itu Investasi Bibit? Ternyata Ini Pengertian, Cara dan Keuntungannya!

Apa Itu Investasi Bibit – Sekarang ini, banyak sekali jenis investasi yang dapat dipilih oleh investor, namun perlu analisis mendalam dan pastikan jika investasi yang Anda pilih merupakan investasi yang aman.

Salah satu jenis investasi yang mulai banyak dilirik orang adalah investasi digital menggunakan aplikasi Bibit. Lantas apa itu investasi Bibit? Berikut pembahasannya!

Apa Itu Investasi Bibit?

Bagi investor pemula, mungkin sebagian dari Anda masih bingung dengan apa itu investasi Bibit. Bibit merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan reksa dana untuk membantu para investor pemula untuk mulai berinvestasi.

Melalui aplikasi Bibit, investor dapat melakukan investasi secara langsung secara optimal dengan level risiko yang tentunya dapat disesuaikan dengan profil risiko masing-masing investor.

Sedangkan reksa dana sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat sesuai untuk pemula karena nantinya dana yang telah dikeluarkan oleh investor akan dikelola kembali oleh manajer investasi dan diubah menjadi obligasi, saham dan aset berharga lainnya.

Dan aplikasi Bibit ini menjadi salah satu wadah untuk memfasilitasi investasi reksa dana bagi para investor secara digital atau online.

Cara Kerja Investasi di Bibit

Jika sudah Anda mengetahui apa itu investasi Bibit, maka Anda juga perlu memahami tentang bagaimana cara kerja Bibit. Aplikasi Bibit ini sendiri sudah dilengkapi dengan robo advisor yang akan membantu Anda untuk memudahkan calon investor dengan menggabungkan financial advisor dan financial planning. 

Robo advisor sendiri akan membantu Anda untuk mengkalkulasikan serta merancang portofolio investasi yang optimal sesuai indikator telah disebutkan sebelumnya.

Jadi Anda tak perlu khawatir sebab teknologi ini cukup canggih lantaran mengetahui profil risiko dari calon investor.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Morowali

Keuntungan Investasi Reksa Dana di Bibit

Jika Anda sudah memahami tentang apa itu investasi Bibit maka selanjutnya Anda perlu juga memahami keuntungan apa saja yang akan didapatkan dari investasi di Bibit.

Sesuai yang dibahas sebelumnya, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yakni Robo Advisor yang berfungsi untuk menyediakan rekomendasi reksa dana mana saja yang dapat Anda beli sesuai dengan profil risiko Anda.

Ada salah satu fitur yang juga sangat membantu investor pemula, yaitu jika Anda membeli reksa dana di aplikasi ini akan mendapatkan konsultasi online secara gratis. Bukan hanya itu saja, banyak sekali keuntungan lain yang Anda dapatkan, penasaran apa saja? Berikut ulasannya!

  • Bibit Menyediakan pilihan syariah

Bagi Anda yang berkeinginan investasi Anda berjalan sesuai prosedur agama atau yang lebih dikenal dengan sebutan syariah, maka Anda akan mendapatkannya di Bibit. 

  • Gratis biaya komisi

Untuk setiap pembelian reksa dana di Bibit, Anda akan mendapatkan bebas biaya pembelian.

  • Bebas pajak
  • Dapat membeli reksa dana dengan biaya terjangkau dan bebas mencairkan kapan saja.
  • Didukung oleh fitur dengan teknologi tinggi.
  • Investasi yang terjangkau dengan harga mulai dari Rp 10 Ribu saja.
  • Keamanan dana yang terjamin.

Tak hanya itu, Anda juga dapat dengan mudah melakukan pembayaran lantaran dapat dibayar karena adanya Link Aja dan GOPAY. Bukan itu saja, Anda juga dapat membuat portofolio dengan mudah.

Fitur lainnya juga dapat Anda dapatkan dengan mendaftarkan diri menggunakan aplikasi Bibit ini, penasaran apa saja fitur lainnya? Anda dapat mengetahuinya dengan cara mengunduh dan mendaftarkan diri.

Cara Investasi di Bibit

Bagi Anda yang berminat mendaftarkan diri namun masih kebingungan mengenai cara investasi di Bibit tak perlu khawatir, sebab akan dibahas mengenai tata cara investasi di Bibit bagi Anda yang pemula. Penasaran bagaimana caranya? Berikut pembahasannya!

  • Tahap pertama yakni mengunduh aplikasinya terlebih dahulu melalui Google Play Store. Untuk investasi pertama sendiri yakni sejumlah Rp 100 Ribu, namun Anda akan mendapatkan cashback hingga sebesar Rp 50 Ribu jika menggunakan kode referal Bibit.
  • Jika sudah, maka Anda perlu untuk mengecek email yang Anda daftarkan untuk konfirmasi akun dan verifikasi.
  • Untuk menggunakan Bibit sendiri, Anda perlu melakukan investasi dengan membeli reksa dana secara online. Teknologi portofolio yang ada akan berjalan secara otomatis sehingga Anda dapat memilih berinvestasi pada tiga jenis reksa dana, yaitu: Reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi.
  • Cara membeli reksa dana, ada beberapa opsi pembayaran yang dapat kamu lakukan, yakni transfer bank, dan go-pay. Jika Anda menginginkan pembayaran yang mudah dan tidak dikenai biaya transfer tambahan, maka Anda lebih baik menggunakan go-pay.
  • Jika Anda menggunakan go-pay, maka Anda akan terbebas biaya transfer. Dan uniknya lagi Anda dapat mengubah alokasi dana menggunakan tombol ubah pada bagian halaman folio.
Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Minahasa Tenggara

Cara Mencairkan Reksa Dana Menggunakan Aplikasi Bibit

Setelah mengetahui cara investasi reksa dana, maka Anda perlu juga untuk mengetahui cara mencairkan reksa dana menggunakan Aplikasi Bibit. Proses pencairannya sendiri tidaklah terstruktur sebab Anda harus redeem produk reksa dana yakni Sucorinvest Sharia money market fund. Proses ini memakan waktu sekitar 3 hari. Berikut tutorial lengkapnya:

  • Buka saja pada halaman portofolio
  • Untuk melakukan pencairan dana, Anda harus menjual random reksa dana. klik saja pada kotak hijau agar dapat menjual reksa dana secara lebih spesifik.
  • Klik Jual
  • Pilih saja penjualan menggunakan metode persentase atau sesuai dengan nilai uangnya.
  • Proses dan lamanya pencairan tercantum secara rinci pada informasi pencairan.
  • Setelah proses pencairan selesai maka Anda akan mendapatkan transferan uang ke rekening yang telah Anda daftarkan pada Aplikasi Bibit.

Ada beberapa hal yang perlu untuk Anda ingat, yakni diantaranya lamanya waktu pencairan. Setiap jenis reksadana memiliki proses pencarian yang bervariasi dan tergantung dengan jenisnya. 

Contohnya saja adalah jika Anda memilih reksa dana jenis pasar uang, maka Anda akan memerlukan waktu pencairan sekitar 3 hari lamanya. Berbeda lagi dengan reksa dana pendapatan yang memerlukan waktu 4 hingga 5 hari untuk pencairannya.

Tentunya jika Anda memilih reksa dana jenis lain juga akan berbeda, yakni membutuhkan waktu hingga satu minggu untuk pencairannya. 

Apabila Anda sudah mendapatkan notifikasi ‘order jual berhasil’ namun belum masuk ke rekening, Anda tidak perlu khawatir.

Sebab Anda harus menunggu sekitar 7 hari jam kerja yang tidak termasuk weekend agar dana masuk ke rekening Anda. Hal inilah yang membuat investasi di Bibit disenangi banyak orang sebab caranya yang mudah dan pencairannya pun juga gampang terutama untuk pemula.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Baubau

Itulah pembahasan mengenai apa itu investasi Bibit baik dari segi pengertian, cara kerja hingga penjelasan lengkapnya. Jika Anda berminat untuk mulai investasi di Bibit, maka Anda tinggal ikuti saja langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Pada dasarnya, aplikasi ini akan membantu Anda terlebih bagi investor pemula yang belum mengenal investasi sama sekali.

Menggunakan Aplikasi ini, selain menunjang Anda untuk mengajari dan mempelajari investasi terutama reksa dana, Anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lumayan dari investasi ini lho! Bagaimana? Sudah siap investasi mulai dari sekarang?