Tertarik Belajar Crypto? Ketahui Dulu 3 Hal Berikut

Belajar Crypto – Saat ini banyak orang tertarik untuk belajar Crypto, sebab Crypto telah dianggap sebagai salah satu investasi yang menjanjikan.

Untuk Anda yang ingin belajar Cryptocurrency, Kami akan ajak Anda untuk mengenal Crypto dari dasar.

Apa yang Dimaksud dengan Crypto?

Cara belajar Crypto yang pertama adalah mulai dari pengertian Crypto terlebih dahulu. Crypto atau Cryptocurrency merupakan sebutan untuk mata uang digital yang tengah marak dipakai di sebagian besar negara saat ini.

Definisinya sendiri bisa dibedakan berdasarkan guna serta karakteristiknya.

Misalnya tidak memiliki bentuk fisik dan hanya berlaku di dalam sistem komputer saja. Sehingga bisa diartikan kalau mata uang ini hanya bisa digunakan dalam transaksi online saja.

Karena bersifat digital, Crypto bisa dipakai tanpa terpengaruh oleh kurs, situasi politik maupun perekonomian.

Apa

Saja yang Termasuk Dalam Jenis Uang Crypto?

Karena Anda sedang belajar Crypto untuk pemula, Anda mungkin masih belum terlalu tahu tentang jenis-jenis dari uang Crypto.

Sekarang, kita akan bahas beberapa jenis dari uang Crypto yang populer di tengah masyarakat.

Bitcoin

Mata uang digital yang pertama diciptakan adalah Bitcoin. Meski sudah banyak ditemukan berbagai jenis mata uang lainnya, masih banyak orang yang tetap menggunakannya.

Bitcoin sudah ditemukan sejak tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto. Hanya saja sosok dibalik nama tersebut masih misterius hingga kini.

Litecoin

Dirilis pada tahun 2011, Litecoin merupakan jenis crypto yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi dengan cepat meskipun tidak punya peralatan yang kuat.

Baca Juga:  Apa Itu Dunia Trading, Ditinjau Dari Pengertian Dan Jenisnya

Dogecoin

Dogecoin merupakan mata uang yang muncul pertama kali pada tahun 2013 lalu. Dogecoin bisa dikatakan unik karena memiliki icon anjing Shiba yang terkenal itu.

Mata uang yang ditemukan oleh Billy Markus ini memang tidak memiliki nilai setinggi beberapa mata uang lain, namun banyak yang memakainya untuk kegiatan amal serta donasi.

Bagaimana Cara Belajar Invest Crypto?

Setelah pengertian dan jenis-jenis dari Crypto, Inilah waktunya Anda mengetahui cara belajar Crypto pemula.

Berikut beberapa point yang perlu Anda pelajari ketika belajar tentang Crypto.

Pelajari Terlebih Dahulu Legalitas dari Bursa Crypto

Belum banyak orang yang mengetahui kalau bursa Crypto juga memiliki izin dan legalitas yang dipegang oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi.

Karenanya banyak yang kerap keliru memilih investasi Crypto hanya berdasarkan logo OJK yang kerap disematkan pada nama perusahaanya.

Membuat Akun di Bursa Crypto

Supaya bisa belajar investasi crypto, Anda bisa coba untuk membuat akun di bursa Crypto. Dengan begitu, Anda bisa merasakan sendiri bagaimana rasanya melakukan transaksi di pasar Crypto.

Namun ingatlah untuk tetap berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan harga yang ada.

Keamanan Ketika Melakukan Transaksi

Hal lain yang perlu Anda perhatikan ketika sedang belajar teknikal analisis crypto adalah keamanan yang dimiliki oleh bursa Crypto tersebut.

Hal ini penting, sebab, jika bursa Crypto tidak memakai sistem keamanan yang mumpuni, kemungkinan terjadinya pencurian data akun milik Anda akan semakin tinggi.

Karena itulah penting untuk mengetahui kalau tempat Anda melakukan transaksi telah memakai sistem keamanan yang terbaik.

Jumlah Deposit Awal

Jika sudah memiliki akun di pasar Crypto, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memberikan setoran sebagai modal awal untuk melakukan investasi.

Umumnya, jumlah yang diperlukan adalah sekitar 500 ribu Rupiah. Uang bisa ditransfer dari bank maupun memakai dompet digital.

Baca Juga:  Cara Belajar Crypto Dengan Mudah

Riset

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu.

Hal ini penting karena banyaknya jenis yang dimiliki Crypto, dengan melakukan riset, Anda bisa mengetahui jenis Crypto mana yang paling sesuai dengan Anda.

Dengan mengetahui setiap jenis mata uang Crypto yang ada serta kelebihan dan kekurangannya, Anda juga dapat mempelajari resiko yang mungkin terjadi dan menyusun strategi untuk menghadapinya.

Manajemen Resiko

Strategi yang Anda susun setelah mengetahui resiko yang ada bisa disebut sebagai manajemen resiko.

Manajemen resiko berfungsi sebagai pelindung dikala Anda memiliki kemungkinan  mengalami situasi yang merugikan di masa depan.

FAQ

Sekarang saatnya kita membahas beberapa pertanyaan yang terkait dengan belajar Crypto.

Kursus Trading Crypto

Kursus Trading Crypto merupakan program yang berisi edukasi bagi masyarakat yang ingin memahami tentang Crypto.

Program tersebut umumnya berisi materi tentang crypto supaya peserta kursus yang seringnya diisi oleh mahasiswa atau karyawan paham tentang kegunaan Crypto sebagai aset digital.

Peserta juga akan mendapatkan materi tentang bagaimana cara kerja Crypto dan tata cara untuk melakukan jual belinya.

Umumnya, peserta kursus ini akan mendapatkan sertifikat, akses materi selama seumur hidup, layanan pendukung selama 24 jam sampai peluang karir.

Bagaimana Cara Belajar Trading Crypto pemula yang efektif?

Setelah belajar untuk melakukan investasi, tentunya Anda juga ingin tahu cara trading yang efektif bagi pemula supaya bisa mendapatkan keuntungan.

Cara belajar trading crypto yang efektif bagi pemula sebenarnya hampir mirip ketika sedang melakukan investasi. Namun terdapat beberapa poin tambahan yang perlu diingat.

Berani Mengambil Resiko tetapi tetap dalam batasan

Telah disebutkan sebelumnya kalau mata uang Crypto memiliki banyak jenis dan masing-masing jenis tentunya memiliki resikonya masing-masing.

Alangkah baiknya jika Anda memahami besar setiap resiko yang ada kemudian menyesuaikannya dengan kemampuan Anda ketika melakukan trading.

Baca Juga:  Apa Pengertian Investasi Properti Dan Bagaimana Cara Memulainya

Perlu diingat, ketika memilih uang Crypto dengan resiko paling kecil pun, Anda perlu berusaha supaya tidak kelewat batas.

Sebaiknya Tidak Hanya Membeli Ketika Sedang Terjadi Penurunan Harga

Supaya mendapat banyak keuntungan, banyak yang berpikir kalau sebaiknya melakukan pembelian ketika harga sedang turun saat trading.

Namun tidak harus selalu seperti itu. Anda bisa mencoba memulai dari membeli uang Crypto dengan nominal yang lebih kecil kemudian ditingkatkan secara bertahap.

Melihat Prospek

Sifat uang Crypto yang kerap berubah dengan cepat sering membuat para pemula terjebak untuk melakukan penjualan dan pembelian dengan segera ketika terjadi perubahan nilai.

Siasat untuk menghadapi hal ini adalah Anda disarankan untuk menghindari proses trading secara harian dan memilih untuk melakukan investasi jangka panjang terlebih dahulu.

Diversifikasi aset Crypto

Siasat lain yang bisa dilakukan oleh pemula adalah diversifikasi Crypto. Artinya adalah Anda menanamkan aset tidak hanya pada satu jenis Crypto.

Dengan begini, Anda bisa mengurangi resiko kerugian yang mungkin timbul ketika salah satu harga aset Crypto mengalami penurunan.

Jangan lupa juga untuk memilih tempat transaksi yang aman.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri kalau Crypto telah menjadi salah satu aset investasi yang tengah digemari masyarakat dewasa ini. Namun jika ingin mencobanya, maka ada baiknya Anda benar-benar mempersiapkan diri dengan cara mempelajari seluk-beluk serta cara melakukannya dengan benar terlebih dahulu.

Itulah sedikit pembahasan tentang belajar Crypto , semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.