Stakeholder Merupakan Salah Satu Istilah Saham Dalam Bahasa Inggris

SickForProfit.Com – Menjadi orang yang beruntung memang menyenangkan. Apalagi jika sudah beruntung, juga ber uang (memiliki uang banyak). Di dalam menjalani kehidupan dunia, setiap manusia pasti akan melakukan kesibukan yang berbeda. Pada dasarnya, kesibukan yang dilakukan oleh setiap manusia tidak akan jauh berbeda, yaitu berusaha mencari uang. Uang disini menjadi aset atau hal yang wajib dimiliki oleh setiap manusia.

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “kebahagiaan tak bisa diukur hanya dari uang”, namun pada faktanya jika anda memiliki banyak uang, maka secara otomatis anda akan bahagia. Kebahagiaan yang dirasakan oleh anda saat memiliki banyak uang, tentunya berbeda dengan kebahagiaan yang dimiliki oleh orang lain tanpa adanya bubuhan uang di dalamnya. Istilah saham dalam bahasa inggris menjadi salah satu pembahasan yang sering diperbincangkan oleh banyak orang.

Investasi Saham dalam Bahasa Inggris

Apakah anda pernah berpikir untuk terjun kedalam dunia investasi ? jika anda pernah berpikir demikian, artinya anda adalah orang yang sangat menyukai tantangan dan juga memikirkan tentang kehidupan masa depan anda. Anda pastilah sudah sering mendengar tentang investasi. Investasi dapat diartikan sebagai salah satu jenis tabungan jangka panjang yang tentunya akan memberikan keuntungan besar pada masanya.

Investasi memiliki jenis yang beragam. Ada jenis investasi tanah, investasi rumah, investasi reksadana dan juga ada investasi saham. Investasi saham menjadi salah satu jenis investasi menarik yang menarik banyak orang. Bagaimana tidak ? dengan melakukan investasi saham, tentunya anda akan dengan pasti memiliki hak atas penanaman saham anda dalam suatu perusahaan.

Baca Juga:  Begini Tips Dan Cara Menabung Saham Di BRI Bagi Pemula

Investasi saham juga dapat diartikan sebagai suatu jenis dari instrumen penanaman modal yang jumlahnya banyak diminati oleh berbagai macam kalangan mulai dari kalangan remaja hingga kalangan orang tua. Dalam Bahasa Inggris, saham disebut juga sebagai “stock” atau juga “share” yang artinya suatu penyertaan.

Dengan melakukan investasi saham (stock), tentunya penanam modal saham (investor) akan mendapatkan banyak keuntungan finansial, termasuk perusahaan yang ditanami modal juga akan menerima keuntungan karena bisnis dari perusahaan tersebut dapat semakin berkembang.

Bursa Saham dalam Bahasa Inggris

Investasi saham tentunya tidak akan pernah padam. Jika anda memiliki keinginan menjadi bagian dari pemilik suatu perusahaan, maka anda dapat melakukan hal tersebut dengan mudah. Tanpa harus membangun suatu perusahaan, anda tentunya dapat memiliki perusahaan hanya dengan membeli saham dari perusahaan tersebut. Istilah saham dalam bahasa inggris tentunya memiliki arti yang sama dengan istilah saham pada ragam Bahasa apapun.

Saham sudah sering dikenal sebagai tanda dari penyertaan modal atau kepemilikan asset dalam suatu perusahaan. Jika anda membeli saham (stock), artinya anda sudah membeli bagian dari kepemilikan suatu perusahaan. Lalu untuk bursa saham apakah sama dengan istilah saham ? tentunya sedikit berbeda. Bursa memiliki arti yang sama dengan pasar. Jadi dapat disimpulkan jika bursa saham ini sama dengan pasar saham.

Bursa saham memiliki istilah lain yang lebih resmi yaitu bursa efek. Jika dalam Bahasa inggris sendiri, bursa saham ini memiliki arti “stock exchange”.  Istilah bursa efek ini diatur sesuai dengan UU No. 8 tahun 1995 perihal pasar modal, bab III. Di dalam stock exchange atau bursa efek ini, akan ada kegiatan pertemuan antara penjual produk dengan pembeli produk. Untuk kata bursa sendiri sudah lazim digunakan dalam hal perdagangan produk yang tidak memperdagangkan produk secara phisik.

Baca Juga:  Arti Pump Dalam Trading Crypto Dan Langkah Mencegahnya

Lembar Saham dalam Bahasa Inggris

Mungkin anda pernah berfikiran tentang istilah lembar pada saham. Lembar saham atau bisa dikenal dengan “shares” atau “stock sheet”  merupakan dari bagian saham (stock) itu sendiri. Memang di dalam saham (stock) suatu perusahaan pastilah ada banyak jumlahnya. Sangat tidak mungkin jika perusahaan hanya memiliki 1 lembar saham (stock) saja. Nah, dari 1 lembar stock ini, memiliki nominal yang besar pula.

Jika anda ingin mengetahui tentang perhitungan dari lembar saham (stock sheet), anda perlu mengetahui lebih dalam tentang stock dan juga berbagai komponen di dalamnya. Berikut ini sample ilustrasi sederhana dari kepemilikan saham (stock). 

Sederhananya, anda dan teman anda akan membuat suatu perusahaan (perusahaan patungan), dan modal yang dibutuhkan semisalkan Rp 1 miliar. Jika anda melakukan setoran pertama Rp 600 juta, dan teman anda Rp 400 juta, maka untuk komposisi kepemilikan saham adalah sebagai berikut :

  1. Anda memiliki 60% (600 juta / 1 milyar)
  2. Teman anda memiliki 40% (400 juta / 1 milyar)

Jika semua modal dari Rp 1 miliar disetarakan dengan 1 juta lembar saham, maka didapat kesimpulan :

  1. Perusahaan yang anda dan teman anda bangun dikatakan telah mengeluarkan saham sebanyak 1 juta lembar dengan nilai atau harga dari per lembar saham (stock sheet) sebesar Rp 1000 (1 milyar / 1 juta)
  2. Saham (stock) yang anda miliki ada 600 ribu lembar (60% x 1 juta)
  3. Saham (stock) yang teman anda miliki ada 400 ribu lembar (40% x 1 juta)

Pemegang Saham dalam Bahasa Inggris

Seorang investor saham atau pemegang saham, jika dalam Bahasa inggris dikenal sebagai “shareholder”, memberikan dampak yang tinggi bagi perusahaan. Semakin besar jumlah stock yang dimiliki oleh shareholder, maka peran dari shareholder tersebut semakin tinggi, besar dan penting.

Baca Juga:  Sangat Fantastis! Ternyata Segini Gaji Shopee Perbulannya

Istilah saham dalam bahasa inggris sudah anda kenal dengan baik. Stock selain sebagai jenis investasi yang menarik, saham (stock) juga memiliki kategori sebagai berikut :

  1. Blue chip stocks, merupakan stock yang memiliki reputasi tinggi dan juga sebagai pemimpin dalam industrinya tentunya memiliki pendapatan stabil dan juga konsisten dalam membayarkan dividen.
  2. Income stocks, merupakan stock suatu emiten dengan adanya kemampuan membayar dividen lebih tinggi dari jumlah rata-rata dividen yang kemudian dibayarkan pada tahun sebelumnya.
  3. Cyclical stocks, merupakan stock yang tidak terpengaruh oleh adanya kondisi ekonomi makro ataupun dalam situasi bisnis secara umum.
  4. Emerging growth stocks, merupakan stock yang dikeluarkan emiten yang jumlahnya relatif kecil dan juga stabil, walaupun dalam kondisi ekonomi kurang mendukung.
  5. Growth stocks, merupakan stock yang terdiri dari well known dan lesser known.
  6. Speculative stocks, merupakan stock yang secara konsisten mendapat penghasilan dari tahun ke tahun dan memiliki kemungkinan penghasilan tinggi pada masa depan namun sifatnya belum pasti.
  7. Defensive stocks, merupakan stock yang relatif stabil dari suatu periode atau kondisi tidak menentu dan juga resesi.

Nah jadi itulah tadi berbagai macam penjabaran terkait dunia saham atau stock yang sangat ramai dan diminati oleh stockholder. Dengan memiliki jumlah stock yang banyak dari suatu perusahaan, sudah pasti di masa mendatang, berbagai keuntungan akan menghampiri anda dengan sendirinya.

Artikel Terkait