Tips Mudah Cara Membaca Fundamental Saham

Cara Membaca Fundamental Saham- Bicara tentang dunia finansial tentunya kalian juga tak asing dengan istilah saham. Saham adalah jenis investasi yang sampai saat ini banyak digunakan oleh banyak orang bahkan hingga perusahaan tertentu. Namun sebelum memutuskan untuk melakukan investasi jenis saham. Kalian juga perlu tahu cara membaca fundamental saham.

Bisa dibilang saham memang memiliki prospek baik jika memang pilihan yang dilakukan dalam investasi itu tepat. Namun tak semua orang bisa melihat bagaimana potensi suatu sama untuk kedepannya. Maka dari itu terkadang terjadi sebuah kerugian. Padahal sebelum itu bisa menggunakan cara membaca fundamental saham.

Cara Membaca Fundamental Saham

Nah jika kalian belum tahu bagaimana cara yang digunakan untuk membaca fundamental saham, maka penjelasan di bawah ini bisa membantu kalian.

1. Lakukan penetapan time frame

Melakukan pemilihan jenis saham yang akan diambil tak bisa dilakukan begitu saja. Banyak pertimbangan dan analisis yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah pada segi penetapan time frame. Pada proses penetapan time frime ini disarankan untuk menggunakan jangka panjang.

Alasannya adalah karena penetapan time frame jangka panjang dianggap lebih akurat dibandingkan dengan penetapan time frame jangka pendek.

2. Cermati PER atau price earning ratio

Salah satu alasan seseorang atau perusahaan melakukan investasi jenis saham adalah agar bisa mendapatkan keuntungan. Agar bisa bisa mendapatkan keuntungan dari saham ternyata tidak mudah lho.

Perhitungan terkait dengan PER atau price earning ratio harus dilakukan. PER adalah sebuah proses yang bisa digunakan untuk melihat gambaran keuntungan yang didapatkan daripada nilai saham pada sebuah perusahaan yang dipilih.

Baca Juga:  Apa Itu Dunia Trading, Ditinjau Dari Pengertian Dan Jenisnya

Sebuah saham bisa memiliki nilai murah apabila kondisi PER lebih rendah dibandingkan dengan PER rata-rata pada sektor industri. Meski begitu terkadang kita mudah tergiur ketika melihat harga dari saham yang mencapai titik terendah.

Padahal harga rendah dari saham tidak menjamin kualitas dari saham milik perusahaan tersebut. Maka dari itu selain mencermati sisi PER, kalian juga harus bisa mencermati kualitas dari saham perusahaan tersebut.

3. Lakukan pendekatan pada segi top down

Tips selanjutnya adalah dengan melakukan pendekatan top down pada saham. Akan lebih baik jika proses pendekatan top down dilakukan secara berurutan. Bisa dimulai dari analisis ekonomi makro, industri perusahaan bahkan hingga dari kondisi perusahaan tersebut.

Proses analisis pada segi ekonomi makro dilakukan untuk bisa melihat bagaimana kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah. Selain itu analisis ini juga bisa dilakukan untuk melihat bagaimana kestabilan politik saat itu.

Lalu untuk analisis pada sektor industri dilakukan agar bisa melihat bagaimana tingkat perkembangan dunia industri saat itu. Dan terakhir adalah proses analisis yang dilakukan dengan melihat bagaimana proses management yang dilakukan pada kondisi keuangan suatu perusahaan.

4. Adanya konsistensi pada segi laba perusahaan

Tips untuk membaca analisis fundamental saham adalah dengan melihat bagaimana konsistensi laba dari suatu perusahaan. Akan lebih baik jika kalian memilih perusahaan yang bisa menghasilkan laba bersih dari tahun ke tahu secara konsisten.

Tak hanya itu saja, kalian juga harus sedikit menghindari pemilihan sebuah perusahaan yang memiliki kondisi laba naik turun secara berulang-ulang. Sebuah perusahaan bisa terlihat berkualitas bagus ketika memiliki profit yang terus menanjak secara konsistens. Lalu kalian juga harus memastikan jika tingkat perolehan laba tersebut berjalan lurus dengan jumlah barang yang dijual oleh perusahaan tersebut.

5. Nilai utang

Sebuah perusahaan yang memiliki hutang adalah sebuah hal yang wajar. Namun kalian sebaiknya menghindari perusahaan yang memiliki nilai hutang cukup besar. Sebagai acuan nilai standar dari nilai hutang milik suatu perusahaan bisa kalian lihat pada angka debt to equity atau DER.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Investasi Logam Mulia bagi Pemula dan Apa saja Kelebihan serta Kekurangannya?

Pastikan selalu jika jumlah hutang suatu perusahaan tidak lebih besar dari nilai modal yang diperlukan. Proses perhitungan DER adalah dengan melakukan proses perbandingan total hutang dengan nilai total ekuitas dan dikalikan dengan 100 persen. Jika dari hasil perhitungan didapatkan nilai lebih dari satu. Maka bisa diasumsikan jika perusahaan tersebut tidak memiliki kondisi keuangan yang cukup sehat.

6. Tingkat pengembalian

Berikutnya adalah dengan melihat bagaimana tingkat pengembalian investasi saham pada suatu perusahaan. Cara paling mudah untuk melihat tingkat pengembalian adalah dengan bantuan return on asset atau ROA dan return on equity (ROE). Sebuah perusahaan yang memiliki nilai ROA dan ROE dengan angka tinggi bisa lebih mudah mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi.

7. Dividen

Agar lebih mudah mendapatkan keuntungan investasi saham berupa dividen. Maka kalian bisa melihat angka dividen payout ratio atau DPR. Nilai dari DPR bisa menjadi acuan besaran prosentase pada pembayaran dividen suatu perusahaan.

Jenis analisa fundamental saham

Ada beberapa jenis analisa fundamental saham yang bisa kalian gunakan. Setidaknya secara garis besar ada dua jenis analisa fundamental saham. Nah agar kalian bisa lebih paham apa saja jenis dari analisa fundamental saham tersebut. Maka penjelasan di bawah ini bisa membantu kalian.

1. Pendekatan analisa fundamental top down

Dengan metode pendekatan ini, nantinya para calon investor bisa melihat bagaimana perkembangan dari perusahaan tersebut. Jika dilihat secara umum perusahaan tersebut mampu berjalan dengan baik.

Maka beberapa komponen yang ada di dalam perusahaan tersebut juga bisa berlangsung dengan baik. Dalam metode pendekatan analisis fundamental top down ini meliputi empat hal penting di dalamnya.

Mulai dari kondisi makro ekonomi global, kondisi makro ekonomi dalam negeri, prospek pertumbuhan dari setiap sektor usaha, fundamental dari perusahaan.

Baca Juga:  Cara Bermain Saham Tanpa Modal, Tepat Bagi Pemula Yang Ingin Memulai Belajar

Setidaknya empat poin di atas bisa menjadi acuan untuk melihat bagaimana perkembangan dari sebuah perusahaan kedepannya.

2.Pendekatan analisa fundamental bottom up

Secara mudahnya pendekatan analisis fundamental bottom up adalah kebalikan dari jenis fundamental saham yang pertama. Untuk menjalankan analisa jenis ini, kalian harus melihat secara terperinci bagaimana kinerja dari suatu perusahaan. Kalian bisa mencoba melihat bagaimana laporan keuangan perusahaan. Atau kalian juga bisa melihat bagaimana daya usaha dari perusahaan tersebut.

Itulah dua jenis dari analisa fundamental saham yang kerap digunakan untuk acuan sebelum seorang investor akan melakukan investasi pada sebuah perusahaan. Adanya dua pendekatan ini akan memungkinkan para investor untuk sedikit meminimalisir terjadinya sebuah kerugian saat berinvestasi pada sebuah perusahaan.

Keuntungan melakukan investasi saham

Setelah mengetahui bagaimana pentingnya melakukan analisis fundamental investasi saham. Maka kalian juga perlu tahu nih bagaimana keuntungan yang diberikan oleh investasi jenis saham. Apa saja itu keuntungan melakukan investasi jenis saham ? Ini dia penjelasan akan hal tersebut.

  1. Adanya potensi untuk bisa mendapatkan capital gain
  2. Adanya potensi untuk mendapatkan deviden saham
  3. Dapat melakukan proses investasi secara lebih fleksibel.

Nah itulah beberapa informasi penting tentang membaca fundamental saham yang bisa kalian ketahui. Dengan begini kalian bisa mendapatkan keuntungan dan lebih berani untuk melakukan investasi jenis saham.