Kenali Dan Pengaruh Right Issue Terhadap Harga Saham

Pengaruh Right Issue Terhadap Harga Saham – Apakah anda sudah pernah melakukan investasi ? jika sudah, anda pasti kenal dengan aneka macam jenis investasi yang salah satunya adalah saham. Saham menjadi investasi yang banyak diminati orang. Dengan melakukan investasi saham, anda akan memiliki aset masa depan yang cerah. Saham dapat anda miliki dengan cara melakukan pembelian saham pada suatu perusahaan. Dengan memiliki saham suatu perusahaan, anda sudah mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungan yang bisa anda dapatkan dari pemegang saham suatu perusahaan ialah mulai dari anda akan mendapatkan hak atas klaim keuntungan dari perusahaan, hak atas aset perusahaan, dan anda juga tentunya akan memiliki hak, akses untuk hadir dalam rapat saham yakni Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dari melakukan investasi saham, anda juga harus jeli terkait pengaruh right issue terhadap harga saham yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Apa Itu Right issue Saham

Dalam pengalaman berinvestasi, para investor sudah sering mendengar kata right issue. Jika anda sebagai seorang investor, tentunya anda juga akan tidak asing, bahkan sering mendengar terkait right issue. Right issue itu apa ? right issue merupakan suatu jenis penawaran yang bersifat umum namun terbatas untuk saham. Right issue dilakukan oleh suatu perusahaan untuk dapat mendukung suatu rencana aksi korporasi tertentu atau untuk dapat menambah jumlah modal kerja yang ada.

Right issue biasanya ditandai dengan adanya suatu perusahaan yang sudah melakukan penerbitan saham perdana atau bisa dikenal initial public offering, artinya perusahaan tersebut sudah memiliki banyak pemegang saham. Right issue juga dapat diartikan sebagai hak yang akan diberikan kepada para pemegang saham lama untuk dapat membeli efek baru sebelum nantinya ditawarkan kepada pihak lainnya. Karena itu, istilah right issue lebih dikenal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Baca Juga:  Pengaruh Inflasi Terhadap Investasi dan Alternatif Investasi Untuk Menghadapinya

Cara Menebus Saham Right Issue

Sebagai investor, selain anda harus paham dengan pengaruh right issue terhadap harga saham, anda juga dapat melakukan penebusan saham right issue. Anda akan berhak mendapatkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) jika anda sudah memiliki saham induk yang telah settle (T+2) pada periode cum date. Maksud dari (T+2) periode cum date yakni anda sudah memiliki hak untuk melakukan penebusan atau penjualan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Cara penebusan saham right issue dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah dengan cara penebusan right issue melalui aplikasi HOTS pada computer. Caranya anda dapat praktikan sebagai berikut :

  1. Silahkan masuk pada akun aplikasi HOTS anda.
  2. Login menggunakan user id dan juga password akun anda. Perhatikan dengan teliti saat login. Pastikan user dan juga password sesuai.
  3. Masuklah ke bagian menu.
  4. Masuk ke bagian account atau akun.
  5. Pilihlah aplikasi 4205 (Application of Right / Warrant 4205).
  6. Masukanlah jumlah lembar yang ingin anda tebus dan pastikan cash anda tersedia.
  7. Tekan apply dan tunggu hingga selesai.

Untuk cara lainnya, anda dapat melakukan penebusan saham right issue dengan menggunakan aplikasi neo HOTS pada mobile. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. masuklah ke akun neo HOTS anda.
  2. Login ke akun anda dengan cara memasukan user id dan juga password yang benar.
  3. Masuk ke bagian portofolio.
  4. Masuk ke bagian Application of Right.
  5. Langkah selanjutnya, silahkan anda isi saja jumlah lembar yang ingin anda tebus dan tentunya pastikanlah cash anda tersedia.
  6. Langkah terakhir klik apply.

Cara Jual Right Issue

Selain dapat melakukan penebusan right issue, anda juga tentunya dapat melakukan penjualan saham right issue dengan cara melalui neo HOTS ataupun aplikasi HOTS. Melakukan penjualan right issue melalui aplikasi HOTS pada komputer adalah sebagai berikut :

  1. Anda masuk ke akun HOTS anda dengan login user id dan password.
  2. Masuk ke menu order.
  3. Pilihlah non regular board order.
  4. Kemudian pilih sell order.
  5. Isikan kode saham right, harga dan juga jumlah lotnya.
  6. Kemudian pilihlah cash market.
Baca Juga:  Trading Crypto Investasi Buat kaya? Yuk kita Lihat Apa Itu Trading Crypto

Untuk melakukan penjualan right issue melalui neo HOTS dapat dilakukan dengan cara :

  1. Masuk ke akun neo HOTS, login user id dan password secara tepat.
  2. Pilihlah order.
  3. Pilih klik non regular board.
  4. Pilihlah sell order.
  5. Isikan kode saham right dan juga harga saham serta jumlah lot.
  6. Pilihlah (TN) Market.

Apa Dampak Right Issue Terhadap Harga Saham

Setelah anda mengetahui tentang pengaruh right issue terhadap harga saham, dan juga cara menebus serta menjual saham right issue, mari kenali dampak dari right issue itu sendiri. Right issue sebenarnya dilakukan oleh perusahaan guna mendapatkan modal tambahan. Perusahaan melakukan right issue, biasanya karena perusahaan tersebut sedang membutuhkan dana untuk dapat memenuhi kebutuhan finansial perusahaan di waktu tertentu.

Bagi anda dan juga para investor lain, tentunya dengan melakukan pembelian saham right issue akan sangat menguntungkan. Dengan melakukan pembelian saham right issue, anda dan para investor lain telah memiliki kesempatan untuk dapat membeli tambahan saham dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga saham aslinya. Dengan pembelian harga saham yang lebih murah, maka tentunya akan memberikan berbagai keuntungan pemegang saham (jika dilakukan dengan perhitungan matang).

Apabila right issue ini dilakukan oleh perusahaan untuk mengembangkan bisnis perusahaan tersebut, ada kemungkinan jika pemegang saham juga akan mendapatkan peningkatan nilai modal, meskipun akan sempat terjadi dilusi nilai saham.

Pembelian right issue memang menguntungkan, namun pada saat yang sama juga, dengan adanya right issue, pemegang saham juga akan mengalami kerugian karena adanya delusi nilai saham. Akibatnya, laba dari per saham perusahaan atau EPS akan menurun juga. Dengan nilai yang menurun tersebut, otomatis nilai yang didapatkan investor akan turun.

Baca Juga:  Tips Memilih Saham Untuk Jangka Panjang

Contoh Soal Right Issue

Investor yang ingin melakukan pembelian saham right issue tentunya harus paham tentang perhitungan dari right issue. Dengan mengetahui perhitungan yang tepat, anda yang seorang pemegang saham right issue akan lebih mudah mengetahui keuntungan dan kerugian dari right issue.

Contoh dari perhitungan kasus right issue dapat disimpulkan seperti berikut, jika harga dari penutupan di tanggal 1 Juni 2021 adalah Rp 100, maka pada market value saham ENRG anda yaitu Rp 100 x 10 slot x 10 lembar = Rp 100.000. untuk harga teoritis right issue ialah (100 x 100) + (140 x 126) / (100 + 140) = Rp 115,1666 (jika dibulatkan menjadi 116). Nah jadi itulah contoh dari perhitungan right issue, intinya, berinvestasi saham boleh saja, namun tetap harus bijak dan gunakanlah perhitungan yang tepat, pas.