11 Rekomendasi Bisnis Pelajar Yang Menguntungkan

Bisnis Pelajar Yang Menguntungkan – Apa saja bisnis pelajar yang menguntungkan? Mungkin itu yang ada di pikiran Anda yang masih pelajar namun ingin mencoba terjun ke dunia bisnis.

Di masa  sulit mencari pekerjaan seperti sekarang ini, banyak orang mulai mempertimbangkan untuk terjun ke dunia bisnis, tidak terkecuali dengan pelajar.

Namun sebelumnya, Anda perlu memikirkan jenis bisnis apa yang bisa Anda jalankan.

Deretan Bisnis Pelajar Yang Menguntungkan

Kali ini, kami akan berikan beberapa rekomendasi bisnis pelajar yang menguntungkan.  Keuntungan yang Anda dapatkan mungkin tidak akan langsung besar tetapi jika Anda konsisten menjalankannya, bukan tidak mungkin bisnis yang Anda jalankan akan makin berkembang dan memberikan keuntungan yang besar untuk Anda.

1. Pulsa Elektrik

Bisnis pelajar yang menguntungkan pertama yang bisa Anda coba adalah pulsa elektrik. Dengan berjualan pulsa, Anda bisa membantu orang yang sedang membutuhkan pulsa sekaligus mendapatkan keuntungan .

Berjualan pulsa juga cukup praktis karena Anda bisa melakukannya kapan dan di mana saja selama memegang handphone.

Sehingga kegiatan belajar Anda tidak perlu terganggu.

2. Menjual Makanan Ringan

Bisnis berikutnya yang bisa dilakukan pelajar adalah menjual makanan ringan. Anda bisa berlatih untuk membuatnya terlebih dulu jika memang memiliki minat dan keahlian untuk memasak.

Namun, jika ingin mencoba cara lain, Anda bisa mengemas ulang beberapa makanan ringan yang banyak digemari.

Misalnya, Anda bisa memberikan bumbu ke makanan ringan seperti makaroni lalu memberikan kemasan baru.

Contoh kemasan yang bisa Anda gunakan adalah toples kaca atau plastik dalam berbagai ukuran.

Baca Juga:  Begini Tips Dan Cara Menabung Saham Di BRI Bagi Pemula

3. Reseller

Salah satu pilihan bisnis yang tengah populer di kalangan masyarakat sekarang ini adalah reseller.

Arti dari reseller adalah menjual barang yang sudah Anda beli dari penyedia barang tersebut.

Supaya bisnis ini berjalan lancar, Anda dianjurkan untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang produk apa yang banyak digunakan orang-orang di sekitar Anda.

Produk yang biasa dijual melalui reseller adalah kosmetik seperti skincare. Namun ada juga reseller yang menjual pakaian atau aksesoris.

Namun, ada juga produk yang biasa digunakan oleh laki-laki seperti tas, baju olahraga dan juga sepatu olahraga.

4. Dropshipper

Selain reseller, dropshipper juga merupakan salah satu bisnis bagi pelajar yang menguntungkan. Dropshipper merupakan kegiatan untuk menjual barang dari supplier tanpa Anda membelinya lebih dulu.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mempromosikan barang yang dijual oleh supplier tersebut

Keuntungan dari melakukan bisnis dropshipper adalah Anda tidak perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu untuk membeli barang.

Alur dari dropshipper adalah Anda akan menerima pesanan dari pelanggan. Anda hanya perlu menyampaikan pesanan tersebut kepada pemilik produk. Selanjutnya, pihak pemilik produk yang akan memproduksi barang serta melakukan pengiriman kepada pelanggan Anda.

Anda akan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan kepada pelanggan dikurangi jumlah yang Anda bayarkan kepada pemilik produk.

5. Menulis Artikel

Kalau Anda suka menulis, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk mencari uang tambahan. Salah satunya adalah dengan menjadi penulis artikel.

Anda bisa mencari website yang memberikan bayaran untuk setiap artikel yang dimuat. Carilah tema yang cocok untuk  belajar misalnya tips belajar, fashion atau dunia hiburan.

6. Blogger

Selain menjadi penulis artikel, kemampuan menulis bisa mendatangkan uang bagi Anda dengan jalan menjadi blogger. Dengan membuat blog pribadi, Anda bisa dengan bebas menentukan tema artikel yang ingin Anda tulis sesuai dengan minat Anda.

Baca Juga:  Pemula Wajib Tahu! 8 Cara Jualan Online Yang Efektif

Namun perlu diingat kalau menjadi blogger umumnya tidak akan langsung mendapat penghasilan.

Dibutuhkan konsistensi menulis yang tinggi serta kreatifitas untuk dapat membuat blog Anda dibaca oleh banyak orang. Sebab blog Anda baru bisa menghasilkan apabila sudah dibaca banyak orang.

Karena itu sambil mengumpulkan pembaca, Anda bisa terus mengasah kemampuan menulis dengan rajin menulis di blog Anda tersebut.

7. Jasa Pengetikan

Bisnis pelajar yang menguntungkan selanjutnya adalah jasa pengetikan. Anda bisa memulainya dengan membantu teman atau keluarga Anda mengetikkan jurnal atau makalah.

Orang yang paling banyak memakai jasa ini umumnya adalah mahasiswa yang senang menyelesaikan skripsi. Sebab, mereka fokus mencari bahan penelitian sementara Anda membantu untuk mengetikkan isinya.

Jika Anda masih pelajar sekolah, Anda bisa mendapatkan pengalaman menulis skripsi yang berguna untuk masa depan.

8. Hasil Kerajinan Tangan

Hasil kerajinan tangan seperti gelang, kalung, boneka atau hasil sulam juga memiliki potensi untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan.

Bahkan, bukan tidak mungkin bisnis hasil kerajinan tangan ini berkembang menjadi besar jika Anda tekun melakukannya.

Tentunya akan sangat menyenangkan apabila Anda bisa mendapat penghasilan dari hobi bukan?

9. Youtuber

Tidak bisa dipungkiri, kesuksesan para youtuber telah menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk meraih kesuksesan juga.

Hampir sama seperti menulis, mendapat keuntungan dari konten video yang Anda buat tentu bukan hal yang mustahil tetapi dibutuhkan kreatifitas untuk membuat konten yang menarik dan segar untuk ditonton.

Jika Anda ingin membuat video yang menarik, sebaiknya tentukan tema video yang sesuai dengan minat Anda. Membuat sesuatu yang sesuai minat akan membantu Anda untuk fokus dan bisa konsisten membuat video.

Baca Juga:  Berapakah Gaji HRD (Human Resource Management)

Supaya video yang telah Anda buat bisa ditonton dengan nyaman, dianjurkan Anda juga memiliki kemampuan untuk mengedit serta mempersiapkan peralatan untuk membuat video.

Anda bisa mulai dengan memakai kamera yang sederhana dulu seperti handphone atau laptop terlebih dahulu.

Setelah Anda mulai membuat dan mengupload video, jangan lupa lakukan promosi supaya makin banyak orang yang menonton video yang sudah Anda buat.

Namun perlu diingat kalau siapapun bisa menonton video yang Anda buat sehingga bijaklah dalam membuat konten.

10. Gamers

Anda sering dianggap malas karena hobi bermain game? Anda bisa membuktikan hal tersebut salah dengan  mengikuti turnamen game atau eSports yang mulai banyak diadakan sekarang.

Hadiah yang bisa didapatkan dari turnamen game ini memang menggiurkan namun jangan sampai lupa dengan tanggung jawab Anda untuk belajar ya.

11. Endorser

Begitu terkenalnya media sosial mampu membuatnya dijadikan salah satu media untuk mencari uang.

Salah satu caranya adalah menjadi endorser. Tugas Anda adalah mempromosikan sebuah produk lewat postingan Anda di media sosial.

Memang, umumnya untuk bisa menjadi endorser, Anda membutuhkan banyak followers terlebih dahulu. Tetapi sekarang, banyak juga perusahaan yang mencari endorser baru yang  memiliki followers di angka seribu sampai puluhan ribu.

Kalau Anda sering memakai media sosial, Anda bisa mempertimbangkan endorser sebagai salah satu media untuk mencari uang tambahan.

Itulah beberapa rekomendasi bisnis  pelajar yang menguntungkan bagi Anda yang ingin mencoba untuk mencari uang tambahan. Meskipun tidak langsung mendapatkan penghasilan besar, Anda tidak perlu kecewa karena bisnis dapat berkembang jika dijalankan dengan konsisten dan tekun.

Tetapi perlu diingat, jangan sampai melupakan kewajiban Anda yang utama yaitu belajar ya.

Artikel Terkait