Memahami Proposal Tentang Penelitian SDM Dan Unsur-Unsurnya

Proposal Tentang Penelitian SDM – Menjaga sangat krusial untuk perusahaan. Karena itu penelitian tentang tidak pernah ada habisnya. yang menekuni bidang psikologi industry dan organisasi seringkali mengajukan penelitian SDM.

Penelitian Sumber Daya manusia yang dilakukan pada sebuah perusahaan nantinya akan digunakan untuk mengukur dan memberikan penilaian kepada sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Selain itu, jika terdapat intervensi yang perlu dilakukan oleh para peneliti, bisa dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemukan.

Penasaran dengan proposal untuk meneliti SDM? Simak ulasan berikut sampai selesai.

Pengertian Proposal

Jika diambil secara bahasa proposal berasal dari bahasa inggris yaitu propose yang berarti mengajukan. Kemudian jika mengacu pada KBBI, proposal adalah Kerja yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Penyusunan proposal untuk penelitian SDM perlu mengikuti contoh proposal yang ada. Berdasarkan para ahli proposal diartikan sebagai :

  1. Hasnun Anwar : Proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu
  2. Hadi : Proposal adalah suatu usulan terstruktur untuk agenda Kerjasama bisnis antar , perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalahnya
  3. Riefky : Proposal adalah bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar
  4. Keraf : Proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan

Unsur-unsur Proposal untuk Penelitian SDM

Terdapat beberapa hal yang harus ada dalam Sumber Daya Manusia. Susunannya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proposal kegiatan pada umumnya, hanya saja terdapat tujuan yang jelas mengapa penelitian dilakukan.

Baca Juga:  Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Surat Lamaran Kerja

Pendahuluan

Dalam Pendahuluan proposal penelitian SDM, perlu dijelaskan tentang latar belakang permasalahan yang ada, sehingga perlu dilakukan penelitian untuk SDM di perusahaan atau Lembaga terkait. Sehingga rumusan masalah dapat ditentukan.

Setelah rumusan masalah ditentukan, langkah berikutnya adalah menuliskan tentang tujuan penelitian dilakukan beserta dari penelitian yang dilakukan. Proposal dibuat dengan menggunakan bahasa yang jelas dan dicampurkan dengan bahasa akademik.

Pokok Pembahasan

Pokok pembahasan biasanya terdiri dari metode penelitian dan hasil . Baik itu penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif. Sampel dan populasi yang ada dalam penelitian juga perlu dijelaskan di bagian awal pokok pembahasan.

Anda juga bisa menggunakan artikel dalam jurnal penelitian sdm sebagai referensi untuk membuat proposal penelitian yang lebih komprehensif. Penggunaan artikel di dalam proposal bisa digunakan juga untuk membuat perbandingan.

Penutup

Bagian penutup proposal penelitian diisikan dengan kesimpulan dan daftar Pustaka referensi yang ada di dalam proposal penelitian tersebut.

Frequently Asked Question

Bolehkan mengajukan Proposal Penelitian SDM hanya untuk penelitian saja tanpa adanya intervensi? Jawabannya boleh. Karena penelitian yang ada nantinya bisa digunakan untuk evaluasi internal meskipun tanpa adanya intervensi dari peneliti.

Artikel Terkait