Contoh Surat Lamaran Kerja Terupdate 2022 Dan Informasi Lainnya!

Surat Lamaran Kerja – Anda sedang mencari contoh surat terbaru dan terupdate tahun ini? merupakan surat yang dibuat untuk kepentingan permohonan pekerjaan. Dalam penulisan surat kerja yang dituliskan tidak boleh asal-asalan. Agar tidak salah dalam menulis surat lamaran pekerjaan simak cara buat surat lamaran kerja dan informasi lainnya dalam ulasan berikut.

Struktur Surat Lamaran Kerja

Dalam hal melamar pekerjaan, sebaiknya Anda melampirkan dokumen-dokumen pelengkap sebagai bukti keterampilan yang Anda miliki. Dokumen-dokumen tersebut dapat memberikan nilai tambahan tersendiri untuk Anda.

Ketika Anda melampirkan dokumen-dokumen pelengkap, sebaiknya dokumen-dokumen tersebut ditulis dengan jelas di dalam surat lamaran. Umumnya, berkas-berkas pelegkap yang dilampirkan adalah sebagai berikut:

  • Keterangan Daftar Riwayat Hidup atau (Curriculum Vitae)
  • Salinan ijazah terakhir (SMA/SMK/S1/S2)
  • Salinan transkrip nilai
  • Salinan sertifikat pelatihan yang mendukung
  • Foto berwarna terbaru

Cara Bikin Surat Lamaran Kerja

Pada dasarnya contoh surat lamaran kerja merupakan sebuah surat permohonan yang dibuat oleh seorang pelamar kerja dan ditunjukkan kepada pihak perusahaan dengan tujuan melamar pekerjaan. Surat tersebut merupakan bentuk permohonan secara resmi kepada pihak perusahaan yang jika dibuat dengan baik bisa menjadi kunci kesuksesan Anda.

Surat lamaran kerja yang dan menarik, umumnya mengandung beberapa hal yang wajib dituliskan di dalamnya. Apa saja hal-hal tersebut? Simak selengkapnya pada ulasan di bawah:

Baca Juga:  Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Agar Dilirik HRD

1. Tuliskan Tempat dan Tanggal Surat

Struktur surat lamaran kerja yang pertama dan wajib ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan adalah tempat dan tanggal penulisan surat. Dalam hal ini Anda harus menuliskannya di bagian kanan atau kiri atas surat lamaran pekerjaan. Usahakan untuk tidak menyingkat apapun ketika menuliskan tempat dan tanggal penulisan surat. Baik tempat ataupun tanggalnya, tuliskan secara lengkap.

2. Sematkan Tujuan Surat

Hal selanjutnya yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan adalah kepada siapa surat itu ditujukan atau tujuan surat. Dalam hal penulisan tujuan surat lamaran pekerjaan Anda hanya perlu menuliskan “yan terhormat” atau “Yth”, kemudian lanjutkan dengan jabatan  penerima surat lamaran pekerjaan.

Akan lebih baik jika Anda mengetahui nama lengkap penerima surat lamaran pekerjaan tersebut. Kenapa? Dengan menuliskan nama lengkap si penerima surat, maka surat lamaran akan berkesan lebih personal.

3. Tuliskan Nama dan Alamat Lengkap Perusahaan

Setelah menuliskan tujuan surat, tuliskan pula nama dan alamat lengkap perusahaan tepa di bawah tujuan. Usahakan untuk tidak salah dalam menulis nama dan alamat perusahaan yang dituju. Jadi, sebelum surat lamaran pekerjaan itu resi dikirimkan, cari tahu detail perusahaan terkait.

4. Berilah Salam Pembuka

Berikutnya, setelah selesai menuliskan tujuan, nama perusahaan, serta alamat lengkapnya, selanjutnya adalah menuliskan salam pembuka. Gunakan salam pembuka “Dengan Hormat” untuk mengawali surat lamaran pekerjaan.

Kenapa? Dengan Hormat lebih bersifat universal jika dibanding dengan salam-salam lainnya. Selain itu, salam tersebut juga umum digunakan dalam penulisan surat untuk mengajukan permohonan lamaran pekerjaan di Indonesia.

5.Tuliskan Kata Pengantar

Usai menuliskan salam pembuka, lanjutkan dengan menuliskan kaa pengantar. Dalam hal ini, Anda dapat menuliskan perihal sumber informasi lowongan pekerjaan yang sedang dilamar. Jelaskan detail informasi yang Anda dapat dan tunjukkan ketertarikan Anda terhadap posisi tersebut.

Baca Juga:  Lowongan Kerja Unilever Sebagai Assistant Brand Building Finance Manager

6. Sematkan Data Diri

Jika sudah selesai menuliskan kata pengantar, jangan lupa untuk menuliskan identitas diri Anda. Tuliskan informasi tentang nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, alamat surel, dan nomor HP. Usahakan untuk tidak memberikan data diri palsu karena itu berkaitan dengan proses rekrutmen ke depan.

7. Sertakan Kerja atau Keahlian yang Dimiliki

Dalam contoh surat lamaran kerja, selain menuliskan data diri dan maksud serta tujuan, Anda juga harus menuliskan pengalaman dan keahlian yang dimiliki. Ketika menuliskan pengalaman dan keahlian usahakan untuk mendahulukan pengalaman atau keahlian yang erat kaitannya dengan pekerjaan yang sedang dilamar.

8. Cantumkan Penutup Surat

Setelah menuliskan pengalaman dan rincian keahlian yang dimiliki, selanjutnya adalah menuliskan penutup untuk surat lamaran pekerjaan. Pada bagian penutup ini, tuliskan juga harapan Anda agar diberikan kesempatan untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Di bagian paling akhir, jangan lupa untuk menyematkan ucapan terima kasih.

9. Jangan Lupa Beri Tanda Tangan dan Nama Terang

Hal terakhir yang harus ada di dalam contoh surat lamaran kerja adalah tanda tangan dan nama terang Anda. Sematkan tanda tangan dan nama terang Anda di bagian kanan bawah surat lamaran pekerjaan. Usahakan untuk memberikan tanda tangan basah pada surat lamaran pekerjaan.

Contoh Surat untuk Melamar Pekerjaan

Di bawah ini terdapat contoh surat lamaran kerja yang benar untuk melamar pekerjaan secara umum. Perhatikan format-format penulisan yang terdapat di dalam surat lamaran berikut agar Anda dapat menuliskan surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar:

Magetan, 16 Februari 2022

Hal : Lamaran Pekerjaan
Yth. Bapak Adi Laksana
PT. Perkasa Jaya Mandiri
Jl. Pahlawan  No. 15, Magetan

Dengan hormat,

Baca Juga:  Hal – Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja

Sehubungan dengan informasi lowongan kerja yang saya lihat di Instagram Loker Perusahaan Swasta pada Senin, 14 Februari 2022 , saat ini perusahaan bapak/ibu sedang membuka lowongan pekerjaan dengan posisi Sales Marketing. Maka, dengan ini saya yang bertanda tangan di bawah ini ingin mengajukan permohonan lamaran pekerjaan pada posisi tersebut:

Nama                           : Raden Mas Ngabehi Tubagus Salim
Tempat, tanggal lahir     : Madiun, 23 Maret 1995
Pendidikan terakhir        : S1 – Ekonomi Islam
Alamat                          : Jl. MT. Haryono No. Magetan

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa dokumen pendukung yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

  1. Curriculum Vitae/ Daftar Riwayat Hidup
  2. Surat
  3. Salinan Ijazah S1 Ekonomi Islam
  4. Salinan Transkrip Nilai
  5. Foto Berwarna 4×6

Demikian surat lamaran pekerjaan ini dibuat, besar harapan saya untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tahap wawancara. Atas Perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat Saya,

Ttd.

Raden Mas Ngabehi Tubagus Salim

 

Hal yang Tidak Perlu Ditulis dalam Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui contoh surat lamaran kerja dan format-format penulisan surat lamaran kerja yang benar, sekarang saatnya Anda tahu apa saja hal yang tidak perlu dituliskan dalam surat lamaran pekerjaan. Apa saja hal -hal tersebut?  Berikut merupakan penjelasan selengkapnya:

  • Pastikan bahwa dalam surat lamaran pekerjaan yang ditulis pembuka dan penutup tidak mengandung kalimat yang bertele-tele.
  • Jangan menuliskan bagian yang sama yang terdapat di dalam CV
  • Jangan tulis yang Anda tidak menguasainya. Tuliskan skill dan pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar
  • Jangan sebutkan semua kemampuan yang Anda miliki

Demikian ulasan seputar contoh surat lamaran kerja , format, cara penulisan, dan informasi lain yang ert kaitannya dengan surat lamaran pekerjaan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Artikel Terkait