Perbedaan Saham Dan Trading Bagi Pemula Agar Tidak Salah Pilih

Perbedaan Saham Dan Trading – Belakangan ini, kata “saham” menjadi sebuah trending topik yang sering diperbincangkan oleh banyak orang. Banyak istilah yang digunakan dalam dunia saham yang belum dipahami oleh kita sebagai orang awam.Terjun ke dunia saham tidak serumit dalam bayangan Anda. Namun, informasi yang banyak sangat diperlukan, terutama dalam memahami risiko investasi dan trading saham sebelum Anda memutuskan untuk melakukan investasi.

Anda tentu sering mendengar istilah investasi dan trading saham. Meskipun keduanya, memiliki tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan dengan sebuah jangka waktu. Namun, apakah anda tahu bahwa perbedaan saham dan trading ternyata cukup signifikan. Keduanya sangat berbeda baik dalam segi konsep, strategi, maupun resiko yang diambil.

Bagi Anda yang ingin mencoba masuk ke dunia saham, Anda harus mencari dan memahami segala bentuk informasi dan istilah dalam saham. Anda dapat memutuskan apakah ingin terjun dalam dunia trading atau investasi saham setelah memahaminya. Berikut kami sajikan informasi mengenai trading dan investasi saham sebagai langkah awalmu dalam merintis karir di dunia persahaman.

Pengertian Saham

Sebelum mengenal istilah investasi dan trading saham, hal utama yang harus Anda pahami adalah istilah saham itu sendiri. Saham bisa diartikan sebagai bukti kepemilikan atas suatu perusahaan dan dapat diklaim sebagai kekayaan dan penghasilan perusahaan tersebut. Secara sederhana, bila Anda membeli saham di perusahaan X, maka Anda akan menjadi salah satu pemilik dari perusahaan tersebut. Kemudian Anda bisa memutuskan untuk tetap menanam modal di perusahaan tersebut lalu mendapatkan pembagian hasilnya atau juga menjual kembali sahamnya pada harga tertentu.

Definisi Investasi Saham

Setelah  Anda  mengetahui pengertian saham, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah berinvestasi dan menjadi seorang investor. Investasi saham merupakan penanaman modal pada suatu perusahaan X dan menyerahkan dana tersebut untuk dikelolah oleh perusahaan. Ketika perusahaan mendapatkan profit, maka anda akan mendapatkan pembagian hasilnya.

Baca Juga:  5 Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan

Definisi Trading Saham

Kegiatan trading saham bisa dikatakan sebagai bentuk aktivitas membeli saham pada perusahaan X dan kemudian Anda jual kembali. Kegiatan jual dan beli saham tersebut memanfaatkan naik-turunnya harga saham di pasar. Sehingga keuntungan yang didapatkan tergantung pada fluktuasi harga saham dan keputusan yang diambil. Anda juga bisa mendapatkan kerugian bila tidak cermat dalam melakukan trading.

Perbedaan Saham dan Trading

Ada beberapa perbedaan saham dan trading yang mencolok antara keduanya. Anda harus memahami perbedaan investasi saham dan trading sehingga anda lebih paham tentang strategi dan risiko yang ada pada keduanya. Jika anda memahami konsep keduanya, anda tidak akan salah dalam memutuskan apakah ingin berinvestasi saham atau trading saham sesuai dengan ketertarikan dan visi anda.

Prinsip Kerja dan Tempo Waktu

Salah satu perbedaan saham dan trading adalah prinsip kerja dan tempo waktu. Kegiatan investasi saham difokuskan pada tempo jangka panjang. Hal ini karena dalam berinvestasi, kita mendapatkan sekian persen keuntungan dari modal yang kita tanam. Sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk balik modal dan mendapatkan keuntungan. Setelah hal tersebut tercapai, kita bisa untuk menjual saham yang sudah kita beli, atau bahkan menambah besaran investasinya.

Berbeda dengan investasi, trading saham dilakukan dalam jangka waktu yang singkat. Lama tidaknya waktu trading dipengaruhi oleh fluktuasi harga saham yang kita beli. Fluktuasi harga saham bisa terjadi dalam hitungan menit bahkan detik, sehingga seorang trader harus berhati-hati dalam memutuskan kapan harus jual dan kapan harus beli.

Strategi dalam Memperoleh Profit

Bedanya investasi saham dan trading juga dapat ditemukan dalam hal strategi untuk memperoleh profit. Investasi saham dilakukan dalam jangka panjang, sehingga seorang investor tidak terlalu peduli dengan naik-turunnya harga saham. Fokus seorang investor adalah pada performa perusahaan yang dapat dilihat dari laporan keuangan tahunan perusahaan, pencapaian perusahaan, maupun perkembangan sahamnya dari waktu ke waktu. Memutuskan untuk berinvestasi pada perusahaan dengan fundamental yang kokoh dapat menekan resiko kerugian yang ada.

Baca Juga:  Perbedaan Trading dan Investasi Saham yang Wajib Dipahami

Sementara itu, seorang trader lebih fokus kepada analisa pergerakan saham dalam jangka pendek. Kondisi terkini yang terjadi di pasar juga harus diperhatikan oleh seorang trader. Maraknya pembelian saham ketika harga turun atau penjualan saham ketika harga naik juga mempengaruhi harga pasar. Jangan sampai Anda ketinggalan dan telat dalam mengambil keputusan.

Risiko investasi dan trading saham

Dalam hidup segala hal yang kita pilih memiliki risiko. Semua jenis usaha pasti memiliki risikonya masing-masing. Setiap keputusan ada risikonya, begitu juga dengan investasi dan trading. Adapun risiko investasi dan trading saham adalah dalam hal kerugian dan jangka waktu.

Ada perbedaan trading dan investasi saham dalam hal risiko jika dilihat dari ulasan sebelumnya. Risiko trading lebih besar dibandingkan investasi saham. Meskipun trading memiliki resiko tinggi, anda dapat memperoleh keuntungan yang besar dalam waktu singkat jika anda ahli dan mahir dalam menganalisis naik dan turunnya saham, menyusun strategi dan mengambil keputusan yang tepat. Namun Anda juga bisa rugi besar jika hasil analisis yang anda buat salah dan tentu akan menyebabkan kerugian.

Perbedaan trading dan investasi saham juga bisa dilihat dari cara seorang investor dan trader dalam menentukan atau membeli sahamnya. Seorang trader umumnya memilih saham yang baru naik di bursa saham karena harganya yang lebih murah. Trader juga dapat memilih saham yang memiliki fluktuasi harga yang tidak tinggi untuk menekan resiko kerugian yang ada.

Sementara itu, seorang investor justru memilih untuk menanamkan modal pada perusahaan yang terkenal dan memiliki performa yang baik meskipun harganya lebih tinggi dibanding perusahaan yang belum terkenal. Kepercayaan terhadap perusahaan yang bagus dan terkenal lebih tinggi karena sudah jelas sepak terjangnya dan bagaimana perusahaan tersebut dalam menjalankan bisnisnya serta mengolah dana dari investor. Selain itu juga dapat menekan resiko kerugian, memperoleh profit yang baik, dan kemudahan dalam penjualan kembali aset tersebut.

Baca Juga:  Pahami Perbedaan Saham Dan Reksadana Sebagai Investasi Jangka Panjang

Fasilitas yang didapatkan

Bedanya antara investasi dan trading juga dalam hal manfaat dan fasilitas yang didapatkan. Seorang investor dapat menikmati keuntungan berupa dividen dalam bentuk saham atau uang tunai, bonus, dan pemecahan saham. Apabila suatu saat perusahaan dengan fundamental kuat mengalami kerugian, maka seiring waktu kerugian tersebut akan dipulihkan. Sedangkan trading tidak mendapatkan fasilitas diatas, melainkan mendapatkan manfaat dari keuntungan secara langsung.

Setelah membaca ulasan di atas, secara garis besar Anda tentu sudah paham tentang perbedaan investasi saham dan trading, dari keduanya mana yang membuatmu tertarik? Apakah Anda memilih menjadi seorang trader? Atau bahkan menjadi seorang investor? Bagi Anda yang memilih menjadi investor, Anda bisa berinvestasi setelah mengetahui profil perusahaan lalu bersantai kemudian. Sementara menjadi seorang trader membutuhkan waktu lebih banyak untuk menganalisis harga pasar. So, bagi Anda yang memiliki banyak kesibukan dan tidak cukup waktu untuk menganalisis kondisi pasar, menjadi investor adalah solusinya.