Tips Trading Saham Harian Yang Harus Diterapkan

Tips Trading Saham Harian – Trading harian adalah salah satu kegiatan jual beli saham yang bisa dilakukan dalam satu hari sekali, bahkan berkali-kali. Kalau dilakukan dengan benar, Anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat-lipat. Kalau Anda masih pemula, tetapi ingin terjun ke trading harian juga tidak masalah, tidak perlu bingung. Simak beberapa tips trading saham harian berikut ini supaya untung terus.

Memiliki Pengetahuan Tentang Trading yang Luas

Rasanya memiliki pengetahuan tentang hal yang akan digeluti adalah hal dasar yang harus dipenuhi. Selain pengetahuan mengenai prosedur trading paling dasar, Anda juga harus mengikuti setiap berita mengenai pasar saham ataupun peristiwa yang mempengaruhi saham. Contohnya saja prospek ekonomi, berita-berita keuangan Negara maju, dan lain sebagainya.

Menggunakan Aplikasi Trading Terpercaya

Anda juga harus memilih secara teliti aplikasi trading saham harian yang akan digunakan. Jangan sampai menjadi korban oknum yang memanfaatkan situasi untuk mendapat keuntungan dari ketidak telitian Anda. jangan sampai tertipu aplikasi trading yang memberikan penawaran yang kalau difikir tidak masuk akal. Langsung gunakan saja aplikasi yang sudah terbukti dan terpercaya.

Memulai dengan Nominal Rendah

Kalau Anda benar-benar mulai dari awal, jangan memasang nominal yang tinggi. Tips trading saham harian yang bisa dilakukan adalah dengan Coba dulu dengan nominal rendah. Coba pelajari saja dahulu alurnya, terlebih dalam trading saham ini Anda mempertaruhkan uang tersebut, kalau salah, bisa rugi. Kalau sudah hafal dengan seluk beluknya, kedepannya bisa ditambah lagi nominal modal Anda.

Baca Juga:  Waspada Dalam Memilih Signal Trading Forex Gratis

Menggunakan Teknik Scalping

Teknik Scalping merupakan salah satu strategi trading harian yang cukup terkenal. Teknik ini membuat Anda menerapkan analisis teknikal dan memasang target 5%, kemudian baru dijual. Untuk mengontrol fluktuasi saham, akan lebih direkomendasikan untuk memilih saham blue chip supaya lebih likuid. Kemudian alokasikan pada investasi dengan nilai maksimum 15%.

Jangan Lupa Buat Trading Plan

Cara trading saham harian selanjutnya adalah dengan membuat trading plan. Ini merupakan  rencana penjualan saham yang akan dijadikan pedoman selama investasi. Komponen-komponennya adalah daftar saham yang akan dipilih untuk trading. Kemudian titik entry atau pembelian, titik exit atau penjualan. Terakhir adalah titik cut loss atau penjualan saham ketika ada penurunan harga supaya tidak terlalu rugi banyak.

Menyisihkan Dana

Setelah trading beberapa kali, Anda coba sisihkan dana supaya mengurangi resiko kerugian setiap melakukan trading. Bahkan sudah banyak trader yang memiliki resiko kurang dari 1% sampai 2% pada setiap trading. Jadi konsepnya adalah dengan menyisihkan jumlah surplus yang didapat ketika selesai menjual saham, jangan diambil semua.

Memilih Jenis Saham yang Tepat

Nah, ini adalah tips trading saham harian penting yang tidak boleh dilewatkan. Anda harus memilih jenis saham yang tepat. Setidaknya ada 2 pilihan yaitu Saham Likuiditas yang berarti volumenya tinggi. Jadi kalau transaksi dengan saham ini bisa untung besar, harga sahamnya juga tidak berubah secara signifikan. Kemudian ada Saham Volatilitas yang membuat Anda bisa jual beli dengan saham yang bergerak cepat.

Menggunakan Teknik Swing Trader

Tips trading saham harian selanjutnya ada teknik yang bisa Anda coba yaitu dengan Swing Trader. Teknik ini biasa dilakukan ketika dalam posisi sideways. Biasanya menggunakan strategi average down. kemudian untuk incaran keuntungan nya ada di kisaran 15% sampai dengan 30%, cukup tinggi bukan? jangan lupa cari penerbit saham yang fundamentalnya sehat dan manajemen keuangannya baik.

Baca Juga:  Proses Belajar Trader Pemula Yang Perlu Diingat

Perhatikan Setiap Risk/ Reward

Risk/Reward ini bisa juga disingkat dengan R/R Ratio yang merupakan indikator dalam mengukur perbandingan diantara apakah akan berpotensi profit atau malah beresiko rugi dalam trading harian tersebut. Caranya adalah dengan membagi besaran resiko kerugian dengan berapa potensi keuntungan yang akan didapat. Ini semua didasarkan pada trading plan yang telah dibuat.

Menyisihkan Waktu Khusus

Menyisihkan waktu khusus untuk trading adalah suatu kewajiban. Anda tidak bisa melakukannya bersamaan dengan pekerjaan lain. apalagi kalau Anda hanya memiliki waktu yang terbatas, sebaiknya jangan lakukan trading terlebih dahulu. Tips trading saham harian ini memang cukup simpel, tapi dampaknya bisa cukup besar untuk keuntungan yang akan didapat.

Melakukan Trading dengan Sabar

Selain menyisihkan waktu khusus untuk trading saham, Anda juga harus melakukannya dengan sabar. Hal ini  untuk meminimalkan ketidak telitian yang berakhir Anda menjadi rugi. Apalagi kalau masih menjadi trader pemula, maka akan merasakan kebingungan dalam mengelola saham. Oleh karena itu harus sabar menunggu kenaikan harga, baru melakukan penjualan.

Menggunakan Teknik Rally

Salah tips trading saham harian yang cukup direkomendasikan untuk Anda adalah melakukan teknik rally. Kuncinya disini lagi-lagi adalah kesabaran karena harus mengincar harga yang benar-benar sedang anjlok, baru mulai beli saham tersebut. ini bisa dilakukan untuk trading harian maupun jangka panjang.

Selalu Disiplin dalam Menjalankan Trading Plan

Sudah menerapkan trading plan? Anda harus selalu disiplin dalam menjalankannya. Memang cukup sulit untuk tetap sesuai dengan rencana karena ada beberapa hal tidak terduga yang mempengaruhi. Meskipun begitu, trading plan adalah perencanaan yang dilakukan ketika Anda belum panik, jadi akan lebih baik kau coba untuk lebih disiplin dalam menjalankannya.

Baca Juga:  Penasaran Apa itu Trading Binomo? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

Jangan Trading pada Saham yang terlalu Fluktuatif

Tips trading saham harian selanjutnya adalah dengan menghindari trading saham yang terlalu fluktuatif. Ada beberapa saham yang pergerakannya cukup cepat atau para trader menyebutnya saham gorengan. Ini karena pergerakannya berlangsung secara cepat. Harga saham akan mengalami lonjakan dan penurunan juga dalam waktu cepat. Ini cukup berbahaya dan beresiko.

Selalu Lakukan Manajemen Keuangan

Jangan lupa untuk selalu melakukan manajemen keuangan yang baik. Kemudian Anda juga bisa melakukan strategi khusus untuk pengelolaan dana trading ini. cara yang bisa dilakukan cukup banyak diantaranya adalah dengan memisahkan setiap dana yang tersedia. Selain itu juga bisa membatasi jumlah dari saham yang akan dibeli. Ini akan mengurangi kemungkinan atau resiko kerugian yang bisa Anda alami.

Melakukan Analisa Saham

Trading saham mau yang jangka panjang maupun jangka pendek seperti harian, Anda juga harus terlebih dahulu menganalisisnya. Coba baca pergerakan dari harga saham. Kemudian cari waktu terbaik kalau mau melakukan transaksi dan lakukan perhitungan-perhitungan lainnya. Anda juga bisa mencoba belajar analisis saham dari berbagai media, biasanya dipromosikan. Sudah banyak trader yang sukses kemudian membagikan beberapa triknya.

Jangan Memasukkan Semua Modal dalam 1 Transaksi

Tips trading saham harian terakhir adalah dengan tidak memasukkan semua modal yang dimiliki hanya pada satu transaksi saham saja. Coba gunakan beberapa persen modal terlebih dahulu. Kemudian jalankan. Akan lebih baik kalau Anda memiliki saham di beberapa tempat sehingga bisa tahu mana yang akan mendapat keuntungan besar ataupun mana yang akan rugi. Kerugian juga tidak akan terasa berat karena keuntungan yang didapat bisa meng-covernya.

Artikel Terkait