4 Cara Melihat Harga Saham Di IDX Yang Benar Dan Mudah

Cara Melihat Harga Saham Di IDX – Ada banyak jenis investasi bagi pemula yang bisa dicoba untuk menambah pemasukan, salah satunya adalah investasi saham. Selain menawarkan keuntungan, semua jenis investasi pasti memiliki risiko. Besar kecilnya risiko yang harus ditanggung juga tergantung dari jenis investasi yang dipilih. Namun, makin tinggi resikonya, keuntungan yang didapat juga semakin besar. Saham adalah salah satu produk investasi yang sekarang semakin diminati karena timbal balik yang didapatkan sangat menjanjikan.

Ada beberapa hal dasar yang harus Anda pahami saat ingin memulai investasi saham seperti paham cara melihat harga saham di IDX, mampu menganalisa saham, serta mengetahui risiko pada tiap-tiap investasi. Artikel kali ini akan mengulas lebih jauh tentang tips membeli saham, melihat harga saham di IDX, peluang dan risikonya, serta hal-hal terkait lainnya secara lengkap.

Pengertian Saham

Saham saat ini menjadi produk investasi pilihan banyak orang yang cukup populer. Cara kerja dari investasi saham yaitu menitipkan sejumlah uang sebagai modal investasi pada suatu perusahaan. Dengan membeli saham, Anda ikut serta dalam kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Artinya Anda pun resmi menjadi salah satu pemilik saham di perusahaan yang dipilih. Nantinya setiap pemilik saham berhak untuk mendapatkan timbal balik berupa dividen yang jumlahnya tergantung dari nominal saham yang dibeli. Selain mendapatkan dividen, seorang investor saham juga berhak atas kepemilikan perusahaan, aset perusahaan, serta menghadiri RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

Perlu Anda ketahui, laba yang didapat dari investasi saham tidak hanya dividen saja, tapi juga capital gain. Dividen adalah pembagian laba perusahaan ke semua pemilik saham yang diberikan setelah melalui persetujuan Dewan Direksi dalam RUPS. Umumnya, dividen yang dibayarkan ke pemilik saham bisa berupa saham atau uang cash. Namun, untuk bisa mendapatkannya Anda harus menjadi investor dalam kurun waktu yang lama. Sedangkan capital gain adalah laba yang didapatkan dari selisih harga jual beli saham.

Baca Juga:  Ketahui Apa Itu Trading Saham, Keuntungan, Dan Tips Memulainya

Risiko dari Investasi Saham

Perlu ditekankan bahwa risiko investasi saham cukup besar. Oleh sebab itu, saat memilih saham perusahaan yang menjanjikan capital gain yang tinggi, Anda juga harus bersiap dengan risiko kerugiannya yang tak kalah tinggi juga. Bursa saham memang penuh dengan ketidakpastian, ada kalanya sebuah saham menunjukan performa yang semakin buruk sehingga mau tidak mau penanam modal terpaksa menjualnya agar jumlah kerugian yang harus ditanggung tidak terlalu besar.

Belum lagi jika perusahaan saham yang Anda punya mengalami kebangkrutan. Apabila hal ini terjadi maka Anda harus bersiap menelan pil pahit. Risiko yang harus Anda tanggung kemungkinan ada dua yaitu mendapatkan sisa aset perusahaan yang harus dibagi rata dengan investor yang lain atau tidak mendapatkan uang sepeser pun karena tidak ada yang tersisa di perusahaan.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Investasi Saham

Walaupun menjanjikan keuntungan yang menggiurkan, namun investasi saham bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda pelajari serta analisa agar investasi yang dilakukan tidak merugikan. Berikut adalah faktor-faktor yang wajib Anda perhatikan sebelum berinvestasi.

1. Melihat Harga Saham

Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah mengetahui harga saham. Anda bisa melihatnya di IDX (Indonesia Stock Exchange) atau Bursa Efek Indonesia. Dalam hal ini, Anda tak hanya bisa mengetahui harga saham, tapi juga laporan profit dan kerugian, serta utang piutang secara transparan. Oleh sebab itu Anda harus memahami cara melihat harga saham di IDX dengan benar agar bisa melakukan investasi yang menguntungkan.

2. Menyelidiki Profil dan Riwayat Perusahaan

Selain mencari harga saham di IDX, Anda juga sebaiknya menyelidiki profil dan riwayat perusahaan yang akan dipilih. Meski Bursa Efek Indonesia sudah menjamin reputasi dan kredibilitas semua perusahaan yang terdaftar di pasar modal, tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap melakukan riset ke perusahaan yang akan diinvestasikan. Beri perhatian lebih pada riwayat keuangan perusahaan, dan pastikan perusahaan tersebut tidak pernah bermasalah dengan hukum. Hal ini sangat penting karena akan menjauhkan Anda dari risiko kegagalan.

Baca Juga:  Perbedaan Trading dan Investasi Saham yang Wajib Dipahami

3. Mempelajari Rasio Vital Perusahaan

Penting hukumnya untuk melakukan pengecekan terhadap rasio vital perusahaan sebelum melakukan investasi karena hal tersebut berkaitan dengan jumlah dividen yang akan diterima. Selain itu, dengan mempelajari pergerakan rasio, Anda jadi bisa memastikan nasib sebuah perusahaan di masa depan. Hal-hal yang berhubungan dengan rasio vital yang wajib Anda cek lebih dulu meliputi Net Profit Margin (NET), Return on Equity (ROE), dan Return on Asset (ROA).

4. Lakukan Setoran Awal Sesuai Dana yang Dimiliki

Walaupun menjanjikan laba yang fantastis, tapi jangan tergesa-gesa untuk langsung berinvestasi dalam jumlah yang besar. Anda bisa memilih investasi yang setoran awal minimumnya sesuai dengan kondisi keuangan saat ini.

5. Paham dengan Setiap Risiko Produk Investasi

Setiap produk investasi pastinya memiliki risiko sendiri-sendiri. Hal-hal terkait risiko penanaman modal yang bisa saja terjadi tersebut biasanya sudah tercantum dalam perjanjian. Oleh sebab itu, Anda juga harus memahami sekaligus bersiap dengan risiko yang harus ditanggung apabila mengalami kerugian saat investasi saham.

6. Bandingkan Keuntungan yang Ditawarkan

Saat ingin berinvestasi jangan hanya fokus pada perusahaan besar saja. Jika Anda jeli, maka Anda juga bisa menemukan perusahaan menengah ke bawah yang menjanjikan keuntungan yang cukup tinggi.

Cara Melihat Harga Saham di IDX yang Benar

Mencari harga saham di IDX adalah suatu faktor penting yang harus bisa Anda lakukan saat ingin menanamkan modal. Di bawah ini telah terangkum langkah-langkah dan cara melihat harga saham di IDX yang benar dan mudah.

  1. Buka browser pada perangkat gadget dan masuk ke situs idx.co.id.
  2. Pada kolom bagian kanan atas, Anda bisa memilih menu “Data Pasar”, kemudian lanjutkan dengan memilih “Ringkasan Perdagangan”, dan klik “Ringkasan Saham”.
  3. Atur tanggal harga saham yang ingin diperiksa dan saring informasi yang ingin diketahui. Anda bisa memilih “Kode Saham”, “Nama Perusahaan”, “Nilai”, dan sebagainya.
  4. Klik “Cari”, kemudian semua harga saham dari seluruh perusahaan yang dicari akan tertampilkan di layar monitor.
Baca Juga:  Robot Trading, Invest Kilat Tanpa Repot

Cara melihat harga saham di IDX bukan satu-satunya metode yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui semua harga saham yang diinginkan. Anda juga bisa mencari harga saham lewat Google, yahoo Finance, atau aplikasi RTI Business.

Demikian rangkaian informasi yang bisa Anda simak terkait pengertian saham, risiko saham, faktor-faktor yang wajib diperhatikan saat akan berinvestasi, serta cara melihat harga saham di IDX. Semoga informasi di atas bermanfaat terutama bagi Anda yang ingin terjun ke dunia investasi saham. Jenis investasi ini pastinya juga membutuhkan proses belajar yang panjang agar Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan minim resiko kegagalan.