9 Peluang Bisnis Yang Menguntungkan Saat Pandemi

Bisnis Yang Menguntungkan Saat Pandemi – Pandemi bukanlah suatu alasan untuk tidak bisa melakukan, manusia yang kreatif akan tetap produktif dikala pandemi dengan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menghasilkan cuan. Memang, semenjak pandemi kehidupan perekonomian masyarakat Indonesia mengalami penurunan. Banyak diantaranya para karyawan yang harus diberhentikan dari pekerjaannya, bisnis-bisnis banyak yang gulung tikar dan bangkrut semenjak diberlakukannya PPKM. Namun, kehidupan tetap harus berjalan dan tidak seharusnya berlarut-larut merenungi nasib. Masyarakat harus tetap bangkit dan menghadapi pandemi dengan ide-ide kreatif yang bisa menghasilkan uang untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan memberikan keuntungan yang lebih besar.

Bisnis Yang Menguntungkan Saat Pandemi

Berikut ini ide bisnis yang menguntungkan saat pandemi yang bisa Anda ikuti:

1. Bisnis jualan online

Semenjak pandemi, masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah saja. Kebanyakan dari mereka lebih sering menghabiskan waktunya dengan bermain ponselnya. Sehingga, peluang untuk berbelanja online semakin besar. Karenanya bisnis yang menguntungkan saat pandemi seperti ini. Akses yang mudah untuk berjualan online juga telah disediakan berbagai platform seperti e-commerce, sosial media, website, dan sebagainya. Terutama di Indonesia sendiri marketplace sudah banyak dikenal di seluruh pelosok bahkan mancanegara. Sehingga memudahkan Anda dalam menjalani bisnis online, apalagi bisnis Anda berkaitan dengan kebutuhan masyarakat, seperti produk-produk kesehatan, kebutuhan pokok, dan sebagainya. Tergantung sasaran customer yang Anda targetkan untuk membeli produk Anda.

Baca Juga:  7 Jualan Online Yang Paling Laku Saat Ini

Bisa juga bisnis online produk-produk kecantikan yang saat ini banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari yang berusia muda hingga ibu-ibu yang gemar merawat wajah dan tubuh. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menjual produk-produk berkualitas dengan harga yang kompetitif. Berbisnis produk kecantikan melalui digital akan mudah mendapatkan pelanggan dan termasuk salah satu bisnis yang menguntungkan saat pandemi. Tidak hanya wanita ditengah pandemi seperti ini pria juga saat dirumah saja akan lebih intens dengan merawat dirinya. Anda tinggal membuat kemasan produk yang menarik, konten, logo, dan masih banyak lagi yang bertujuan untuk menarik perhatian pelanggan membeli produk yang Anda perjualkan. Jika belum mampu membuat produk sendiri, Anda bisa menjual produk dari label-label ternama yang kualitasnya tidak perlu diragukan kembali.

2. Berbisnis kuliner

Meskipun pandemi, usaha kuliner memang tidak pernah ada surutnya. Masyarakat Indonesia sendiri lebih suka ngemil dan kulineran. Di kala pandemi, orang-orang masih bisa memesan makanan melalui online, baik makanan fast food, makanan sehat, camilan, dan sebagainya. Ada banyak kemudahan yang diberikan melalui platform digital, mulai dari pemesanan, pembayaran, pengantaran, sampai pada penerimaan barang atau makanan ke konsumen. Selain itu, bisnis kuliner juga bisa dilakukan dengan 2 metode, offline dan juga online. Sehingga, bisnis kuliner ini memiliki peluang yang menjanjikan untuk karir bisnis Anda.

Akan tetapi, bisnis kuliner ini juga diimbangi dengan kualitas rasa dari produk makanan tersebut, jika rasanya enak dan diterima di masyarakat bisnis kuliner Anda akan cepat ramai oleh pengunjung. Apalagi bisnis kuliner Anda masuk ke marketplace, tentunya akan sangat mudah mendapatkan konsumen dan mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar. Selain itu, Anda bisa membuka bisnis catering untuk acara-acara penting. Bisnis catering memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar juga. Oleh karena itu, bisnis ini cocok dan tepat untuk dilakukan di tengah pandemi.

Baca Juga:  7 Ide Usaha Online Shop Terlaris Dengan Jenis Barang Yang Diminati Pasar

3. Bisnis bimbel online

bisnis yang menguntungkan saat pandemi ke tiga seperti ini, peluang bisnis bimbel online semakin besar dikarenakan anak-anak lebih banyak belajar melalui daring. Bisnis bimbel online ini banyak dicari para orang tua yang menginginkan anaknya tetap belajar dirumah agar lebih efektif dan mengikuti peraturan dari pemerintah untuk menekan virus yang menyebar. Bisnis bimbel secara online ini akan memberikan banyak keuntungan dan membantu para siswa untuk tetap belajar setelah jam belajar di sekolah berkurang. Dengan begitu bisnis ini memberikan peluang yang potensial dan memiliki prospek untuk mengembangkan bisnis kedepannya.

4. Bisnis budidaya tanaman hias

Bisnis yang menguntungkan saat pandemi selanjutnya, budidaya tanaman hias juga menjadi paling populer di tengah pandemi. Aktivitas menanam tanaman hias menjadi salah satu kegiatan yang menarik dan menguntungkan di kala pandemi. Banyak orang-orang yang menghabiskan waktunya untuk menanam tanaman hias sebagai bentuk dari keindahan. Para pecinta tanaman hias pun tidak mau ketinggalan untuk mengoleksi tanaman hias yang unik dan langka. Pecinta tanaman hias berani membayar mahal jika tanaman hias yang dijual memang indah dan susah didapatkan.

5. Bisnis budidaya ikan hias

Bisnis yang menguntungkan saat pandemi berikutnya adalah budidaya ikan hias. Bisnis ini juga termasuk paling digemari saat pandemi, selain orang-orang demam dengan tanaman hias, demam ikan hias pun menjadi cukup populer. Tentunya, bisnis budidaya ikan hias ini memberikan keuntungan yang besar dan menjanjikan. Terlebih bagi para pecinta tanaman hias, kegiatan ini menjadi peluang untuk memulai usaha dengan budidaya ikan hias.

6. Bisnis kerajinan tangan

Bagi Anda yang terampil membuat kerajinan tangan, ini bisa jadi bisnis yang menguntungkan saat pandemi. Sangat menjadi kesempatan bagus untuk memulai usaha kerajinan tangan. Ide bisnis ini cukup menarik dan tidak memiliki banyak persaingan dan hasil kerajinan tangan dihargai dengan nilai yang tinggi. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk promosi/iklan produk  kerajinan yang ingin diperjualbelikan.

Baca Juga:  Jualan Tanpa Modal? Emang Bisa? Simak Tips Berikut Ini

7. Menjadi dropshipper dan reseller

Jika Anda sulit memulai bisnis dengan modal yang minim atau tidak mempunyai model sama sekali, Anda bisa menjadi reseller ataupun dropshipper tanpa harus mengeluarkan modal. Jika mau menekuni 2 bidang ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan memanfaatkan platform pasar digital yang sudah diakui di Indonesia.

8. Bisnis pembayaran BPJS, PLN, pulsa, dan sebagainya

Bisnis yang menguntungkan saat pandemi selanjutnya adalah Bisnis membuka loket pembayaran juga memberikan keuntungan ditengah pandemi seperti ini. Seperti pembayaran PLN, BPJS, pulsa, dan sebagainya. Pandemi seperti ini, orang-orang menjadi lebih sering dan tidak ingin bepergian jauh. Dengan menggunakan jasa pembayaran, orang-orang akan dimudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran yang ingin digunakan oleh customer. Anda juga bisa memanfaatkan platform digital yang menyediakan fitur transaksi pembayaran yang telah disebutkan diatas.

9. Bisnis berjualan sembako

Bisnis ini biasanya lebih banyak menguntungkan, sembako adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh masyarakat untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Dengan berjualan sembako akan lebih sering kedatangan pengunjung apalagi sembako tersebut untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Berjualan sembako melalui offline bukanlah satu-satunya bisnis yang dilakukan secara offline melainkan juga bisa berjualan melalui online. Jika harga yang ditawarkan masih ramah dikantong tentu akan memberikan peluang untuk bisnis Anda di masa depan.

Demikianlah beberapa bisnis yang menguntungkan saat pandemi yang bisa Anda pertimbangkan saat memutuskan memulai berbisnis. Persaingan bisnis memang cukup ketat dan membutuhkan ide-ide kreatif dan juga strategi pemasaran yang tepat sasaran untuk kesuksesan bisnis Anda. Itulah tadi informasi untuk Anda, selamat mencoba dan sukses dalam berbisnis.