Mengelola Bisnis Budidaya Ikan Cupang Yang Menguntungkan

Jika Anda ingin memelihara hewan yang bisa mendatangkan banyak keuntungan, maka untuk salah satu jenis hewan yang bisa dipilih adalah ikan cupang. Jenis ikan ini adalah ikan hias yang dibilang cukup populer di dunia. Ikan cupang sendiri memiliki warna yang sangat cantik dengan ukurannya yang kecil. Ikan ini juga menjadi ikan yang bisa membantu beberapa orang yang mengalami stress. Selain membantu untuk mengurangi stress menurut beberapa orang, ada juga beberapa orang yang memanfaatkannya dengan budidaya ikan cupang.

Apa Sajakah Fakta dari Ikan Cupang?

Sebelum memutuskan untuk membudidayakan salah satu jenis ikan yang menguntungkan yaitu jenis ikan cupang ini sendiri, maupun budidaya lobster air tawar, maka ada beberapa informasi yang harus dipahami tentang ikan cupang. Ikan ini sendiri adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari genus Betta. Untuk budidaya ikan cupang ini sendiri juga terbagi menjadi 3 golongan. Baik ikan cupang hias, cupang aduan, sampai dengan cupang liar.

Sedangkan untuk variasi genetisnya sendiri, untuk jenis ikan cupang ini bisa dibilang cukup sulit untuk diperhitungkan dengan angka. Apalagi jenis ikan cupang sendiri memiliki ragam serta bentuk yang berbeda-beda. Bahkan jenis ikan ini juga dianggap sebagai jenis ikan aduan. Penyebab harga ikan cupang yang bisa mencapai puluhan juta ini sendiri juga karena ikan ini tidak mudah dihasilkan atau dikembangbiakkan.

Meskipun yang bisa berkembang biak apalagi dalam jumlah yang banyak, jenis ikan cupang ini sendiri yang nantinya akan bermutasi warna-warna cantik atau warna yang diinginkan tidaklah mudah. Bahkan bukan hanya itu saja, ada beberapa hal yang menyebabkan ikan cupang ini bisa dibilang cukup sulit untuk dikembangbiakkan. Alasannya karena harganya yang terbilang cukup mahal, untuk itulah harga ikan cupang yang dijual di pasaran sendiri juga dibilang cukup mahal.

Mengenal Cara Budidaya Ikan Cupang

Ada banyak cara budidaya ikan cupang yang bisa Anda terapkan ketika sudah tertarik dan berniat untuk membangun bisnis ini. Untuk beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut ini:

1. Menyiapkan Rumah untuk Ikan Cupang

Ada banyak orang yang menganggap apabila ikan ini tidak membutuhkan akuarium yang besar bahkan pemberian filter. Padahal, hal ini adalah salah satu hal yang fatal karena akuarium ikan cupang yang kecil justru lebih mudah kotor dan membuat lingkungan hidup cupang ini kotor. Lingkungan yang kotor bisa membuat ikan cupang bisa lebih cepat mati.

Ikan cupang sendiri adalah salah satu jenis ikan tropis yang pastinya membutuhkan air bersih. Untuk itulah pemberian filter air sendiri memang sangat dibutuhkan pada saat Anda ingin melakukan budidaya khususnya budidaya ikan yang sangat unik dan cantik ini yaitu ikan cupang sendiri. Biasanya beberapa ikan yang mudah terkena penyakit ini dikarenakan air yang keruh karena akuarium yang tidak menggunakan filter atau tidak sering dibersihkan.

2. Menyiapkan Peralatan Budidaya Ikan Cupang

Cara kedua yang bisa dilakukan dengan mempersiapkan alat dan bahan budidaya ikan cupang. Ada banyak kesalahan yang dilakukan oleh banyak orang pada saat mereka ingin mencoba untuk mengembangbiakkan ikan cupang sendiri di akuarium biasa. Padahal, ikan cupang sendiri akan membutuhkan tangki secara khusus yang dapat digunakan untuk mengembangbiakkan ikan itu sendiri. Alasannya tentu karena ikan cupang ini cukup rapuh bahkan akan selalu membutuhkan air yang memang kondisinya selalu bersih.

3. Menyiapkan Indukan Ikan Cupang

Setelah itu, Anda juga harus mempersiapkan indukan ikan cupang yang akan dibudidayakan nantinya. Langkah ini sendiri adalah langkah yang paling krusial atau bahkan langkah yang dianggap paling penting. Apalagi keberhasilan di dalam mengembangbiakkan ikan cupang ini sendiri bisa berdasarkan dari pasangan yang akan melakukan pengembangbiakan yang akan dipilih nantinya. Maka Anda wajib untuk mencari peternak ikan cupang sendiri yang sudah memiliki reputasi terbaik yang memiliki indukan-indukan yang berkualitas pastinya.

Ikan cupang sendiri sangat baik apabila melakukan perkembangbiakan ketika masih muda. Biasanya, untuk usia perkembangbiakan ini akan dimulai dari usia 4 sampai dengan 12 bulan. Sedangkan usia maksimalnya nanti adalah 14 bulan. Apabila ikan cupang memiliki genetika yang buruk, maka burayaknya bisa menjadi lebih mudah sakit.

4. Mempersiapkan Tempat untuk Indukan Cupang Berkembang Biak

Biarkan ikan cupang untuk bisa melakukan adaptasi dengan lingkungan barunya biasanya untuk beradaptasi ini akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 1 bulan, dan untuk waktu minimalnya sendiri adalah 2 minggu. Selama penyesuaian waktu adaptasi ini sendiri, maka Anda wajib untuk memantau kesehatan ikan-ikan ini dan pastikan bahwa mereka tidak akan mudah terkena penyakit. Kemudian berilah ikan cupang Anda beberapa makanan hidup biasanya ada sejumlah cacing merah yang dijual untuk bisa diberikan kepada ikan cupang sendiri.

Pemberian makanan hidup ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kadar karotenoid di dalam ikan cupang yang jantan dan bisa membuat ikan cupang jantan lebih sehat bahkan lebih cerah. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan tangki pengembangbiakan dengan baik. Usahakan untuk mempersiapkan tempat ini tanpa ada beberapa gangguan apa saja yang nantinya ada di dekat tangki atau beberapa hal yang akan berdekatan dengan aktivitas yang dilakukan oleh manusia.

5. Menyatukan Ikan Cupang Betina dan Jantan dalam 1 Tempat

Apabila nantinya tangki untuk budidaya ikan cupang ini sudah berada di kondisi terbaik, maka peralatan tangki pun sudah lengkap. Anda bisa mulai mengenalkan antara jantan dan juga betina. Pertama-tama, carilah pemisah di dalam tangki yang akan ditempatkan oleh si jantan dan betina. Jangan satukan di dalam 1 tempat yang sama untuk mereka melakukan adaptasi terlebih dahulu. Biasanya, waktu adaptasi ini akan membutuhkan waktu selama kurang lebih 30 menit.

Isi air di dalam tangki dengan ukuran kurang lebih 7 sampai dengan 10 cm. Ikan yang nantinya baru menetas ini akan merasa kesulitan untuk bisa meraih permukaan untuk mereka bisa bernapas hingga pada akhirnya jika airnya terasa terlalu dalam maka bisa tambahkan filter dan spons serta pompa di dalam tangkinya sendiri. Jangan lupa juga untuk menambahkan pemanas untuk bisa menghasilkan suhu di dalam air yang sempurna pastinya.

Ada banyak keuntungan dan kerugian budidaya ikan cupang yang bisa saja didapatkan pada para calon pembudidaya ikan cupang. Hanya saja, jika mereka sudah belajar memahami tentang apa-apa saja yang bisa dilakukan ketika melakukan budidaya ikan ini sendiri, maka mereka bisa menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang besar.

Jadi, itulah sebagian informasi yang wajib dipelajari bagi para calon-calon peternak ikan cupang. Jangan lupa untuk mempromosikan bisnis yang sedang Anda jalankan saat ini dengan menerapkan banyak perkembangan dalam dunia teknologi. Budidaya ikan cupang ini bisa dilakukan dengan menjualnya di social media, website maupun yang lainnya.

Artikel Terkait