Macam-Macam Asuransi BRI yang Banyak Digunakan Masyarakat

Macam-Macam Asuransi BRI – Salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik yang ada di Indonesia adalah BRI life. Perusahaan asuransi tersebut berada dibawah pengelolaan PT Bank rakyat Indonesia. Tentu saja banyak sekali produk yang bisa dipilih nasabah melalui BRI life.

Kali ini kita akan membahas tentang macam-macam asuransi BRI sehingga Anda bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa contoh dari produk BRI life yang banyak digunakan masyarakat berupa asuransi kesehatan, asuransi unit link, asuransi jiwa, asuransi karyawan, dan lain-lain. Pastinya semua itu akan memberikan manfaat kepada para nasabah yang rajin membayar premi. Cocok digunakan untuk mempersiapkan masa tua sejak dini.

Macam-Macam Asuransi BRI

Pada dasarnya BRI life menyediakan banyak sekali produk asuransi. Namun dalam pembahasan ini akan lebih terfokus pada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi karyawan, dan juga asuransi unit link BRI life. Langsung saja kita mulai pembahasan macam-macam produk asuransi BRI Life di bawah ini.

1. Asuransi Kesehatan BRI life

Hal yang paling wajib untuk dimiliki setiap masyarakat Indonesia adalah asuransi kesehatan. Sebaik apapun kita berusaha menjaga daya tahan tubuh tetapi aktivitas yang melelahkan juga bisa membuat imun turun. Selalu ada kemungkinan seseorang jatuh sakit tidak peduli masih seberapa muda. Kita bisa belajar dari pandemi covid 19 yang menyerang seluruh dunia.

Terlebih lagi bagi orang yang sudah tua dan hampir pensiun maka daya tahan tubuh sudah dipastikan akan semakin menurun dibandingkan dengan orang yang masih muda. Agar tidak membebani keuangan pribadi dan keluarga maka seseorang perlu memiliki asuransi kesehatan.

Baca Juga:  Ingin Tahu Berapa Gaji Bintara Polri, Yuk Intip Bersama

Biaya pertanggungan jadi tidak harus berasal dari tabungan sendiri tetapi akan diberikan oleh perusahaan asuransi. Orang yang sakit tidak lagi perlu memikirkan masalah pembengkakan biaya pengobatan dan hanya perlu berfokus untuk menyembuhkan diri.

Contoh asuransi kesehatan BRI life dengan polis Dasetera akan memberikan pertanggungan biaya pengobatan sampai dengan meninggal dunia. Jika nasabah sama sekali tidak melakukan klaim maka premi akan dikembalikan waktu masa polis sudah berakhir. Usia masuk maksimal seseorang adalah 75 tahun untuk mengambil polis dasetera ini.

Jumlah premi yang harus dibayarkan juga cukup terjangkau bagi sebagian besar orang. Hanya perlu mengeluarkan Rp 50.000 setiap bulannya dan sudah mendapatkan proteksi jiwa sekaligus. Rumah sakit yang menjadi rekanan dari asuransi BRI life ini juga cukup banyak mencapai lebih dari 800 rumah sakit. Tidak heran orang-orang yang menggunakan polisi ini berasal dari perorangan maupun korporasi.

2. Asuransi Jiwa

Macam-macam asuransi BRI selanjutnya yang akan kita bahas adalah asuransi jiwa BRI Life. Apabila seseorang sudah berkeluarga maka perlu untuk memikirkan nasib pasangan dan juga anaknya jika sewaktu-waktu meninggal dunia. Bagi seorang tulang punggung keluarga sudah seharusnya mempersiapkan keluarganya dengan memiliki asuransi jiwa dari BRI life.

Asuransi jiwa yang disediakan oleh BRI Life menawarkan premi yang cukup terjangkau mulai dari Rp 150.000 per bulan. Uang pertanggungan yang ditawarkan mulai dari 100.000.000 rupiah sampai dengan 1 miliar rupiah. Bagi yang berminat untuk mengambil polis asuransi jiwa BRI Life perlu mengetahui usia masuk maksimal dan minimal. Usia masuk minimal adalah 21 tahun sedangkan usia maksimal 70 tahun.

Apabila mendaftarkan untuk orang lain maka yang didaftarkan setidaknya harus berusia 18 tahun dan maksimal berusia 55 tahun. Apabila seorang pemegang polis meninggal dunia maka akan diberikan 100% uang pertanggungan bagian meninggal tanpa penyebab kecelakaan.

Baca Juga:  Ini Dia Prosedur Pengajuan Klaim Asuransi yang Perlu Anda Ketahui

Sedangkan tertanggung maupun pemegang polis yang meninggal akibat kecelakaan akan mendapatkan 200% dari uang pertanggungan. Jika para pemegang polis atau pihak tertanggung meninggal dunia diakibatkan kecelakaan saat menggunakan transportasi umum maka akan diberikan 300% uang pertanggungan.

Bagi Anda yang berminat untuk mengetahui nama dari produk asuransinya berupa Asuransi Jiwa Pelita. Sedangkan para pemegang polis atau tertanggung yang mengalami penyakit kritis atau cacat permanen akan diberikan 100% uang pertanggungan.

Lalu tambahan uang pertanggungannya akan diberikan sebesar 5% untuk tiap tahun di tahun pertama kemudian pengembalian premi sebanyak 25% dari uang yang sudah dibayarkan.

3. Asuransi Karyawan

BRI life juga meluncurkan produk yang ditujukan sebagai asuransi karyawan. Nama produknya adalah asuransi BRI Life Double Care. Program tersebut sengaja di luncurkan untuk memenuhi kebutuhan para karyawan terhadap perlindungan diri dan keluarganya.

Peluncuran dari asuransi BRI Life Double Care dimaksudkan sebagai perlindungan banyak keluarga karyawan yang mana hanya ada satu tulang punggung atau pencari nafkah.

Premi dari asuransi BRI Life Double Care sendiri sangat bervariasi mulai dari yang paling terjangkau Rp 500.000 per tahun. Sedangkan premi termahal bisa mencapai Rp 150 juta per tahun.

Uang pertanggungan yang diberikan berkisar mulai dari Rp 1 juta sampai dengan Rp 5 miliar per tahun. Tentu saja uang pertanggungan yang diberikan juga akan disesuaikan dengan premi perusahaan tempat bekerja para karyawan.

Produk dapat digunakan oleh perusahaan kecil yang mana jumlah pekerjanya minimal 5 orang. Karyawan akan dapat bekerja dengan lebih tenang karena sudah mendapatkan biaya pertanggungan dari perusahaan juga. 

4. Asuransi Unit Link 

BRI life juga meluncurkan produk yang berhubungan dengan proteksi dan investasi. Jenis produk ini sendiri juga terbagi menjadi banyak pilihan seperti asuransi BRI Life Link Optima, asuransi BRI life Link Proteksi, BRI Life Link Optima Syariah, dan lain-lain. Para pemegang polis dari jenis asuransi ini akan mendapatkan proteksi dan sekaligus dananya akan dipakai ke investasi.

Baca Juga:  Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Misalkan saja pada BRI Life Link Optima Syariah akan memberikan pelayanan yang berupa pemberian proteksi sekaligus investasi, gratis ujrah penarikan, dan juga ujrah MCU. Bahkan pengguna dari asuransi ini juga akan mendapatkan santunan ketika meninggal. Investasi pun akan dibayarkan kepada nasabah yang hidup di akhir asuransi.

Jenis produk asuransi unit link lainnya dari BRI Life adalah Davestera. Produk tersebut memang menyasar beberapa generasi milenial yang tertarik dengan dunia investasi. Jenis produk Davestera akan memberikan manfaat yang sangat banyak kepada nasabahnya.

Beberapa manfaat tersebut, seperti santunan meninggal dunia sebesar 100% JUP ditambah dengan hasil investasi. Kemudian terdapat manfaat tambahan yang juga diberikan dari para pemegang polis Davestera berupa santunan ketika mengalami penyakit kritis, perlindungan kesehatan, perawatan inap di rumah sakit, dan santunan meninggal dunia.

Ketentuan dari macam-macam asuransi BRI Life yang satu ini berupa usia masuk tertanggung 1 hingga 60 tahun dengan usia pemegang polis mulai dari 18 tahun hingga 60 tahun. Sedangkan masa pertanggungan akan berlaku sampai batas usia 100 tahun.

Namun para pemegang polis ini juga perlu memahami ketentuan dari penarikan nilai investasi yang mana minimal saldo yang ditarik harus Rp 1 juta untuk tiap polis. Hal yang menarik dari program ini adalah tidak dikenakan biaya penarikan hasil investasi.

 

Artikel Terkait