Mengenal Lebih Detail Proposal Pengajuan Penelitian

Proposal Pengajuan Penelitian – Apakah Anda sedang menulis proposal pengajuan Penelitian? Sebagai seorang mahasiswa, mengajukan sebuah proposal untuk melakukan penelitian adalah aktivitas yang wajar. Pengajuan ini digunakan untuk menyelesaikan tugas akhir  dalam perkuliahan.

Namun, contoh proposal ini tidak hanya untuk penelitian akhir kuliah saja, terkadang ada pengajuan proposal berdasarkan kebutuhan riset ilmu atau kebutuhan lomba, bahkan bisa juga untuk pengembangkan suatu bisnis.  Lebih jelasnya cobalah untuk menyimak penjelasan mengenai proposal penelitian berikut.

Apa Itu Proposal Penelitian?

Dalam sebuah pengertian proposal dan penelitian itu sebuah arti yang berbeda. Proposal bisa berkaitan mengenai sebuah rincian keuangan untuk diajukan dalam sebuah acara baik secara kelompok maupun perorangan. Padahal artinya bisa lebih dari itu, proposal merupakan sebuah dokumen yang disusun untuk mengajukan sebuah kegiatan.

Proposal sendiri memiliki banyak jenisnya salah satunya adalah proposal penelitian.  Sebuah proposal yang diajukan untuk  mengusulkan sebuah penelitian.  Lingkupnya sendiri bisa bidang akademik dan sains.

Proposal ini biasanya memuat tentang masalah yang akan diteliti serta beberapa kegiatan untuk memecahkan masalah yang ada. Penulisan proposal penelitian ini berdasarkan segala aturan yang berlaku pada sebuah instansi atau lembaga pendidikan.

4 Jenis Proposal Pengajuan Penelitian Yang Harus Anda Tahu

Proposal penelitian bisa dibagi menjadi 4 jenis berdasarkan isinya. Beberapa jenis di bawah ini paling sering digunakan dalam lembaga pendidikan.

Sebuah proposal penelitian pengembangan

Jenis proposal yang satu ini biasa digunakan untuk merancang sebuah kegiatan atau produk dan nantinya akan digunakan untuk memecahkan sebuah masalah.  Dalam konsep ini, proposal penelitian pengembangan menggunakan sebuah teori, prinsip, konsep, dan beberapa penemuan penelitian sebelumnya untuk memecahkan masalah selanjutnya.

Baca Juga:  Ini Jenis Dan Contoh Proposal Yang Wajib Anda Ketahui!

Contoh proposal seperti ini  bisa mengenai tesis, skripsi, dan beberapa proposal pendidikan lainnya.  Proposal ini disusun berdasarkan sistematika lembaga pendidikan yang ada. Baik itu kampus, sekolah, dan lembaga lain yang menyangkut pendidikan.

Sebuah proposal penelitian yang mengacu pada daftar pustaka

Jenis kajian pustaka ini lebih memfokuskan penelitian pada penelaahan secara mendalam terkait bahan pustaka yang lebih relevan. Isi dari penelitian ini adalah dengan mengumpulkan sejumlah rujukan pustaka sejenis  dan nantinya akan digabungkan secara lebih baru.

Sebuah penelitian kualitatif

Penelitian ini  akan mengutamakan pengungkapan secara kontekstual. Proposal jenis ini akan bersifat deskriptif dan analisis yang digunakan cenderung sangat induktif.  Proposal ini lebih menonjolkan perspektif subjek dalam penelitian.

Sebuah penelitian kuantitatif

Bila dalam penelitian kualitatif  cenderung bersifat  deskriptif, penelitian kuantitatif ini akan mengedepankan bukti empiris data yang ada di lapangan.

Bagaimana sudahkah Anda memahami proposal pengajuan penelitian? Secara garis besar proposal penelitian adalah dokumen yang digunakan untuk proyek penelitian dan berkaitan dengan bidang pendidikan. Seperti  beberapa contoh proposal yang sudah dijelaskan di atas.

Artikel Terkait