Jenis-Jenis Kontrak Asuransi yang Termasuk dalam Informasi Penting

Jenis-Jenis Kontrak Asuransi – Dunia asuransi memang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia, akan tetapi sebagian di antaranya kemungkinan belum mengetahui tentang jenis-jenis kontrak asuransi yang berlaku di dalamnya.

Padahal, dengan mengetahui jenis-jenis kontrak seperti ini, Anda jadi bisa lebih mengenal kebijakan asuransi secara lebih mendalam. Dengan begitu, Anda bisa semakin menyesuaikan jenis asuransi yang Anda miliki dengan kebutuhan Anda sendiri.

Asuransi seperti ini memang tidak hanya bisa dimiliki secara perorangan saja, tapi ada juga beberapa di antara perusahaan asuransi yang ada di Indonesia yang menyediakan asuransi bersama, atau dalam arti lainnya adalah asuransi yang dapat digunakan secara bersama-sama dengan anggota keluarga Anda. Jadi, semua anggota keluarga Anda bisa dilindungi oleh asuransi tersebut.

Selain itu, asuransi juga akan terbagi menjadi beberapa jenis di dalamnya, dan antara lainnya adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil, dan beberapa jenis asuransi lainnya.

Nantinya, Anda bisa memilih sendiri manakah jenis asuransi yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga, sehingga manfaat dari produk asuransi yang telah Anda beli tersebut bisa melindungi Anda di bidang yang sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Kontrak Asuransi yang Cukup Beragam

Kontrak asuransi bisa dibilang merupakan perjanjian yang akan mengikat antara pihak pemegang polis (tertanggung) dengan pihak perusahaan asuransi (penanggung). Kontrak ini wajib Anda ketahui secara jelas, supaya tidak ada salah satu pihak yang merasa dirugikan dalam kerjasama ini. Semua akan tersedia dalam kontrak tersebut, sehingga nasabah perlu mengetahuinya secara jelas.

Baca Juga:  Inilah Cara Memilih Asuransi Premi Murah dan Bagus

Pada dasarnya, kontrak asuransi dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Masing-masing jenis ini akan mengandung arti yang berbeda, sehingga Anda perlu memahami pengertiannya secara satu per satu.

Dengan begitu, Anda bisa menilai apakah jenis kontrak asuransi tersebut bisa sesuai dengan pemikiran dan kebutuhan Anda atau tidak. Maka dari itu, simak dengan baik penjelasan yang ada di bawah ini:

  • Valued Contract

Valued contract adalah salah satu kontrak yang ada dalam dunia asuransi. Kontrak ini juga sering disebut sebagai kontrak informal. Jenis kontrak asuransi yang satu ini merupakan sebuah kontrak yang memberikan persyaratan kepada nasabah, dalam bentuk tertentu terkait cara pembuatannya.

Jenis kontrak yang satu ini sudah sering diterapkan oleh beberapa perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Maka dari itu, Anda perlu memahaminya dengan jelas.

  • Unilateral Contract

Umumnya, asuransi jiwa akan menggunakan kontrak jenis ini, sehingga untuk Anda yang memiliki produk asuransi jiwa di dalam kehidupan Anda, Anda perlu memahami arti dari jenis kontrak asuransi yang satu ini. Di dalam kontrak unilateral ini nantinya kedua belah pihak membuat janji yang berkekuatan dengan hukum.

Dikarenakan pembeli atau pemegang polis tidak memiliki ikatan janji yang resmi untuk selalu membayar premi, jadi pihak penanggung atau perusahaan asuransi pun juga tidak boleh memberikan paksaan tertentu secara hukum kepada pihak tertanggung, untuk membayarkan premi setiap bulannya tersebut.

  • Aleatory Contract

Dengan adanya sifat yang memungkinkan salah satu pihak dapat menerima sesuatu yang lebih besar dalam nilainya, dibanding nilai yang akan diberikan oleh pihak tersebut, maka asuransi jiwa pun juga termasuk dalam kontrak jenis ini.

Sebab, asuransi jiwa akan berlaku ketika perusahaan asuransi (pihak penanggung) akan membayar manfaat polis saat tertanggung sudah meninggal dunia. Hanya saja, pihak keluarga tidak ada yang tahu kapan pihak tertanggung akan meninggal dunia.

  • Adhesion Contract

Pada dasarnya, adhesion contract akan menetapkan ketentuan dan persyaratan yang tercantum secara jelas. Dengan begitu, para pihak yang bersangkutan akan melakukan sistem tawar-menawar untuk mencapai kontrak yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Baca Juga:  Ciri Khas Asuransi Jiwa Berjangka yang Baik dan Benar

Umumnya, jenis-jenis kontrak asuransi seperti ini akan disiapkan oleh satu pihak saja, yaitu perusahaan asuransinya yang berperan sebagai pihak penanggung dalam hal ini. Dengan begitu, pihak pemegang polis nantinya hanya perlu menerima isi dari kontrak tersebut.

Manfaat umum produk asuransi

Sebagian besar orang memang sudah tahu bahwa manfaat dari asuransi akan sangat beragam. Beberapa manfaatnya ini, nantinya bisa memberikan dampak yang positif ke dalam kehidupan Anda, tentunya sebagian besar akan berkaitan dengan kehidupan finansial Anda. Sementara itu, disini kami akan membahas manfaat-manfaat asuransi yang paling umum, dan antara lainnya adalah:

  • Memberikan ketenangan

Seseorang yang memiliki asuransi untuk melindungi kehidupannya secara lebih baik, tentu akan mendapatkan ketenangan tersendiri dalam kehidupannya tersebut. Sebab, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di hari esok, entah itu penyakit, kecelakaan, hingga kematian memang termasuk takdir yang tidak bisa kita ketahui.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya kerugian finansial yang menjadi dampak yang kejadian-kejadian seperti itu, penting untuk Anda miliki produk asuransi seperti ini. Pasalnya, perusahaan asuransi akan menanggung semua biaya yang harus dikeluarkan setelah terjadinya kejadian seperti itu.

  • Investasi dan tabungan

Asuransi juga sebenarnya bisa dijadikan sebagai investasi maupun tabungan. Sebab, di kemudian hari asuransi ini bisa diklaim oleh pihak pemegang polis, tentunya dengan cara yang mudah dan sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi yang menanggung jaminan tersebut.

Nantinya, premi yang selalu Anda bayarkan setiap bulannya ini bisa Anda klaim setelah perjanjian asuransi telah berakhir. Apalagi, asuransi yang memang ditujukan untuk investasi dan tabungan seperti ini juga akan memberikan fleksibilitas kepada para nasabahnya, untuk memilih sendiri masa pertanggungan yang diinginkan.

  • Membantu meminimalkan kerugian finansial

Ini adalah manfaat paling utama dari sebuah asuransi dalam jenis apapun itu. Semua jenis asuransi yang ada di dunia ini tentu akan memiliki tujuan paling utama dalam membantu meminimalkan kerugian finansial yang dialami oleh pihak pemegang polisnya atau pihak yang tertanggung.

Baca Juga:  Gaji PT Winners International Terbaru 2022

Dengan begitu, ketika Anda atau anggota keluarga Anda mengalami kejadian-kejadian seperti kecelakaan, terkena penyakit tertentu, dan kejadian-kejadian seperti ini lainnya, Anda sudah tidak perlu mengkhawatirkan tentang biaya yang harus Anda keluarkan.

Sebab, pihak perusahaan asuransi tentu akan menanggung semua biaya tersebut, sehingga Anda tidak akan mengeluarkan biaya sepeserpun dalam hal ini. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus untuk menjaga kesehatan tubuh Anda atau anggota keluarga Anda, supaya mereka bisa segera sembuh dari segala jenis penyakit yang dideritanya.

Dengan melihat beberapa informasi tentang jenis-jenis kontrak asuransi dan manfaatnya itu sendiri, Anda bisa semakin yakin bahwa asuransi saat ini sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir asuransi hanya akan membuat kehidupan finansial Anda terganggu, karena justru sebaliknya, asuransi akan melindungi kehidupan finansial Anda dari segala jenis risiko yang bisa saja terjadi di masa mendatang.

Untuk itu, sekarang mulailah memikirkan untuk memiliki produk asuransi dalam kehidupan Anda dan keluarga, supaya Anda bisa merasakan sendiri beberapa manfaat yang ada di atas.

Artikel Terkait