Jenis-Jenis Asuransi yang Perlu Masyarakat Pahami

Jenis-Jenis Asuransi – Asuransi biasa digunakan untuk melindungi nasabahnya dari kerugian dari segi finansial. Penting untuk mengelola risiko yang satu ini terutama dalam menghadapi masa tua. Tidak ada orang yang mengetahui apa yang terjadi pada dirinya meskipun sudah berusaha berhati-hati dan menjaga kesehatan. Maka dari itu kita semua harus memahami jenis-jenis asuransi yang banyak beredar di Indonesia.

Pengertian dari Asuransi sendiri juga dijelaskan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mengawasi lembaga atau perusahaan berhubungan dengan keuangan. Besaran biaya yang harus ditanggung bisa dipilih berdasarkan pendapatan. Untuk bisa memahami lebih lanjut mengenai asuransi maka Anda perlu terus simak penjelasan ini sampai tuntas.

Pengertian Asuransi dan Manfaat Menggunakannya

Asuransi bisa didefinisikan sebagai suatu perjanjian yang disepakati oleh pihak tertanggung (yang membayar biaya asuransi) dan penanggung (perusahaan asuransi). Setiap bulan pihak tertanggung harus membayarkan premi yang diambilnya dan nanti bisa berguna ketika terdapat musibah yang menyebabkan kerugian secara finansial.

Tentu saja terdapat manfaat yang banyak sekali dengan membayar rutin asuransi. Beberapa manfaat tersebut bisa Anda pahami sebagai berikut.

  • Sarana Mengalihkan Risiko

Asuransi bermanfaat sebagai pengalih dari risiko finansial yang bisa terjadi pada para nasabahnya. Misalkan saja seseorang yang mengambil asuransi kesehatan dan sewaktu-waktu sakit maka bisa mendapatkan biaya untuk membayar tagihan rumah sakit. Jadi tidak banyak mengganggu keuangan seseorang walaupun mengalami sakit.

  • Memperkecil Kerugian

Apabila risiko yang ditanggung masih masuk dalam nominal tanggungan maka nasabah terkadang tidak perlu membayar biaya apapun. Namun bila lebih dari yang ditanggung maka nasabah hanya perlu membayar sisanya saja setelah dipotong oleh biaya dari perusahaan asuransi. Jadi tidak perlu sampai berhutang bila berkeinginan untuk membayar suatu kejadian yang melibatkan finansial.

  • Menyediakan Jaring Pengaman di Masa Depan

Setiap pihak tertanggung terus membayarkan premi per bulan yang besarannya disesuaikan pendapatan. Hal ini mirip dengan konsep menabung mempersiapkan masa depan. Hanya saja pada asuransi besaran dari biaya yang ditanggung untuk risiko bisa saja lebih dari tabungan yang disisihkan per bulan dan diakumulasikan.

Tidak heran kalau sebagian besar dari keluarga akan menggunakan asuransi untuk menyiapkan masa depan. Ini juga sangat cocok bagi orang yang kurang berani dan belum paham cara berinvestasi.

Jenis-Jenis Asuransi

Di Indonesia terdapat banyak sekali perusahaan asuransi dan masing-masing perusahaan mengeluarkan produk asuransi dengan berbagai jenis. Beberapa jenis dari asuransi tersebut dapat Anda lebih pahami berikut.

  • Asuransi Kesehatan

Salah satu dari jenis-jenis asuransi kesehatan yang menanggung biaya seperti nasabah sakit, cacat, cedera, mengidap penyakit kritis, dan kematian karena kecelakaan. Sebagian besar dari orang yang sudah bekerja memiliki jenis asuransi kesehatan. Harga dari premi asuransi kesehatan juga berbeda-beda di perusahaan asuransi yang satu dengan lainnya.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi ini biasanya diberikan oleh pihak tertanggung kepada pihak tertanggung lainnya. Biasanya biaya yang dicover oleh asuransi jiwa berhubungan dengan nyawa pihak tertanggung. Besaran biaya penanggungan juga disesuaikan oleh perjanjian.

  • Asuransi Kendaraan

Terdapat juga asuransi kendaraan supaya bisa menangani permasalahan yang berhubungan dengan kendaraan. Apabila sewaktu-waktu mengalami cedera di jalan yang diakibatkan kendaraan orang lain maka bisa ditanggung pihak asuransi. Kerusakan pada kendaraan bermotor akan ditanggung sehingga biaya perbaikan tidak terlalu mahal menghabiskan kantong pribadi.

  • Asuransi Properti dan Kepemilikan Rumah

Masyarakat yang memiliki banyak properti dan rumah juga perlu menggunakan asuransi properti dan kepemilikan rumah. Apabila terdapat bencana yang menyebabkan kehilangan properti dan rumah maka bisa mendapatkan dana penggantian dari asuransi ini. Penggantian dana juga akan diberikan ketika terdapat kerusakan yang terjadi pada rumah dan properti tertanggung. Jadi properti dan rumah terlindungi dari bahaya bencana seperti kebakaran juga.

  • Asuransi Pendidikan

Jenis-jenis asuransi berikutnya yang penting dipersiapkan oleh orang tua berhubungan dengan pendidikan anak. Asuransi pendidikan memungkinkan anak tertanggung dapat mencapai pendidikan tinggi dengan lebih pasti asalkan premi dibayarkan secara rutin. Terlebih lagi biaya untuk pendidikan terus bertambah mahal setiap tahunnya sehingga lama-kelamaan gaji saja tidak akan bisa mengejar khususnya bagi orang tua yang sulit untuk menabung.

  • Asuransi Bisnis

Para pebisnis muda dan pemula juga perlu memahami adanya asuransi bisnis. Asuransi tersebut berguna untuk melindungi kerugian yang berkaitan dengan bisnis maupun perusahaan. Kerugian yang dimaksud bisa berupa kehilangan maupun kerusakan.

Perusahaan juga akan menanggung kerugian yang dialami perusahaan berkaitan dengan musibah, seperti hujan, angin ribut, gempa bumi, banjir, ledakan, dan lain-lain. Hampir setiap perusahaan skala menengah sampai besar selalu memiliki asuransi yang satu ini.

  • Asuransi Umum

Asuransi umum memberikan perlindungan terhadap kerugian dan kerusakan yang dialami oleh pihak yang memilikinya. Proteksi yang diberikan oleh asuransi umum selalu jangka pendek. Misalkan saja batasan waktu satu tahun. Setidaknya terdapat dua kategori juga yakni jaminan sosial dan asuransi sukarela. Jaminan sosial masuk dalam asuransi yang sebaiknya dimiliki oleh semua orang.

Jaminan tersebut membuat seseorang memiliki jaminan di hari tua yang iurannya dibayarkan setiap bulan selama masih bekerja. Sedangkan pada asuransi sukarela juga kembali dibagi ke dalam dua jenis yakni asuransi pemerintah maupun asuransi komersial.

Pada asuransi Pemerintah maka programnya dijalankan oleh pihak Pemerintah. Asuransi komersial dilaksanakan untuk memberikan proteksi tertanggung sekaligus keluarganya agar bisa sedikit terbebas dari masalah-masalah yang mungkin dialami ke depannya.

  • Asuransi Kelautan

Asuransi kelautan merupakan asuransi yang menjamin dalam hal kelautan. Fungsinya untuk memberikan perlindungan terhadap pihak tertanggung, terutama dalam mengangkut kargo. Pengangkutan kargo memiliki banyak risiko seperti terjadinya kerusakan, tenggelam, maupun luka yang mungkin terjadi pada penumpang juga.

Dengan kata lain memiliki asuransi kelautan dapat memproteksi diri dan juga barang yang dibawa. Hal ini berkaitan dengan pengangkutan dan perjalanannya selama di laut juga. Sebaiknya Anda yang senang melakukan perjalanan di laut perlu untuk menggunakan asuransi kelautan ini.

  • Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan berperan dalam memberikan proteksi jangka pendek berdasarkan durasi perjalanan. Manfaat dari asuransi tersebut berkaitan dengan kecelakaan, pengobatan emergency, evakuasi medis, pemulangan jenazah, dan juga proteksi kepada barang-barang yang dilindungi oleh asuransi.

  • Asuransi Kredit

Jenis lainnya dari asuransi berupa asuransi kredit. Asuransi tersebut berkaitan dengan modal kerja, modal bisnis, dan lainnya. Pembayaran premi asuransi kredit akan menghindarkan risiko kegagalan yang jumlahnya bisa sangat besar. Perlindungan juga diberikan dalam rangka proteksi dari kecelakaan, meninggal dunia, cacat, sakit, dan lain-lain.

Bahkan asuransi kredit juga memberikan penanggungan terhadap PHK sehingga penting dimiliki oleh para pegawai. Bahkan juga memberikan perlindungan pemberian biaya ketika tidak sengaja mengalami cacat akibat kejadian di tempat bekerja. Pihak yang menggunakan asuransi kredit tetap perlu membayar setiap bulan dengan nominal asuransi kredit sesuai perjanjian dengan pihak perusahaan asuransi.

Artikel Terkait