Persiapan Mengikuti Seleksi CPNS Demi Kesempatan Mendapatkan Gaji CPNS

Gaji CPNS – Seleksi penerimaan cpns sampai saat ini masih menjadi incaran bagi kebanyakan orang, apalagi dengan besaran gaji cpns yang cukup menjanjikan tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang, apakah Anda juga termasuk yang berkeinginan mendaftar cpns? Setiap tahun seleksi penerimaan cpns dibuka dengan beberapa formasi berbeda, banyaknya formasi yang dibuka tersebut semakin membuka kesempatan untuk bisa turut bergabung menjadi seorang pegawai negeri sipil.

Formasi CPNS

Yang dimaksud dengan formasi cpns berarti lowongan atau posisi yang tersedia berdasarkan kebutuhan dari satu unit organisasi negara, seperti yang telah disebutkan sebelumnya dimana setiap tahunnya formasi yang dibuka tidak selalu sama, hal tersebut dipengaruhi oleh adanya keputusan pemerintah dengan memperhatikan kebutuhan, seperti yang tercantum pada peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2011, peraturan tersebut mengatur tentang pedoman umum penyusunan kebutuhan pegawai sipil atau PNS.

Jika ada pembukaan seleksi CPNS usahakan Anda selalu mencari pengumuman agar mendapatkan informasi yang lebih akurat, apalagi di zaman sekarang tidak sulit mencari informasi melalui situs resmi dari masing-masing instansi, sebenarnya ada berapa jenis formasi CPNS?

Formasi CPNS umum merupakan jenis formasi yang bisa dilamar oleh orang biasa atau pelamar pada umumnya, jumlah dari pelamar formasi CPNS umum lebih banyak daripada yang formasi khusus, ketersediaan formasi mengikuti kebutuhan dari pihak kementerian, selain kementrian ada juga badan formal lain yang juga turut membuka formasi seperti misalnya Badan Intelijen Negara; LAPAN; LIPI; BNN dan masih banyak lainnya.

Formasi selanjutnya adalah formasi khusus yang terbagi menjadi 3 jenis, dari ketiga jenis tersebut terdiri dari formasi putra/putri lulusan terbaik atau cumlaude; formasi disabilitas dan formasi Diaspora maupun putra-putri Papua, formasi khusus memiliki jumlah pendaftar yang juga tidak kalah banyak dengan formasi umum, dengan adanya formasi khusus ini tentu dapat memberi peluang bagi mereka yang mungkin tidak diterima kerja seperti penyandang disabilitas, bahkan adanya formasi khusus sudah diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 36.

Baca Juga:  Cara Menjadi Reseller Online Shop Tanpa Modal Sukses Dan Berbagai Keuntungannya

Berapa jumlah pelamar dari setiap formasi yang diterima lewat jalur-jalur tersebut? Jumlah pelamar di setiap formasinya tentu tidak sama mengingat setiap organisasi memiliki kebutuhannya masing-masing, hanya saja persentasenya hampir memiliki kesamaan.

Beda PNS Dan PPPK

Pada tahun 2023 pemerintah tidak hanya membuka pendaftaran CPNS saja tapi juga membuka pendaftaran bagi PPPK, apa yang dimaksud dengan PPPK? Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau disingkat PPPK akan melaksanakan tugas jabatan berdasarkan ketentuan peraturan UU, masa tugas pegawai PPPK berdasarkan jangka waktu tertentu sesuai dengan perjanjian kerjanya.

Mereka yang melaksanakan tugas jabatan nantinya akan menerima gaji dengan besaran sesuai dengan masa kerja dan golongannya, PPPK juga berkesempatan menerima kenaikan gaji berkala atau gaji istimewa, ketentuan tersebut sudah diatur dalam dalam peraturan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan khususnya di bidang pendayagunaan aparatur negara.

Tidak hanya berkesempatan mendapatkan gaji berkala atau istimewa PPPK juga berkesempatan menerima tunjangan sesuai tunjangan PNS pada instansi pemerintahan terkait, tunjangan yang akan diberikan pada PPPK diantaranya seperti tunjangan jabatan fungsional; tunjangan jabatan struktural; tunjangan keluarga; tunjangan pangan dan lainnya.

Bagaimana dengan perihal aturan gaji dari PPPK ini? untuk gaji dan tunjangan bagi PPPK yang bekerja di pusat maka akan dibebankan pada APBN, sedangkan bagi PPPK yang bekerja di daerah akan dibebankan pada APBD.

Para Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS baru dapat diangkat menjadi PNS apabila telah lolos dan memenuhi persyaratan, manajemen PNS bahkan telah diatur dalam PP 11 Tahun 2017 dimana PNS berkesempatan untuk memiliki jenjang karir hingga pimpinan utama, sedangkan untuk batasan usia menjadi PNS minimal berusia 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun, mereka berhak memperoleh gaji cpns dan tunjangan mulai dari tunjangan keluarga hingga tunjangan struktural.

Baca Juga:  Punya Tanggung Jawab Penting, Ini Gaji Marshaller Pesawat Yang Perlu Diketahui

Jadi seorang PNS akan memiliki NIP secara nasional berbeda halnya dengan PPPK yang hanya berstatus sebagai pegawai kontrak dengan masa kerja tertentu, selain itu PPPK tidak berhak memperoleh dana pensiun berbeda halnya dengan PNS yang akan memperoleh dana pensiun.

Persyaratan Mendaftar CPNS

Bagi Anda yang berencana untuk mengikuti ujian CPNS sebaiknya mempersiapkan diri semaksimal mungkin, meski terdengar mudah namun Anda harus bersaing dengan peserta yang berasal dari berbagai daerah dan jumlahnya banyak, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk bisa bergabung menjadi ASN, apalagi Anda yang memang begitu menginginkan diangkat menjadi PNS.

Meski belum ada informasi kembali mengenai pembukaan CPNS tidak ada salahnya Anda mulai berlatih mengerjakan soal dan menyiapkan dokumen, semakin sering Anda berlatih mengerjakan soal maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk lolos seleksi CPNS, terlebih saat ini Anda bisa dengan mudah menemukan latihan baik dalam bentuk buku maupun dalam bentuk latihan online.

Bahkan ada juga pelatihan CPNS yang bisa menjadi alternatif pilihan jika memang Anda kurang paham dalam mengerjakan latihan CPNS, dengan mengikuti pelatihan CPNS mungkin Anda bisa lebih terarah dan terlatih dalam mengerjakan setiap soal sesuai dengan ketentuan waktu yang berlaku, seperti yang Anda ketahui ada beberapa orang yang bisa langsung lolos seleksi CPNS meski hanya mengikuti satu kali tes, namun tidak sedikit juga yang belum lolos seleksi meski sudah mengikuti beberapa kali, oleh karena itu sebelum ada pengumuman pembukaan CPNS cobalah untuk berlatih mengerjakan latihan.

Agar Anda tidak kesulitan atau bingung dalam menyiapkan dokumen maka Anda bisa menyiapkannya dari sekarang, tentu saja dengan menyiapkan dokumen lebih awal bisa mempersingkat waktu Anda dalam mengurus dokumen lain yang mungkin belum ada, meski sudah sering diinformasikan di setiap website resmi instansi terkait namun tidak jarang yang masih belum mengetahui persyaratan dokumen tersebut, dokumen apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti seleksi CPNS?

Baca Juga:  Gaji PT yamaha music manufacturing asia Terbaru 2023

Persyaratan umum yang harus Anda ketahui sebelum mendaftar CPNS yaitu sebagai berikut:

  • WNI atau Warga Negara Indonesia.
  • Usia paling rendah 18 tahun; paling tinggi 35 tahun.
  • Tidak pernah melakukan tindak pidana atau terlibat kasus narkoba.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai swasta ataupun sebagai Anggota Polri/TNI/CPNS/PNS.
  • Tidak berkedudukan sebagai anggota atau calon anggota PNS/CPNS/Polri/TNI.
  • Bukan pengurus partai politik.
  • Memenuhi kualifikasi pendidikan berdasarkan jabatan yang akan dilamar.
  • Memiliki IPK minimal 2;75 bagi lulusan perguruan tinggi negeri dan IPK minimal 3;00 bagi lulusan perguruan tinggi swasta.

Jadi itulah beberapa persyaratan umum yang perlu Anda ketahui, sedangkan untuk berkas dokumen pendukung umumnya terdiri dari scan KTP asli; pas foto; ijazah; transkrip asli dan beberapa dokumen lainnya, ingin berkesempatan mendapatkan gaji cpns dan tunjangan lainnya? Pastikan Anda tidak patah semangat dan terus mencobanya.