Cara Main Investasi Saham Untuk Pelajar yang Benar dan Cepat

Investasi Saham Untuk Pelajar – Tahukah Anda cara memulai investasi saham untuk pelajar maupun mahasiswa? Apa saja sih poin penting yang harus Anda dilakukan untuk memulai investasi ini?

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, Anda harus tahu lebih dulu mengenai apa itu investasi saham. Oleh karena itu di bawah ini akan dijelaskan beberapa informasi terkait investasi saham. 

Tips Memulai Investasi Saham Untuk Pelajar

Warrant Buffer merupakan salah satu pebisnis saham yang paling dikenal di seluruh negara. Beliau pernah mengatakan bahwa setiap orang bisa memulai investasi saham termasuk ketika masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa.

Nah di bawah ini ada beberapa tips investasi saham untuk pelajar agar Anda bisa sukses. Simak informasinya! 

1. Investasikan Untuk Diri Sendiri 

Menginvestasikan untuk diri sendiri berarti belajar dan mengasah keahlian yang dimiliki sejak dini. Walaupun masih pelajar atau mahasiswa, saat ini sudah banyak kesempatan untuk mencari kesuksesan dalam bermain saham.

Jadi, bukan hal yang mustahil tidak jika Anda ingin menjadi pebisnis saham yang terkenal di masa depan. Janganlah pernah ragu untuk l mencari ilmu sebanyak-banyaknya dari sumber manapun tanpa harus mengurangi waktu belajar di sekolah maupun kampus.

Apabila Anda ingin lebih meng-upgrade kemampuan secara maksimal, maka bisa mencari tahu informasinya di website. Melalui website banyak tersedia materi yang dapat Anda pahami tentang saham dan investasinya.

2. Menyakinkan Diri Agar Bisa Sukses Menjadi Investor Saham

Tanpa adanya keyakinan, usaha apapun akan terasa sia-sia. Sama halnya saat memilih sebuah investasi saham. 

Baca Juga:  Begini Cara Menghitung Harga Wajar Saham, Bisa Tahu Murah Atau Mahal

Walaupun Anda masih pemula dan berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa, namun pasti bisa mendapatkan kesuksesan selama ada keyakinan.

Dengan adanya keyakinan seperti itu, seseorang bisa bangkit dari adanya masalah atau berpikir secara logis tanpa ada halangan apapun.

3. Selalu Diversifikasi Tidak Berarti Baik

Diversifikasi dalam dunia saham tidak berarti selalu dinilai baik. Apabila seseorang ingin mencapai kesuksesan maka harus mempunyai diri kepercayaan untuk berinvestasi.

Jangan sampai terlalu banyak memilih investasi sehingga tidak dikerjakan secara sungguh-sungguh. Apalagi para pemain saham yang masih pemula dan tidak terburu-buru ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu dekat.

Dalam memainkan saham memang butuh kesabaran dan  perlu menganalisis agar berkembang.

4. Melakukan Investasi di Bidang yang Dipahami

Dalam menanam investasi di bidang yang masih asing tentunya tidak mudah. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih jenis saham dari perusahaan yang bidangnya telah dipahami. 

Minimal Anda sudah memperoleh referensinya secara menyeluruh dari berbagai sumber.

Dengan begitu, Anda tidak memerlukan waktu lama untuk dapat menjalankan investasi lebih maksimal.

5. Fokus Pada Titik yang Tepat

Salah satu tips dari Warren Buffett adalah tidak terpaku terlalu terhadap setiap headline yang dilihat.

Mengapa begitu? Karena sudah banyak banyak investor yang dilihat berdasarkan penerimaan 1% dari berita finansial.

Jadi, jangan terlalu over menanggapi sebuah berita atau fokuslah pada titik yang salah. Sebab saham Ini fluktuatif dan ada pada beberapa pergerakan di dalamnya.

6. Membeli Saham Perusahaan 

Ketika Anda membeli saham dari perusahaan, berarti secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari bisnisnya.

Sehingga Anda harus bisa memahami jenis perusahaan apa yang akan didukung dan dampaknya seperti apa. Hal inilah yang menjadi poin penting untuk bisa memetakan ke mana arah dari kompetisi bisnis secara komprehensif. 

Baca Juga:  Cara Investasi Saham di Bank BRI, Mudah Untuk Pemula

Alangkah baiknya, pastikan Anda sudah mengetahui minimal sedikit informasi terkait perusahaan tersebut.

7. Melakukan Evaluasi Kesalahan dan Bangkit Upgrading

Ketika terdapat sebuah kesalahan yang membuat Anda rugi, maka jangan berhenti. Bangkitlah untuk terus mengembangkan kemampuan diri.

Langkah seperti ini sangat penting bagi para pebisnis karena sedikit orang yang tidak mengalami kegagalan. Bahkan, pebisnis Warren Buffett pun pernah mengalami yang namanya kegagalan pada berbagai lini usaha di masa lalu.

Apabila beliau dulu menyerah, maka Anda tidak bisa mengenali orang sukses ini sekarang.

8. Jangan Menjadi Pemain Saham Sehari

Selanjutnya, Anda tidak terlalu yakin terhadap investasi saham dalam waktu yang singkat. Sebab bisa jadi, keuntungannya yang didapat hanya beberapa saat saja.

Selain itu, akan terjadi perubahan di dalam dunia saham yang memang cukup pesat sehingga baik hari maupun besok keuntungannya akan berbeda.

Dengan begitu, Anda harus memastikan untuk lebih bersabar dan menunggu kenaikan dari harganya sehingga tidak akan mudah terpengaruh berita ekonomi.

Manfaat dari Main Saham Untuk Pelajar

Menjadi pelajar dan mahasiswa adalah masa-masa yang terkadang banyak disepelekan oleh orang. Banyak yang memiliki pemikiran bahwa masa remaja ketika di sekolah adalah momen penting dalam menghabiskan waktu luang dan bersenang-senang dengan teman-teman.

Padahal, jika Anda mulai usaha atau investasi sejak pelajar atau mahasiswa maka keuntungannya jauh lebih banyak. Sehingga peluang Anda untuk cepat kaya di usia muda lebih besar.

Anda bisa mencoba untuk melakukan beberapa jenis usaha atau bisnis yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Apabila mengalami kegagalan, maka Anda tidak perlu bingung karena masih ada uang jajan dari orangtua.

Coba bayangkan saja jika Anda memulai usaha ketika sudah lulus kuliah. Selain rugi dari segi waktunya, Anda akan rugi secara finansial.

Oleh sebab itu, sebagai mahasiswa ekonomi maupun lainnya maka bisa mencoba bisnis atau usaha sejak dini yang sangat menguntungkan.

Baca Juga:  Ingin Investasi Untuk Masa Depan? Ini Dia 5 Aplikasi Trading Terbaik Untuk Pemula!

Salah satunya investasi saham yang bisa dimulai dari dana terbatas. Contohnya saja, apabila Anda memiliki uang Rp. 200.000 setiap bulannya, maka dalam setahun sudah bertambah menjadi Rp. 2.400.000. Jadi jika dihitung profit tahunan 10% maka sudah ada tambahan Rp. 240.000.

Jika suatu saat Anda sudah kerja nanti bisa saja mendapatkan penghasilan yang diinvestasikan Rp. 2.000.000 tiap bulan. Maka, jumlah dari keuntungannya sudah terlihat jelas untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Sebenarnya manfaat dari investasi saham ini selain mendapatkan keuntungan, Anda juga bisa belajar untuk memanajemen waktu dan budget. Jika Anda pandai mengatur uang dan waktu maka keuntungan yang didapat jauh lebih besar.

Dibandingkan Anda harus bekerja dengan orang lain. Bahkan, dengan keuntungan saham ini Anda bisa membuka peluang kerja untuk orang lain.

Jadi selain bermanfaat bagi diri sendiri juga untuk orang lain. Oleh karena itu, Anda bisa memikirkan secara matang ingin mau seperti apa?

Apa mau menjadi orang yang gitu saja atau menjadi orang yang bermanfaat juga untuk orang lain? Pilihan ini tentunya hanya Anda yang dapat memutuskan.

Namun, yang perlu diingat bahwa investasi saham bisa saja menjerumuskan Anda jika tidak paham cara mainnya. Oleh karena itu, Anda harus bisa banyak belajar dengan orang yang berpengalaman.

Demikianlah informasi yang menarik ini, semoga apa yang sudah disampaikan terkait investasi saham untuk pelajar bisa menambah wawasan Anda.