Ingin Investasi Aman Untuk Pemula? Ternyata Ini Jenisnya!

Investasi Aman Untuk Pemula – Banyak orang awam yang berpikir jika investasi memerlukan biaya yang besar dan terkadang investasi tidak aman, padahal banyak lho investasi aman untuk pemula. Dengan  modal kecil dan investasi yang telah diawasi OJK ternyata ada banyak jenisnya dan dapat dipilih sesuai tujuan investasi seorang investor.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai investasi dapat dilakukan hanya dengan modal mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu saja. Anda juga dapat bebas memilih jenis investasi yang aman untuk anda mulai dari saham, reksa dana, obligasi, emas dan banyak lagi jenisnya untuk mulai investasi kapan saja.

Lalu apa saja jenis investasi aman untuk pemula? Jika masih ragu untuk memilih jenis investasi yang aman, pada artikel ini akan dibahas mengenai jenis investasi aman yang dapat dicoba oleh pemula. Penasaran? Berikut pembahasannya!

Reksa dana

Jenis investasi aman untuk pemula yang dijamin keamanannya salah satunya adalah reksa dana. Investasi jenis ini dapat dikatakan sebagai jenis investasi yang cukup populer meski baru dikenal masyarakat beberapa tahun terakhir.

Reksa dana sendiri menawarkan berbagai macam manfaat serta keuntungan bagi investor. Yakni harganya yang cukup terjangkau dibandingkan investasi lain, tersedia berbagai pilihan investasi, dan caranya yang cukup mudah. 

Bahkan anda dapat memulai investasi reksa dana hanya dengan uang mulai dari Rp 10 ribu saja lho! Dan anda tak perlu khawatir, sebab investasi jenis ini telah diawasi oleh OJK dan dapat dikatakan sebagai investasi yang aman.

Bagi anda yang masih awam dengan reksa dana, reksa dana sendiri adalah kumpulan dana masyarakat yang selanjutnya akan dikelola oleh manajer investasi yang nantinya uang akan diubah menjadi saham, obligasi dan aset penting lainnya.

Reksa dana juga memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Bagaimana? Mudah bukan?

Deposito

Investasi aman selanjutnya adalah deposito. Bagi anda yang awam dengan deposito, deposito adalah salah satu jenis investasi berjangka dengan jangka waktu mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan 1-3 tahun lho! Namun semuanya akan disesuaikan dengan kebutuhan investor.

Deposito juga dapat dikatakan sebagai investasi yang cukup aman terlebih bagi pemula. Terlebih deposito sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Dan investor juga tidak perlu khawatir sebab apabila bank tempat investor menyimpan deposito mengalami bangkrut, maka akan mendapatkan dana deposito kita dengan utuh maksimal berjumlah Rp 2 Miliar  dari LPS.

Deposito yang sudah diinvestasikan akan disimpan bank sebagai salah satu produk yang ditawarkan. Keuntungan dari deposito sendiri juga akan bergantung pada kebijakannya masing-masing sehingga memiliki keuntungan yang berbeda-beda.

Deposito cocok untuk digunakan investasi bagi investor yang ingin investasi dalam jangka pendek, seperti digunakan untuk dana pendidikan anak, dana melahirkan dan sebagainya. Bagaimana? Menarik bukan?

Emas

Jenis  investasi aman untuk investor pemula selanjutnya adalah emas. Banyak orang yang memilih untuk investasi emas lantaran kemudahan dalam pencairannya yang dapat dilakukan kapan saja serta harganya yang setiap tahun semakin naik.

Meski emas mengalami nilai yang fluktuatif, anda tak perlu khawatir sebab jika nilainya turun juga tidak akan terlalu turun dengan signifikan.

Jika anda ingin berinvestasi emas jangka panjang, maka lebih baik untuk memilih investasi jangka 10 hingga 20 tahun ke depan agar keuntungan yang didapatkan semakin banyak. Misalnya saja digunakan untuk dana pendidikan anak hingga kuliah, dana berhaji, dan sebagainya.

Harga emas cukup mahal per gramnya, yakni berkisar kurang lebih Rp 500 ribu. Namun anda tak perlu khawatir sebab pegadaian menyediakan investasi emas dengan metode dicicil mulai dari Rp 6 ribu saja dan anda dapat memilih jangka waktu mencicilnya juga lho!

Mulai dari 3 hingga 36 bulan jika sudah lunas anda akan mendapatkan emas batangan yang dapat dijual di outlet pegadaian jika ada keperluan mendesak. Mudah bukan?

Surat Berharga Negara (SBN)

Kaum milenial kini mulai melirik untuk investasi SBN. Hal ini lantaran akses untuk membeli SBN cukup mudah dan dapat dilakukan secara online.

SBN sendiri merupakan surat berharga yang berupa surat utang yang dapat dibeli dari pemerintah. Investasi ini cukup aman dan menghasilkan keuntungan yang cukup besar dan telah dijamin keamanannya oleh pemerintah. Jadi untuk anda yang mencari jenis  investasi aman untuk pemula maka anda dapat memilih jenis investasi ini.

Surat Berharga Negara sendiri dapat dibagi menjadi 3, dan tentunya dapat dipilih oleh investor sesuai dengan kebutuhannya. DIantaranya yakni:

  • Obligasi negara ( Saving Bond Ritel) 
  • Sukuk tabungan yang berupa surat berharga syariah milik negara
  • Obligasi Negara Ritel yang berupa surat utang negara yang dijual pada investor ritel.

Saham

Jenis  investasi aman untuk investor pemula berikutnya adalah saham. Namun dengan catatan jika anda sudah mempelajarinya dengan benar.

Bagi anda yang merupakan investor pemula, jangan mudah terpancing dengan keuntungan saham yang tinggi dan digembor-gemborkan melalui berbagai media sosial sehingga anda mengambil keputusan yang terlalu terburu- buru.

Saham dapat menjadi investasi yang aman asalkan investor melakukan analisa dan riset yang benar serta memahami aturan mainnya. 

 P2P Lending

P2P Lending (Peer to peer lending) merupakan jenis investasi aman berikutnya. Investasi jenis ini mulai banyak dilirik sebab memberikan keuntungan yang lumayan besar. Selain itu modal yang diperlukan pun juga terjangkau mulai dari Rp 100 ribu saja.

P2P Lending sendiri merupakan investasi yang meminjamkan modal pada pihak lain seperti pada pelaku UMKM dan sebagainya. Dan nantinya investor akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang ditawarkan oleh peminjam. Namun, anda tetap harus berhati-hati. Pilihlah P2P Lending yang telah diawasi OJK ya!

Tabungan Emas Online

Hampir serupa dengan investasi emas yang sudah kita bahas sebelumnya, tabungan emas online jauh lebih menguntungkan.

Hal ini karena kita dapat menabung emas dengan harga mulai dari Rp 10 ribu saja lho! Dan lebih untungnya lagi, risiko kehilangan juga akan semakin kecil lantaran emas disimpan oleh penyedia layanan sehingga akan lebih aman.

Anda dapat menemukan tabungan emas online ini di Pegadaian. Dan tabungan emas dapat digadaikan dan dijual saat mengalami kebutuhan mendesak. Mudah bukan?

Itulah beberapa jenis  investasi aman untuk pemula yang dapat anda coba. Bijaklah dalam memilih jenis investasi agar anda mendapatkan keuntungan bukan kebuntungan. Pelajarilah kembali dan lakukan riset mendalam.

Jangan terburu-buru berinvestasi tanpa riset. Pilihlah jenis investasi sesuai dengan kebutuhan anda. Yang perlu diingat bagi investor pemula adalah investor yang sukses adalah mereka yang berani dalam mengambil keputusan disertai analisa mendalam. Pastikan juga jenis investasi yang anda pilih sudah terdaftar pada OJK ya!