Ini Dia Daftar Saham Murah Fundamental Bagus

Saham Murah Fundamental Bagus – Saham merupakan alat instrumen investasi yang cukup populer di semua kalangan. Saat ini bagi Anda yang secara individu maupun bergabung dengan perusahaan bisa memulai investasi saham dengan mudah. Saham tidak hanya diperuntukkan masyarakat dengan kondisi ekonomi elite, bagi Anda yang memiliki modal pas-pasan bisa memilih untuk mengikuti saham murah. Ada lho beberapa saham murah fundamental bagus yang bisa Anda coba miliki.

Menentukan saham merupakan langkah awal dalam melakukan investasi saham. Dengan menentukan saham dengan tepat, maka akan lebih mudah untuk mempertimbangkan keuntungan ataupun kerugian. Anda harus berhati-hati dalam membuat keputusan sebelum menjual ataupun membeli saham. Akan jauh lebih baik jika Anda bisa mengetahui dengan baik kondisi pasar, sehingga bisa memahami suatu saham perusahaan sedang mahal atau murah.

Sekilas Tentang Saham

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan peluang keuntungan di pasar modal. Anda pasti sudah pernah mendengar suatu pernyataan yang berbunyi “murah bukan berarti murahan”. Pernyataan tersebut juga berlaku dalam dunia pasar modal saat investor akan mencari saham kemudian membantu untuk menjualnya kembali pada waktu yang menguntungkan. Walaupun diawali dengan nominal yang kecil, saham tetap akan berpotensi untuk bisa menghasilkan cuan.

Baca Juga:  Informasi Tentang Cara Membeli Saham IPO Yang Benar Dan Aman

Cara Mendapatkan Saham Murah dengan Emiten Terbaik

  • Coba untuk mencari saham dengan harga yang relatif terjangkau
  • Jangan lupa untuk mengecek harga saham yang berasal dari valuasi perusahaan, kemudian diukur oleh PER.
  • Amati kondisi saham yang likuid dengan volume transaksi yang tergolong tinggi.
  • Periksa mengenai valuasi teknikal dan juga fundamental saham
  • Jangan mudah terpengaruh dan tergiur terhadap rumor pasar untuk membeli atau menjual saham tertentu.
  • Coba untuk belajar menguasai mindset investor dengan fokus pada keuntungan jangka panjang. Tujuannya agar keuntungan yang diperoleh bisa bersifat konsisten.
  • Belajar untuk mengelola keuangan dengan baik. Cara yang bisa dilakukan dengan menempatkan dana pada beberapa instrumen investasi.
  • Coba untuk disiplin dalam perencanaan investasi.

Ketahui Kriteria Saham yang Tergolong Murah

Anda ingin mendapatkan saham murah fundamental bagus agar bisa menghasilkan cuan? Caranya mudah kok. Sebelum terjun dalam dunia saham, sebaiknya investor perlu mengetahui dengan baik kondisi pasar dan kriteria saham murah dalam IDXV30.

Saham yang murah sebenarnya tidak dilihat dari nominal harga melainkan pada saham yang memiliki valuasi harga rendah. Valuasi saham merupakan suatu penilaian atas harga wajar yang dimiliki oleh saham. Ada beberapa kriteria saham murah tetapi memiliki prospek bagus yaitu sebagai berikut.

  • Menyediakan laba bersih serta ekuitas yang bersifat positif.
  • Tidak memiliki PER (Price to Earning Ratio serta PBV atau Price to Book Value yang nilainya ekstrim.

Ada satu hal yang perlu diketahui oleh para calon investor saham bahwa tidak akan mudah untuk berada dalam konstituen IDXV30. Proses masuknya saja tidak bisa sembarangan, karena BEI (Bursa Efek Indonesia) akan melakukan seleksi kemudian mengevaluasinya secara rutin dengan menggunakan beberapa perhitungan tertentu.

Baca Juga:  10 Tahapan Belajar Saham Untuk Pemula Agar Tidak Rugi

Daftar Rekomendasi Saham Murah dengan Prospek Baik

Beberapa saham emiten perusahaan ada yang masuk ke dalam kelompok saham valuasi murah. Namun soal likuiditas transaksi dan kinerja labanya masih tergolong bagus. Emiten masuk dalam indeks IDX Value 30 (IDXV30) yang berlaku mulai dari 4 Agustus 2023 sampai dengan 2 Februari 2023. Bagi Anda yang ingin mendapatkan saham murah, namun tetap bisa memberikan keuntungan di kemudian harinya, bisa mencoba membeli saham dari perusahaan berikut ini.

1. PT Adaro Energy Tbk

Perusahaan pertama yang memiliki saham murah fundamental bagus yaitu PT Adaro Energy Tbk. Dalam BEI, perusahaan tersebut memiliki kode saham ADRO. PER dari emiten tersebut sekitar 12,14 x serta PBV 1,00 x. Sebagai investor, Anda tidak bisa sembarangan membeli saham di perusahaan ini walaupun harganya bisa dikatakan murah. Anda harus mencari tahu lebih banyak mengenai perusahaan benar-benar mendatangkan laba atau tidak.

PT Adaro Energy Tbk sendiri merupakan perusahaan pertambangan batu bara yang sudah beroperasi mulai dari bulan Juli 2005. ADRO tergolong perusahaan besar yang bergerak dalam beberapa bidang mulai dari perdagangan, pertambangan, logistic, jasa kontraktor penambangan serta infrastruktur. Selain itu, PT Adaro Energy juga bergerak dalam bidang pembangkit tenaga listrik.

2. PT AKR Corporindo Tbk

Saham PT AKR Corporindo ada sekitar PER 15,81x dan PBV 1,56x yang memang tersedia. Anda tidak perlu repot untuk membeli keduanya. PT AKR Corporindo bergerak dalam bidang distribusi produk minyak bumi serta distribusi perdagangan produk kimia. Produk PT AKR Corporindo meliputi resin PVC serta soda api.

3. PT Astra International Tbk

Bingung mencari saham murah dengan emiten yang tepat? Mungkin saham dari PT Astra International Tbk ini bisa menjadi pertimbangannya. Perusahaan tersebut hadir dengan kode saham ASII PER 1,70x PBV 1,16x. PT Astra International Tbk memiliki 6 lini bisnis diantaranya jasa keuangan, alat berat, teknologi informasi, pertambangan dan energi, infrastruktur dan logistic serta agribisnis.

Baca Juga:  Manajemen Resiko Investasi Saham yang Wajib Tahu Bagi Investor Pemula

4. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Bank BTN memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan tersebut memang terkenal memiliki emiten saham yang menjanjikan tetapi harganya murah. PER dari perusahaan Bank BTN PER 9,16x dan PBV 0,83x. Sesuai dengan namanya, perusahaan tersebut bergerak dalam dunia perbankan dan pada tahun 2005 memulai kegiatan perbankan yang berdasarkan prinsip syariah.

5. PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk

Saham murah fundamental bagus juga bisa Anda dapatkan dari PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk. Dalam BEI, perusahaan tersebut biasa dikenal dengan kode saham BEST. PER yang dimiliki perusahaan itu sekitar -8,56x dan PBV 0,30x. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang properti dan industri, PT Bekasi Fajar Industrial juga menyediakan berbagai fasilitas serta infrastruktur pendukung.

6. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk

Perusahaan yang memiliki kode saham BJMT ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin memiliki saham murah. PER dari Bank Jatim sekitar 7,09x sedangkan PBV-nya 1,08x. Sesuai dengan namanya, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk menjalankan kegiatan usaha dalam bidang perbankan berdasarkan prinsip syariah.

7. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dikenal sebagai bank BUMN yang mampu memberikan beragam layanan dari nasabah. Bank Mandiri memiliki kode saham BMRI dengan PER 12,33x sedangkan PBV sekitar 1,46x. Bank Mandiri berdiri mulai dari tahun 1998 dan tergolong program rekontruksisasi bank pemerintah Indonesia. Ada 4 bank yang tergabung dalam Bank Mandiri yaitu Bank Exim, Bank Bumi Daya, Bapindo serta Bank Dagang Negara.

Nah itu dia beberapa perusahaan yang menyediakan saham murah fundamental bagus. Sebelum terjun dalam dunia saham, pahami lebih dulu ilmu yang berkaitan dengan dunia saham. Bagaimana tertarik membeli saham perusahaan diatas?