Gaji Tukang Parkir Pesawat: Sangat Worth It?

Gaji Tukang Parkir Pesawat – Tukang parkir pesawat menjadi salah satu pekerjaan yang cukup diminati akhir-akhir ini. Meskipun julukannya adalah “tukang parkir”, namun pekerjaan yang satu ini menjadi pekerjaan yang keren di kalangan masyarakat. Selain keren, ternyata gaji tukang parkir pesawat juga sangat besar, bahkan mencapai hingga puluhan juta per bulannya. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang tukang parkir pesawat, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Mengenal Tukang Parkir Pesawat

Tukang parkir pesawat atau yang biasanya disebut Marshaller merupakan seseorang yang bertugas untuk membantu pilot untuk memarkirkan pesawat di bandara agar pesawat bisa parkir dengan posisi yang aman. Tukang parkir pesawat menjadi pekerjaan yang sangat penting karena pilot tidak bisa dengan mudah melihat posisi pesawat dengan baik pada saat melakukan parkir, sehingga diperlukan tukang parkir untuk membantu pilot dalam memposisikan pesawat.

Dalam hal ini, tukang parkir pesawat juga memiliki peran yang sangat besar atas keselamatan penumpang pada saat pendaratan pesawat. Tukang parkir pesawat akan bekerja sama dengan pilot untuk mengarahkan pesawat ke lokasi parkir yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam tugasnya, seorang tukang parkir pesawat harus menguasai setiap gerakan tubuh yang akan melambangkan suatu instruksi tertentu. Kemampuan komunikasi juga sangat diperlukan oleh tukang parkir pesawat, baik itu secara verbal maupun non verbal.

Menjadi tukang parkir pesawat itu juga berarti bahwa Anda harus siap untuk bertugas di segala kondisi, baik itu saat panas maupun hujan, selama masih ada jadwal penerbangan. Selain itu, tukang parkir pesawat juga akan dilengkapi dengan peralatan bekerja yang mendukung pekerjaannya, seperti tongkat LED, penutup kuping, jaket neon, dan juga sepatu dengan ujung besi.

Gaji Tukang Parkir Pesawat

Meskipun bekerja sebagai tukang parkir, namun gaji yang akan didapatkan oleh tukang parkir pesawat tentunya akan jauh berbeda dengan tukang parkir motor atau mobil. Biasanya gaji akan diberikan sesuai dengan UMR masing-masing daerah. Namun, gaji UMR tersebut hanyalah gaji pokoknya saja yang belum ditambah dengan tunjangan-tunjangan dan juga bonus lainnya.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Gowa

Gaji tukang parkir pesawat di negara-negara maju bisa mencapai Rp 500.000.000 hingga Rp 1.000.000.000 per tahunnya tergantung pada kebijakan negara tersebut dalam memberikan upah kepada para pekerjanya. Namun di Indonesia, untuk gaji pokok tukang parkir pesawat berada di antara Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000 per bulannya dan tidak termasuk dengan tunjangan lain yang biasanya didapatkan oleh pekerja.

Meskipun banyak yang menyebutkan bahwa gaji tukang parkir pesawat di Indonesia mencapai Rp 600.000.000, namun pada kenyataannya gaji yang diterima tidak sebesar itu. Hal tersebut dikutip dari pernyataan Direktur Operasional Gapura Angkasa yaitu Bapak Andreas Eko Novianto yang menyebutkan bahwa gaji tukang parkir di Indonesia tidak mencapai angka tersebut dan setiap negara memiliki kemampuan yang berbeda dalam memberikan upah kepada para pekerjanya.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi besaran gaji tukang parkir pesawat di Indonesia sebagai berikut :

Pihak Maskapai Terkait

Faktor pertama yang mempengaruhi gaji tukang parkir pesawat adalah pihak maskapai yang mempekerjakannya. Antara satu maskapai dengan maskapai yang lainnya tentunya memiliki perbedaan jumlah gaji yang diberikan kepada pegawainya karena masing-masing maskapai memiliki ketentuan dan kebijakan masing-masing. Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk menjadi tukang parkir pesawat, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu mengenai besaran gaji yang diberikan oleh setiap maskapai yang ada di Indonesia.

Kemampuan Setiap Negara

Faktor selanjutnya adalah kemampuan setiap negaranya. Secara tidak langsung, negara juga ikut andil dalam penentuan besaran gaji yang akan diterima oleh tukang parkir pesawat. Hal ini bisa terjadi karena negara memiliki aturan khusus terkait dengan upah minimal yang harus dibayarkan kepada tukang parkir pesawat di negara tersebut. Biasanya, besaran gaji juga akan disesuaikan dengan keadaan ekonomi negara itu sendiri.

Sesuai Pengalaman Yang Dimiliki

Faktor yang terakhir adalah pengalaman dan juga jam terbang yang dimiliki oleh tukang parkir pesawat. Dalam hal ini, bisa dikatakan bahwa besaran gaji yang diterima akan sebanding dengan pengalaman yang dimilikinya. Semakin banyak pengalaman dan jam terbangnya, maka akan semakin banyak pula gaji yang didapatkan. Oleh karena itu, pengalaman dan jam terbang bisa dikatakan sebagai kunci utama bagi tukang parkir pesawat untuk mendapatkan gaji dengan jumlah yang lebih besar.

Baca Juga:  Benarkah Gaji Astronot Di NASA Capai Miliaran Rupiah? Ini Penjelasannya!

Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat

Jika Anda tertarik untuk menjadi tukang parkir pesawat maka ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi. Berikut adalah beberapa syarat untuk menjadi tukang parkir pesawat :

Laki-Laki dan Perempuan Mempunyai Kesempatan yang Sama

Jenis kelamin apapun yang Anda miliki, baik itu laki-laki atau perempuan, Anda tetap bisa mendaftar menjadi tukang parkir pesawat. Jika Anda adalah seorang perempuan, Anda tidak perlu berkecil hati karena saat ini sudah banyak tukang parkir pesawat yang berjenis kelamin perempuan. Dalam hal ini, laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan dan yang sama untuk menjadi tukang parkir pesawat.

Pendidikan Minimal

Syarat selanjutnya adalah pendidikan yang sudah ditempuh. Untuk menjadi tukang parkir pesawat, setidaknya Anda harus tamat SMA atau SMK sederajat. Jika Anda memiliki ijazah SMA atau SMK sederajat maka Anda bisa melamar menjadi tukang parkir pesawat.

Batas Usia

Untuk batasan usia menjadi tukang parkir pesawat adalah 18 sampai 35 tahun. Namun, ada juga beberapa maskapai penerbangan yang memiliki kebijakan usia untuk tukang parkir pesawat maksimal 24 tahun saja.

Batas Tinggi Badan

Selanjutnya adalah batas minimum tinggi badan. Tukang parkir pesawat setidaknya harus memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk laki-laki dan 157 cm untuk perempuan. Jika Anda tidak memenuhi kriteria tinggi badan, maka akan sulit untuk melamar menjadi tukang parkir pesawat.

Bersedia Menjalani Latihan Khusus

Syarat selanjutnya adalah bersedia untuk menjalani latihan khusus untuk mempelajari lebih lengkap mengenai bagaimana cara menjadi tukang parkir pesawat yang baik dan benar. Latihan khusus ini akan ditujukan untuk calon tukang parkir pesawat agar terlatih dan mahir dalam berkoordinasi dengan pilot pada saat memposisikan pesawat.

Selain itu, latihan khusus juga digunakan agar calon tukang parkir pesawat memiliki lisensi yang bisa memudahkan Anda pada saat melamar pekerjaan atau pindah maskapai penerbangan.

Syarat Lainnya

Kemudian ada juga syarat-syarat dasar lainnya yang harus dipenuhi, seperti sehat jasmani dan rohani, memiliki penampilan yang menarik, belum menikah, serta tidak buta warna. Syarat-syarat ini juga tidak kalah penting dengan syarat sebelumnya karena harus Anda penuhi jika ingin melamar sebagai seorang tukang parkir pesawat.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Donggala

FAQ

Apakah penderita mata minus tidak bisa mendaftarkan diri menjadi tukang parkir pesawat?

Jika Anda memiliki mata minus, Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa untuk mendaftarkan diri sebagai tukang parkir pesawat. Meskipun tidak semua pekerjaan menerima orang dengan mata minus, namun menjadi tukang parkir pesawat masih menerima penderita mata minus dalam keadaan yang masih wajar.

Jika Anda memiliki kekurangan yaitu kondisi mata minus, maka Anda bisa menjadikan hal lain sebagai kelebihan, seperti penampilan dan juga kesehatan.

Saya seorang sarjana pendidikan, apakah saya bisa menjadi tukang parkir pesawat?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk menjadi seorang tukang parkir pesawat diperlukan pendidikan minimal SMA atau SMK sederajat, sehingga jika Anda merupakan seorang sarjana apapun itu, Anda masih bisa mendaftarkan diri untuk menjadi tukang parkir pesawat selama masih memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan di atas.

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menjadi tukang parkir pesawat?

Jika Anda ingin mendaftarkan diri menjadi tukang parkir pesawat, Anda bisa menyiapkan beberapa hal berikut:

  • Memastikan bahwa Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan yang telah dijelaskan sebelumnya. Anda juga bisa mencari informasi terbaru mengenai kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi tukang parkir pesawat.
  • Membekali diri dengan pengetahuan. Sebelum mendaftar menjadi tukang parkir pesawat, alangkah lebih baiknya jika Anda mencari tahu informasi dasar mengenai pekerjaan yang dilakukan oleh tukang parkir pesawat. Anda bisa mendapatkan informasi melalui internet, youtube, atau bahkan media sosial. Setelah itu, Anda bisa memperhatikan dengan seksama agar bisa memahami materi yang disampaikan dan bisa menjadi bekal awal untuk Anda saat mendaftarkan diri.
  • Mempersiapkan diri sebaik mungkin. Meskipun banyak saingan, namun Anda juga harus yakin dengan kemampuan yang Anda miliki.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai gaji tukang parkir pesawat dan syarat apa saja yang harus dipenuhi jika Anda ingin mendaftarkan diri menjadi tukang parkir pesawat. Dengan menyimak penjelasan sebelumnya, Anda akan memiliki patokan untuk belajar mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.