Ini Dia 10 Faktor yang Mempengaruhi Investasi yang Wajib Anda Tahu!

Faktor yang Mempengaruhi Investasi – Investasi merupakan kegiatan penanaman modal jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham maupun surat berharga lainnya demi mendapat keuntungan. Investasi ini tentunya bisa tumbuh dengan sendirinya dan ada faktor yang mempengaruhi investasi.

Pada dasarnya ada banyak sekali faktor yang berpengaruh dalam pertumbuhan atau perkembangan investasi. Jadi hal yang wajar bila di suatu waktu investasi di sebuah negara dapat tumbuh namun di waktu lainnya mengalami penurunan. Lantas apa saja faktor yang berpengaruh pada investasi? Berikut Penjelasan selengkapnya!

10 Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Investasi tentunya tidak bisa selalu stabil dan tenang. Bahkan hal yang wajar jika nilainya kadang berubah baik itu berubah jadi naik maupun turun. Secara garis besar berikut ini adalah beberapa faktor yang umumnya mempengaruhi investasi:

1. Suku Bunga

Faktor pertama yang sangat berpengaruh pada investasi adalah suku bunga. Suku bunga sendiri merupakan persentase dari pokok utang yang dibayarkan sebagai bunga atau imbalan jasa di suatu waktu tertentu.

Dari sinilah kenapa suku bunga ini sangatlah penting terutama untuk menarik investasi. Hal ini karena sebagian besar investasi umumnya dibiayai dari pinjaman bank.

Untuk itulah jika suku bunga pinjaman bank  ini turun maka akan mendorong lebih banyak investor untuk meminjam modal.Pinjaman modal tersebut nantinya akan digunakan sebagai dana untuk investasi.

Adapun perubahan dari nilai suku bunga sendiri juga disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu faktornya adalah keadaan global atau investor asing.

2. Sumber Daya Alam

Salah satu daya tarik untuk investor asing berinvestasi adalah kekayaan SDA atau sumber daya alam yang ada di suatu negara. Sebagai contoh saja Indonesia. Indonesia sendiri mempunyai dua jenis sumber daya alam yaitu pariwisata dan fosil bumi.

Baca Juga:  4 Koin Yang Sering Dipakai Belajar Investasi Crypto Untuk Pemula

Fosil bumi meliputi minyak bumi, gas alam dan batu bara. Sementara itu pada pariwisata umumnya berupa pemandangan alam dan berbagai tempat wisata seperti Bali yang menjadi daya tarik utama untuk mulai berinvestasi. Banyaknya investasi inilah yang nantinya berpengaruh pada pertumbuhan maupun penurunan investasi.

3. Pendapatan Nasional Per Kapita

Perlu Anda Tahu jika pendapatan nasional per kapita dari suatu negara dan PDRB per kapita untuk tingkat provinsi dan kabupaten juga dapat berpengaruh pada investasi. Hal ini karena pendapatan nasional per kapita maupun PDRB per kapita sendiri merupakan cermin dari daya beli pasar atau masyarakat di negara tersebut.

Jadi bisa disimpulkan bila semakin tinggi daya beli masyarakat dari suatu negara atau daerah maka  akan semakin menarik para investor juga untuk mulai berinvestasi.

4. Demografi

Demografi dari suatu negara juga bisa menjadi salah satu faktor penting untuk menarik investor. Biasanya semakin padat penduduknya semakin tinggi pula minat investasi pada suatu negara.

Sebagai contoh Indonesia yang sebagai negara kepulauan mempunyai jumlah penduduk yang sangat padat. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan penduduk mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

Inilah alasan kenapa banyak negara asing atau investor asing yang tertarik untuk mulai investasi di Indonesia.

5. Keadaan Sarana dan Prasarana

Faktor yang berpengaruh pada investasi selanjutnya adalah keadaan sarana dan prasarana di suatu negara. Adapun sarana dan prasarana disini meliputi komunikasi, transportasi, utilitas, pembuangan limbah dan lain sebagainya.

Investasi sendiri memang memerlukan sarana dan prasarana yang baik sebagai pendukungnya. Tanpa adanya sarana dan prasarana ini Investasi akan sulit dijalankan. Jadi semakin baik keadaan sarana dan prasarana dari suatu negara maka akan semakin berkembang juga investasinya.

6. Kualitas Sumber Daya yang Ada

Teknologi semakin hari semakin berkembang dengan pesat. Inilah yang kemudian membuat investasi memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain berkualitas sumber daya manusia atau tenaga kerja di usia produktif juga sangatlah penting.

Baca Juga:  Ini Dia Kumpulan Berita Crypto Terupdate Yang Perlu Kamu Tahu!

Jadi semakin berkualitas sumber daya manusia atau tenaga kerja manusia yang ada di suatu negara tersebut dalam mengoperasikan teknologi maka otomatis investasi juga akan mengalami perkembangan yang pesat.

7. Stabilitas Keamanan dan Politik Dalam Negeri

Sebuah negara yang mempunyai stabilitas keamanan dan politik yang baik maka akan membuat banyak investor merasa aman dan berdatangan. Sebaliknya negara dengan stabilitas keamanan dan politik yang kacau maka akan dihindari oleh para investor.

Untuk itulah setiap negara termasuk Indonesia harus mampu menekan pergolakan yang ada demi menciptakan negara yang sehat dan aman. Negara yang sehat dan aman secara politik maupun keamanan tentunya akan berpengaruh pada stabilitas atau pertumbuhan iklim investasi.

8. Peraturan Perundang-Undangan Ketenagakerjaan

Dalam melakukan investasi seorang pengusaha tentu memerlukan karyawan. Dari sinilah kemudian peraturan dan undang-undang ketenagakerjaan akan berpengaruh pada investasi.

Adapun peraturan undang-undang ketenagakerjaan yang dapat berpengaruh pada investasi sendiri meliputi peraturan mengenai pemutusan hubungan kerja atau PHK, kontrak kerja, upah minimum karyawan dan lain sebagainya.

9. Politik Luar Negeri

Untuk menarik dan mendapatkan investor asing maka pemerintah juga harus berperan aktif dalam menjalin hubungan baik dengan negara lainnya. hubungan baik dengan negara lain ini mampu meningkatkan kepercayaan investor asing untuk mengelola uangnya di negara tersebut.

10. Birokrasi dari Suatu Negara

Perlu Anda tahu salah satu penyebab macetnya investasi asing adalah birokrasi yang rumit dan memerlukan waktu lama. Adapun pelayanan dan kemudahan birokrasi dari suatu negara ini biasanya akan dilakukan oleh Bank dunia dan Internasional Finance Corporation.

Untuk itulah supaya investasi asing lancar maka pemerintah dari suatu negara harus mulai berbenah untuk menata birokrasinya jadi lebih cepat. Adapun salah satu yang bisa membantu mempercepat membenahi birokrasi adalah pemanfaatan teknologi di dalamnya.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Buton Selatan

Pentingnya Mengetahui Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Sebagai seorang investor pastinya Anda harus mempelajari dan memahami semua hal yang berkaitan dengan investasi. Untuk itulah selain mempersiapkan modal dan belajar tentang berbagai teknik investasi maka Anda juga harus mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh pada investasi.

Hal ini karena faktor-faktor tersebut sebenarnya juga berpengaruh pada besarnya keuntungan maupun kerugian yang bisa saja Anda alami. Jadi pastikan Anda untuk selalu update berita-berita yang berkaitan dengan suatu negara yang berpengaruh pada jenis investasi yang sedang Anda geluti.

Misalnya saja Anda tidak mengetahui faktor yang ada diatas dan asal melakukan investasi di suatu negara atau saham luar negeri di suatu negara. Padahal keadaan negara tersebut tidak stabil. Tidak stabil dari sisi ekonomi, politik maupun keamanan.

Dari situ sudah bisa dipastikan jika Anda bisa saja mengalami kerugian sewaktu-waktu apabila politik dan ekonomi negara tersebut kacau atau bisa saja negara tersebut berperang. Inilah kenapa Anda harus mempunyai pengetahuan yang baik tentang faktor yang berpengaruh pada investasi.  

Selain itu faktor yang berpengaruh pada investasi ini juga sangat penting dalam mengambil keputusan atau langkah selanjutnya dalam sebuah investasi. Dari faktor tersebut Anda bisa menyusun strategi yang harus dilakukan supaya mendapatkan keuntungan dari investasi atau meminimalisir resiko yang bisa saja terjadi.

Demikianlah pembahasan tentang apa saja faktor yang mempengaruhi investasi. Apabila Memperhatikan beberapa faktor diatas maka memang harus dilakukan berbagai usaha terutama pemerintahan dari suatu negara supaya investasi bisa berkembang hingga mampu mendorong roda perekonomian dari negara itu sendiri.