Crypto Halal Atau Haram? Yuk Kita Bahas Bareng!

Crypto Halal Atau Haram – Crypto halal atau haram? Sebelum kita bahas, kita kenalan dulu dengan si maya. Anda kenal dengan dunia maya ? saya rasa anda pasti kenal, bahkan mungkin anda sudah sangat paham tentang dunia maya. Apalagi anda yang sekarang ini hidup di zaman yang semakin modern, semua hal selalu berhubungan dengan teknologi dan tidak lepas dari dunia maya. Sama halnya dengan pepatah yang mengatakan “tiada hari tanpa membaca” dan sekarang ini dapat kita simpulkan sama, namun berbeda kata saja menjadi “tiada hari tanpa ngenet”.

Maksud dari ngenet disini adalah menjelajah dunia internet. Internet sendiri dapat kita jabarkan sebagai suatu jaringan dari komunikasi yang memiliki fungsi untuk saling menghubungkan antara satu media berbasis elektronik yang satu ke media berbasis elektronik lain dengan cara yang cepat dan juga tepat sasaran. Sudah bukan menjadi hal yang jarang jika orang-orang menggunakan internet. Bahkan segala macam aktivitas manusia di dunia ini sudah menggunakan bantuan internet.

Dengan adanya bantuan internet, kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari dapat diselesaikan dengan mudah. Internet ini memang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan banyak orang. Namun dibalik manfaat atau kegunaan dari internet, ada juga keburukan yang berasal dari dunia maya (dunia internet). Keburukan ini didapatkan jika si pengguna atau user kurang teliti dalam penggunaan atau saat menjelajah dunia maya ini.

Contoh keburukan ini dapat kita contohkan dalam dunia pendidikan. Memang dalam dunia pendidikan itu, internet sangat berperan, terutama dalam proses membantu kegiatan belajar, mengajar. Namun jika internet ini digunakan nyeleweng dari kegunaan dunia pendidikan bagi para pelajar, bisa saja akan mengarah ke hal negatif seperti perjudian online, film online yang tidak pantas, dan lain sebagainya. Untuk itulah, pengawasan orang dewasa (guru dan orang tua) sangat penting dalam hal seperti ini.

Baca Juga:  5 Langkah Dalam Membangun Perusahaan Asuransi Secara Online

Oke kita kembali ke topik semula tentang crypto. Apa itu crypto ? crypto itu makanan apa sih ? crypto itu tempat wisata ya ? bukan bukan bukan. Nah mungkin tidak semua orang pernah mendengar tentang crypto. Apalagi bagi orang yang kurang mengikuti perkembangan zaman, pastilah istilah crypto belum pernah mereka dengar. Berbeda dengan para anak muda yang selalu ingin tahu dan juga selalu up date tentang beragam informasi terkini, pastilah pernah dengar tentang crypto meskipun belum paham betul.

Crypto menjadi trending topic terbesar dan teramai di kalangan pengguna media sosial sekarang ini. Crypto sendiri memiliki arti sebagai mata uang digital. Jadi kesimpulannya ini crypto merupakan jenis mata uang namun bersifat digital dan bisa digunakan sebagai alat transaksi virtual dalam dunia internet. Lalu crypto halal atau haram hukumnya ? jika kita membahas masalah halal atau haram terkait uang digital ini, mungkin akan memakan waktu lama.

Halal atau haramnya crypto tergantung dari sudut pandang masing-masing orang. Pasti ada orang yang menganggap bahwa crypto itu haram, namun ada juga yang menganggap jika crypto itu halal. Sama halnya dengan anggapan rokok yang juga ada anggapan haram dan juga ada anggapan halal, namun mungkin ada juga yang beranggapan makruh. Apapun jawabannya, semua tergantung dari pandangan orang tersebut.

Untuk masalah tentang trading crypto halal atau haram dalam pembahasan crypto atau uang digital ini, baru-baru ini ada berita yang di dalamnya bahwa Majelis Ulama Indonesia atau biasa kita kenal dengan MUI mengatakan bahwa crypto itu halal jika sebagai asset atau hanya dalam urusan investasi saja, namun haram jika digunakan sebagai alat untuk pembayaran atau jual beli.

Baca Juga:  Mengenal 5 Macam-Macam Strategi Bisnis Paling Jitu

Dari pandangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri memandang crypto halal jika hanya sebagai asset saja karena masih memenuhi sil’ah. Sil’ah ini dapat kita artikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan memiliki manfaat di dalamnya, sehingga dapat dikatakan sah untuk dimiliki dan juga dapat dikatakan sah untuk diperjualbelikan. Ini pandangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait crypto halal jika hanya dijadikan sebagai asset saja.

Nah lalu apa hukumnya jual beli crypto halal atau haram ? kita kembali lagi ke pembahasan tentang pandangan Majelis Ulama Indonesia atau MUI tadi. Crypto itu halal jika dijadikan asset, namun haram jika untuk jual beli atau alat pembayaran. Pemberian fatwa haram dari Majelis Ulama Indonesia tentang crypto sebagai alat pembayaran karena tidak memenuhi ketentuan syariah dalam proses transaksi tersebut.

Bukan hanya itu saja, penetapan dari Majelis Ulama Indonesia tentang crypto itu haram sebagai alat jual beli selaras dengan Undang-undang yang ada di Indonesia yang isinya menyatakan bahwa proses pembayaran yang sah dan diakui oleh negara Indonesia ini adalah mata uang rupiah. UU nomor 7 tahun 2011 menjelaskan alat pembayaran yang sah di negara Indonesia adalah rupiah, sehingga kesimpulannya di Indonesia crypto bukanlah alat pembayaran.

Crypto halal atau haram ? Selain dari sudut pandang Majelis Ulama Indonesia, Pemerintah Indonesia juga sampai saat ini masih belum mengakui bahwa crypto bisa digunakan sebagai alat alternatif pembayaran selain rupiah di Indonesia. Dengan kata lain, crypto ini tidak bisa digunakan untuk kegiatan jual beli menggunakan aset crypto sebagai nilai tukar. Itulah tadi pandangan dari MUI dan pemerintah Indonesia terkait crypto.

Lalu bagaimana untuk masyarakat Indonesia yang sudah terlanjur berselancar di dunia maya dengan menggunakan crypto ? bermain crypto halal atau haram ? jawabannya tidak apa-apa. Untuk perdagangan mata uang crypto masih diperbolehkan jika sebagai asset saja. Diperbolehkan dengan adanya pengawasan dari Badan Pengawasan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) dalam peraturan Bappebti nomor 2 tahun 2019 tentang penyelenggaraan pasar fisik komoditas di pasar berjangka.

Baca Juga:  Membahas Tuntas Apa Itu E-Wallet

Jadi bagi anda yang sudah berurusan dengan crypto, tidak apa-apa kok. Terkait jual beli crypto halal atau haram sudah dijelaskan oleh Majelis Ulama Indonesia dan juga Pemerintah Indonesia. Kesimpulannya, anda yang ingin berurusan dengan crypto itu boleh saja, namun tetap perhatikan penggunaannya ya. Crypto ini mau digunakan sebagai alat jual beli asset saja atau sebagai hal lain ? mengingat anda warga Indonesia, ikutilah aturan yang ada di Indonesia.

Ingin punya mata uang digital crypto ? buatlah asset digital, maka anda akan memiliki crypto. Untuk pembuatan asset digital ini sudah banyak caranya. Gimana ? lewat situs tertentu pastinya. Namun tetap ingat ya, gunakan dengan bijak si crypto ini. Anda dari negara mana ? Ikuti aturan yang ada di negara anda ya, terkait crypto ini. Jangan terlalu berlebihan namun dan jangan sampai tidak terkontrol, nanti malah anda sendiri yang rugi. Intinya jika ingin berkarya boleh saja kok, namun tetap bijak ya.

Artikel Terkait