4 Cara Mengajukan Proposal Dana Untuk Sebuah Acara

Cara Mengajukan Proposal – Salah satu contoh proposal yang wajib Anda ketahui adalah pengajuan dana. Pernahkah Anda memiliki sebuah event atau acara yang membutuhkan dana  dari instansi tertentu?  Secara umum ketika Anda sedang mengerjakan sebuah acara ataupun kegiatan baik secara kecil ataupun besar pasti membutuhkan pengajuan proposal.

Lantas bagaimana cara ? Sebenarnya adanya sebuah proposal ini akan membantu  Anda untuk mendapatkan dukungan dana untuk kegiatan yang diselenggarakan. Kegiatan ini bisa  dilakukan oleh pihak sekolah, kampus, desa, pemerintah, bisnis, pun negara.

Mengajukan proposal sendiri harus mengikuti beberapa struktur yang berlaku dalam instansi tersebut. Agar lebih jelas ikutilah beberapa cara pengajuan proposal berikut ini.

Membentuk Panitia Acara Serta Mengonsep Acara Untuk Membuat Proposal

Dalam sebuah acara susunan panitia sangat penting untuk dibentuk hal ini untuk menyukseskan jalannya acara. Panitia ini juga akan bertugas sebagai penanggung jawab berjalannya acara dengan baik dan benar.  Peran penting dalam proposal adalah untuk memberitahukan siapa saja pihak yang akan menangani acara. Sehingga bila terjadi sesuatu bisa dimintai pertanggungjawaban. Susunan panitia juga harus dibuat secara lengkap dan detail.

Setelah itu  panitia juga harus mengonsep acara yang akan digelar. Konsep inilah nanti yang akan menjadi judul proposal yang Anda ajukan. Setelah semua hal ini selesai bagian keuangan bisa menyusun proposal yang akan diajukan.

Melakukan Konsultasi Dengan Ketua Panitia dan Juga Pembina atau Pihak Yang Berwenang

Biasanya ketua panitia dengan pihak yang berwenang itu berbeda orang. Misalnya saja dalam kampus ada ketua panitia, ketua jurusan, dan pembina dalam jurusan.  Setelah proposal selesai disusun diskusikan isinya dengan ketua panitia dan juga pihak yang berwenang untuk mendapatkan persetujuan. Kalau Anda masih bingung bisa melihat dalam pendidikan yang paling dekat.

Baca Juga:  Ikutilah Langkah-langkah Membuat Proposal Usaha Yang Baik Dan Benar

Setelah mendapatkan persetujuan, proposal bisa diajukan pada lembaga yang lebih tinggi dan menaungi kegiatan tersebut. Misalnya saja dalam kampus mengajukan proposal  pada bidang keuangan kampus.

Cara Mengajukan Pada Lembaga Keuangan

Sebelum  proposal ini disetujui, biasanya akan dilakukan pengecekan ulang terkait susunan dana yang sudah dilakukan. Bisa jadi ada revisi terhadap jumlah keuangan yang digunakan.

Hal ini tergantung kesanggupan dana yang diberikan oleh lembaga. Bila hal ini terjadi otomatis laporan keuangan yang diberikan juga harus diubah.  Pengubahan anggaran dana ini biasanya akan membutuhkan waktu untuk mendapatkan beberapa tanda tangan dari pihak terkait.

Setelah pengajuan proposal disetujui, langkah selanjutnya Anda bisa langsung menerima dananya. Namun, dana  yang diberikan  belum sepenuhnya. Bisa jadi akan diturunkan secara dua tahap.

Sudahkah Anda paham cara mengajukan proposal dana? Cara pengajuan dana bisa berjalan secara mudah dengan cara di atas, namun bisa juga memakan waktu bila pihak terkait susah untuk dijumpai. Lebih baik membuat proposal dari jauh-jauh hari sebelum acara dilakukan.

Artikel Terkait