Peralihan Fungsi Youtube Dan Cara Mendapatkan Gaji Youtuber

Gaji Youtuber – Di zaman yang serba digital ini, pembuat konten di platform digital youtube atau biasa disebut dengan youtuber, sudah dianggap sebagai sebuah pekerjaan. Profesi ini sudah mulai banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia.

Hal tersebut tidak aneh, sebab, seorang youtuber bisa mendapatkan gaji youtuber dengan nominal yang cukup fantastis, mulai dari jutaan rupiah, puluhan juta rupiah, hingga ratusan juta rupiah untuk setiap konten yang dibuat.

Akan tetapi, seorang youtuber tidak serta merta bisa mendapatkan gaji youtuber, ada langkah yang harus dilakukan seseorang untuk bisa mendapatkan gaji youtuber untuk setiap konten video yang dibuatnya.

Peralihan fungsi Youtube

Sebelum mengulas lebih lanjut, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu soal peralihan yang sudah mulai terjadi dari yang awalnya youtube digunakan sebagai media informasi dan sebagai media menyimpan sebuah dokumentasi pribadi, kini menjadi ladang untuk mencari pundi pundi uang.

Untuk apa youtube dibuat? Pada awalnya, youtube adalah sebuah media sosial yang tidak berbeda dari facebook dan twitter, tidak ada orang yang tahu jika mengunggah konten di platform digital tersebut, seseorang bisa mendapatkan gaji youtuber.

Seiring berjalannya waktu, youtube mulai menjadi ladang bisnis bagi banyak orang, tujuan seorang menggunakan youtube sekarang tidak lagi sebagai sarana dokumentasi, namun untuk menjadi penghasilan.

Yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan adsense

Bagaimana cara mendapatkan adsense? Hal pertama yang harus dilakukan oleh seorang youtuber agar mendapatkan gaji youtuber adalah membuat konten video yang menarik, hal tersebut merupakan hal utama dalam menggeluti profesi sebagai seorang youtuber.

Baca Juga:  Join Usaha Tanpa Modal Terbaik 2023

Dengan mengunggah video yang menarik di kanal youtube pribadi, kemudian kamu akan mendapatkan respon dari banyak orang yang nantinya akan menonton video yang kamu buat. Semakin menarik video yang kamu buat, maka akan mengundang banyak orang untuk menonton video kamu. dengan begitu, kamu nantinya bisa mendapatkan gaji youtuber.

Hal kedua untuk mendapatkan gaji youtuber adalah dengan mendaftarkan adsense. Adsense disini adalah sebuah cara agar konten youtube anda menampilkan iklan. Dari iklan tersebutlah kamu nantinya akan mendapatkan gaji youtuber.

Akan tetapi gaji youtuber tidak serta merta bisa didapatkan dari adsense saja, namun juga dari seberapa menariknya konten buatanmu, dan seberapa banyak jumlah penonton, hingga berapa lama konten kamu dilihat oleh orang lain.

Menghitung gaji youtuber

Dengan menjadi seorang youtuber, kamu haruslah menjadi seorang subscriber atau penonton setia. Semakin banyak subscriber yang kamu dapatkan, pada akhirnya akan banyak iklan yang masuk ke dalam akun youtube kamu.

Dengan banyaknya iklan yang masuk, akan membuat kamu mendapatkan gaji youtuber yang besar pula. Sehingga apabila sebuah video yang diunggah bisa menampilkan banyak iklan, maka semakin besar pula gaji youtuber yang akan kamu dapatkan dari satu konten tersebut.

Lalu, berapa gaji youtuber itu? Seorang youtuber akan mendapatkan penghasilan mulai dari 0,01 dolar AS sampai dengan 0,03 dollar AS setiap iklan yang ditayangkan dalam video. Penghasilan tersebut merupakan pendapatan minimum dari setiap unggahan video.

Akan tetapi, kamu juga bisa mendapatkan gaji youtuber sebesar 0,18 dollar AS setiap iklan dalam sebuah video. Apabila jumlah pengunjung video meningkat dan menjadi semakin banyak, kamu bisa mendapatkan hingga 18 dollar AS pada setiap 1000 tayangan iklan.

Baca Juga:  Berapa Estimasi Gaji Youtuber 1000 Subscriber? Simak Penjelasannya Berikut

Besaran gaji youtuber tidak hanya ditentukan dari adsense saja, namun juga berdasarkan Negara pembuat youtube, topik yang dibahas dalam channel youtube tersebut, hingga harga sebuah iklan yang akan ditayangkan dalam video.

Perhitungan gaji youtuber biasanya dihitung dari setiap seribu tayangan, atau Cost per Mille. Penghasilan lain gaji youtuber juga berasal dari setiap klik yang dilakukan pada iklan di dalam video, sehingga meskipun orang tidak menonton video yang kamu buat sampai selesai, kamu akan tetap mendapatkan gaji youtuber.

Namun, orang orang lebih memilih untuk mendapatkan gaji youtuber dari perhitungan Cost per Mille daripada pendapatan per klik. Hal tersebut dikarenakan gaji youtuber yang diterima dari pendapatan per klik berada di bawah Cost per Mille.

Cara mendapatkan adsense sebagai gaji youtuber

Bagaimana cara mendapatkan gaji youtuber dan bagaimana cara mendaftarkan adsense pada channel youtube kita?

Ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi sebelum kamu mendaftarkan adsense, syarat syarat inilah yang nantinya akan memudahkan kamu mendapatkan persetujuan memonetize akun youtube kamu sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan gaji youtuber.

Syarat yang pertama adalah akun youtube kamu harus sudah diverifikasi oleh pihak google. Dalam hal ini adalah email yang digunakan dan syarat-syarat lainnya yang diberikan oleh pihak google.

Yang kedua adalah kamu harus memiliki setidaknya 1000 pengikut atau subscriber pada akun youtube kamu, itu adalah ketentuan dasar yang harus kamu penuhi, karena apabila kamu memiliki subscriber di bawah 1000, kamu tidak akan bisa mendaftarkan adsense akun youtube kamu untuk mendapatkan gaji youtuber.

Berikutnya adalah jangan melakukan spam, yang dimaksud tidak melakukan spam disini adalah kamu tidak boleh mengunggah beberapa konten dalam satu hari, jumlah konten yang dianggap spam oleh google berbeda beda setiap akunnya, sehingga alangkah baiknya jika kamu menjadwalkan berapa kali seminggu untuk mengunggah video.

Baca Juga:  10 Ide Bisnis Online Terbaik Untuk Pelajar Dan Pemula

Sudah mencapai 4000 jam tayang dalam satu tahun terakhir, syarat terakhir untuk bisa mendaftarkan adsense ini yang cukup sulit dilakukan oleh pemula, karena kamu harus rajin membuat konten agar semakin banyak orang yang mengetahui channel youtube yang kamu miliki.

Apabila keempat syarat tersebut sudah terpenuhi, kamu bisa mendaftarkan adsense akun youtube milikmu untuk mendapatkan gaji youtuber. Bagaimana cara mendaftarkan adsense?

Langkah pertama adalah, buka youtube.com dengan menggunakan google chrome, karena kamu tidak akan bisa mendaftarkan google adsense apabila kamu membuka youtube melalui browser lain.

Login atau masuk ke akun youtube yang kamu miliki. Kamu bisa klik logo yang terletak pada kanan atas layar untuk masuk ke youtube studio.

Pilih menu monetisasi, kemudian kamu bisa mengisi data pada form yang disediakan, pastikan data yang kamu isikan sesuai dengan akun youtube yang kamu miliki, kemudian kamu bisa kirim form tersebut dan menunggu konfirmasi yang dilakukan oleh google apabila menyetujui permintaanmu.

Itulah bahasan singkat mengenai peralihan youtube yang awalnya dibuat sebagai media untuk menyimpan dokumentasi video, menjadi sebuah platform digital yang sekarang digunakan banyak orang untuk mencari penghasilan tambahan berupa gaji youtuber.

Dan untuk kamu yang ingin mendapatkan gaji youtuber, kamu bisa mencoba dengan mengunggah video video singkat yang bisa kamu ambil dengan menggunakan smartphone.

Mulai dahulu baru pikirkan hasil, jangan hanya karena mengincar gaji youtuber yang menggiurkan, kamu harus mengeluarkan biaya yang banyak, apabila kamu bukan seorang selebritis yang sudah memiliki penghasilan besar dari televisi, alangkah baiknya jika kamu memulai dari yang sederhana.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa menjadi penyemangat kamu untuk menjadi seorang youtuber.