Cara Menambang Crypto Bagi Pemula

Cara Menambang Crypto – Akhir-akhir ini mata uang digital atau cukup ramai diperbincangkan kaum milenial, merupakan hal lumrah dalam melakukan secara virtual di era digital, bahkan peminat cryptocurrency dari waktu ke waktu juga semakin bertambah, meski terlihat menjanjikan namun kamu yang mungkin seorang pemula perlu memahami cara menambang crypto.

Cara menambang crypto

Cryptocurrency

Tentu kamu pernah atau sering mendengar istilah cryptocurrency? Di era serba digital seperti sekarang ini melakukan transaksi secara virtual bukanlah hal yang asing apalagi setiap orang bisa mengakses dengan mudah, namun tidak semua bisa dengan mudah bertransaksi menggunakan mata uang digital, karena dalam melakukan transaksi dengan mata uang digital dibutuhkan sandi rahasia yang terbilang rumit yang berfungsi untuk melindungi aset mata uang digital.

Mata uang digital bersifat desentralisasi dimana tidak ada perantara saat melakukan transaksi, setiap transaksi dengan pembayaran mata uang digital dapat berlangsung dari pihak pengirim ke pihak penerima, berbeda halnya dengan mata uang konvensional yang sifatnya terpusat dan diatur otoritas perbankan, meskipun tidak ada perantara tapi setiap ada transaksi yang berlangsung tetap tercatat dan dipantau melalui sistem jaringan cryptocurrency.

Mata uang elektronik atau digital dikelola menggunakan teknologi blockchain yang harus menggunakan jaringan komputer canggih, dalam mata uang digital terbagi menjadi 2 jenis yaitu koin dan token, jenis koin ini memiliki nilai yang bisa digunakan sebagai uang untuk bertransaksi, sedangkan token merupakan kepemilikan aset atau saham dalam suatu perusahaan, ada 5 jenis koin yang cukup populer di pasaran saat ini.

Bitcoin

Koin paling populer yang menempati urutan pertama di sampai saat ini adalah Bitcoin, bahkan kapitalisasi pasarnya mencapai US$ 1,1 triliun, Bitcoin lebih diterima secara luas jika dibandingkan dengan jenis koin lainnya karena sudah lama hadir dimana diperkenalkan sekitar tahun 2009, berkat nilai Bitcoin yang mengalami peningkatan tidak heran jika banyak orang yang koin seperti Bitcoin sebagai instrumen investasi.

Baca Juga:  6 Market Crypto Terbesar Di Dunia

Ethereum

Di posisi kedua dengan nilai kapitalisasi pasar yang tidak terlalu jauh dari Bitcoin yaitu sebesar US$ 500 miliar adalah Ethereum, selama kurun waktu satu tahun harga ETH atau singkatan dari Ethereum meningkat hingga 10 kali lipat, hal inilah yang menjadi salah satu alasan Ethereum menjadi mata uang digital yang layak untuk dijadikan investasi.

Selain menjadi platform cryptocurrency ternyata Ethereum juga dikenal sebagai pengembang program yang potensial, ETH cocok digunakan untuk membuat kontan NFT atau Non Fungible Token yang dalam beberapa waktu terakhir menjadi perbincangan hangat banyak orang.

Dogecoin

Selanjutnya koin yang menampilkan ikon anjing Shiba Inu ini juga tengah meroket berkat dukungan dari Elon Musk selaku CEO Tesla, Elon Musk sempat menuliskan cuitan di akun Twitter miliknya perihal mata uang elektronik favoritnya yaitu Dogecoin, setelah cuitan tersebut muncul popularitas Dogecoin kemudian mengalami peningkatan hingga mencapai lebih dari 5000 persen.

Meski termasuk koin baru nyatanya Dogecoin mampu bersaing dengan mata uang elektronik populer yang sudah hadir sebelumnya seperti Bitcoin dan ETH, cara kerja dari Dogecoin pun sama dengan koin lain yaitu dengan teknologi blockchain serta menggunakan kriptografi demi menjaga keamanan setiap transaksi yang berlangsung, kamu bisa menambang Dogecoin yang masih menunjukkan tren positif hingga tahun-tahun mendatang tanpa adanya batasan jumlah koin yang ditambang.

Tether

Mata uang digital yang satu ini menempati posisi keempat mata uang digital terpopuler di dunia dengan kapitalisasi pasar hingga US$ 73 miliar, bentuk cryptocurrency Tether berbeda dengan yang lain dimana Tether merupakan stablecoin yang nilainya lebih konsisten, cara mempertahankan nilai Tether juga sama seperti nilai dolar AS dalam bentuk fisik, sehingga para investor yang merasa was-was akan resiko jenis koin lain cenderung lebih menyukai Tether.

Baca Juga:  5 Aplikasi Populer Untuk Jualan Pulsa Online 2022 All Operator

Binance

Kapitalisasi pasar Binance atau sering disingkat BNC sudah mencapai lebih dari US$ 96 miliar, tidak heran jika koin Binance masuk dalam deretan mata uang digital favorit, sejak peluncurannya pada tahun 2017 Binance hanya memfasilitasi adanya perdagangan di platform Binance itu sendiri, selain digunakan untuk perdagangan Binance juga bisa digunakan untuk mengatur pemesanan perjalanan, bahkan Binance juga bisa ditukar dengan mata uang digital lain berupa Bitcoin atau ETH.

Menambang Crypto

Setelah mengetahui jenis-jenis koin populer di dunia mana yang sekiranya menarik perhatian untuk ditambang? Namun pastikan sebelum melakukan cara menambang crypto kamu harus memahami karakteristik dari aset crypto tersebut, untuk menambang crypto dibutuhkan komputer yang berdaya tinggi dengan jaringan internet cepat serta listrik yang memadai.

Anda bisa menambang crypto seperti mining Bitcoin misalnya dengan menggunakan software, lewat software tersebut kamu akan terhubung dengan para penambang lain yang ada pada sistem blockchain sambil menyelesaikan persamaan matematika, semakin banyak penambang maka persamaan akan semakin sulit, namun bisakah mining bitcoin tanpa harus menggunakan perangkat komputer?

Seiring dengan perkembangan teknologi kamu bisa menemukan aplikasi mining Bitcoin untuk digunakan di ponsel, sebagai pemula mungkin kamu bisa mencoba mempelajari penambangan dari aplikasi seperti salah satunya pada aplikasi Droid Miner, dengan mengunduh Droid Miner di ponsel android memungkinkanmu untuk menambang berbagai jenis mata uang elektronik selain Bitcoin.

Kamu bisa memilih pengaturan pada Droid Miner seperti mengaktifkan proses penambangan, jika kamu terganggu dengan tampilan ikan yang biasa muncul pada layanan mining kamu tidak akan menemukannya di aplikasi ini, sehingga proses menambang bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan.

Baca Juga:  Cara Deposit Di Tokocrypto Dengan Mudah Dan Praktis Untuk Pemula

Jika kamu ingin mencoba menambang menggunakan PC atau komputer kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara, kamu bisa menggunakan cara cloud mining dimana kamu hanya perlu menyewa Rig atau seseorang yang menyewakan mesin penambang, hanya saja kecepatan proses penambangan ini terbilang lambat.

Cara selanjutnya yang cukup populer yaitu GPU mining, mining yang satu ini relatif dan efisien, selain GPU mining ada juga melalui perangkat khusus ASIC Mining, perangkat tersebut dirancang untuk melakukan penambangan crypto, ASIC memberikan hasil yang lebih besar jika dibandingkan GPU mining.

Dan cara terakhir yang mungkin bisa kamu coba adalah melakukan penambangan di pool mining, kamu akan bergabung dengan para penambang lain dalam kolam khusus mining bitcoin, untuk bisa bergabung dengan para penambang lain kamu harus mendaftar lebih dulu ke pool, dari hasil mining bitcoin kamu dan penambang lain akan berbagi hasil imbalan sesuai dengan persetujuan yang dilakukan saat awal pendaftaran, meski mendapatkan imbalan yang tidak terlalu besar tapi kamu dan penambang lain bisa menerima pembayaran secara teratur.

Itulah sedikit informasi seputar cryptocurrency dan cara menambang crypto, meski sebagai seorang pemula tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengenal atau sekedar mining bitcoin, dengan begitu kamu akan lebih memahami karakteristik setiap .

Artikel Terkait