Bagaimana Cara Investasi Logam Mulia bagi Pemula dan Apa saja Kelebihan serta Kekurangannya?

Cara Investasi Logam Mulia bagi Pemula – Investasi adalah sebuah kata yang sekarang ramai diperbincangkan baik di media sosial maupun di kehidupan nyata. Banyak sekali orang yang tertarik untuk melakukan investasi, baik dari kalangan muda hingga yang sudah lanjut usia.

Oleh sebab itu, orang berlomba-lomba untuk mencari tahu bagaimana caranya untuk menginvestasikan uang. Apa bila Anda termasuk salah satu orang yang sedang mencari tahu bagaimana cara untuk menginvestasikan uang Anda, investasi logam mulia mungkin bisa menjadi salah satu solusinya.

Lalu bagaimana cara investasi logam mulia? Apa yang harus dilakukan? Apa saja kelebihan dan kekurangan dari investasi logam mulia?

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara investasi logam mulia, Anda harus mengetahui apa jenis logam mulia yang sering digunakan untuk investasi. Salah satu logam mulia yang paling sering digunakan untuk investasi adalah emas.

Mungkin Anda juga pernah mendengar tentang investasi emas. Itulah yang dimaksud dengan investasi logam mulia. Mari simak lebih lanjut mengenai cara investasi logam mulia serta kelebihan dan kelemahan dari investasi emas batangan dan tabungan emas berikut ini: 

Cara Investasi Logam Mulia

Jika Anda belum pernah melakukan investasi logam mulia, Anda harus mengetahui apa saja yang sebaiknya Anda lakukan agar tidak salah langkah dan mungkin malah tidak memberikan banyak manfaat untuk Anda karena tujuan dari melakukan investasi adalah mengembangkan aset yang Anda miliki semaksimal mungkin. Sekarang, mari simak mengenai cara investasi logam mulia terutama bagi pemula:

1. Menentukan Tujuan Investasi

Tujuan investasi secara umum adalah untuk mengembangkan aset namun Anda harus memiliki tujuan yang lebih spesifik seperti berinvestasi untuk tabungan hari tua, pendidikan anak, atau tabungan untuk pernikahan.

Baca Juga:  Jenis-jenis Investasi dan Penjelasannya Cocok Untuk Pemula

Dengan memiliki tujuan yang jelas dan detail, Anda bisa memperkirakan jangka waktu yang diperlukan untuk berinvestasi.

Misalnya, tujuan Anda untuk melakukan investasi adalah untuk tabungan pernikahan dan Anda merencanakan untuk menikah dalam tiga tahun ke depan. Artinya, Anda berinvestasi sekarang dan hasilnya akan Anda ambil dalam waktu tiga tahun ke depan.

Hal ini juga dapat membantu Anda untuk menentukan besaran uang yang harus Anda keluarkan setiap bulan untuk melakukan investasi logam mulia ini. 

2. Memantau Perkembangan Harga Emas atau Logam Mulia

Pemantauan terhadap perkembangan harga emas ini sendiri baiknya dilakukan sebelum dan saat investasi sudah berjalan. Pemantauan perkembangan harga emas yang dilakukan sebelum berinvestasi berguna jika Anda ingin mendapatkan harga terbaik saat berinvestasi.

Contohnya, jika harga emas sedang turun, Anda bisa membeli emas tersebut dengan jumlah yang sesuai dengan uang yang Anda miliki. Pembelian lebih baik dilakukan saat harga emas sedang turun dibandingkan jika Anda membelinya ketika harga emas sedang naik.

Sedangkan pemantauan yang dilakukan saat sedang berinvestasi akan berguna jika sewaktu-waktu Anda ingin memanen hasil dari investasi yang sudah Anda jalani selama ini. Dengan melakukan pemantauan, Anda akan mengetahui harga terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Anda juga bisa menghitung berapa banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh secara jelas dan transparan meskipun harga emas sendiri cenderung mengalami kenaikan dan sangat jarang mengalami penurunan namun tak ada salahnya jika Anda rajin untuk memantau perkembangan harga emas ini.

Dewasa ini, sudah banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memantau harga perkembangan emas.

Anda tak perlu repot bertanya pada ahlinya karena dengan melalui handphone dan mendownload aplikasinya saja, Anda sudah bisa mengetahui perkembangan harga emas setiap harinya. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa mencarinya di Google saja. 

Baca Juga:  Daftar Investasi yang Terdaftar di OJK, Jangan Sampai Salah Pilih!

3. Pilih Cara Investasi Logam Mulia yang Anda Inginkan

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk investasi logam mulia atau emas ini. Yang pertama adalah dengan membeli emas batangan dari tempat yang legal dan terpercaya. Tentunya Anda harus mencari tahu lebih jauh mengenai tempat pembelian emas batangan yang aman.

Salah satu rekomendasi untuk membeli emas batangan adalah PT ANTAM. Dengan catatan, emas batangan tersebut Anda beli langsung di tempat penjualan resminya.

Cara yang kedua adalah dengan membuka rekening tabungan emas. Ada banyak sekali yang menawarkan rekening tabungan emas dan sekali lagi, Anda harus memilih tempat yang terpercaya agar tidak tertipu.

PT Pegadaian adalah salah satu rekomendasi yang tepat jika Anda ingin melakukan investasi logam mulia dengan membuka tabungan emas. Mengapa? Karena baik PT Pegadaian maupun PT ANTAM adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang sudah terbukti dapat dipercaya.

4. Fokus pada Tujuan Utama

Hal terakhir yang harus Anda lakukan jika sudah berhasil memutuskan untuk melakukan investasi logam mulia adalah Anda harus fokus pada tujuan utama yang sudah Anda tentukan secara detail sejak awal tadi.

Anda harus ingat bahwa tujuan umum investasi adalah untuk pengembangan aset yang artinya Anda menabung untuk masa depan dan mendapatkan keuntungan yang juga memuaskan serta maksimal.

Maka dari itu, Anda harus mengerti bahwa Anda membutuhkan kesabaran untuk memanen hasilnya karena waktu yang dibutuhkan tidaklah sebentar. Fokuslah pada tujuan utama Anda agar Anda tidak memanen hasil investasi tersebut sebelum waktu yang ditentukan. 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas Batangan dan Tabungan Emas

Seperti yang telah Anda baca di atas, ada dua pilihan investasi logam mulia terutama emas, yaitu dengan membeli emas batangan dan membuka rekening tabungan emas. Kedua pilihan ini tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang patut Anda pertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satunya.

Baca Juga:  5 Cara Mining Bitcoin Dengan Laptop Termudah Dan Pasti Aman

Kelebihan membeli emas batangan adalah prosesnya yang tidak susah dan lama. Anda hanya perlu menyiapkan uang, mencari tempat penjualan yang terpercaya lalu membelinya dengan prosedur yang ada.

Untuk kelemahan dalam membeli emas batangan, Anda harus menyimpannya di tempat yang sangat aman jika Anda ingin menyimpannya di rumah. Anda bisa memasukkannya ke dalam brankas atau safety box agar tidak mudah diambil atau dicuri orang.

Akan tetapi, sangat disarankan jika Anda menyimpannya di Safe Deposit Box yang biasanya ditawarkan oleh pihak bank. Hal ini bisa meminimalisir rasa khawatir Anda mengenai emas batangan yang Anda beli. 

Sedangkan kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika Anda membuka rekening tabungan emas adalah keamanan yang sudah pasti terjamin dan Anda bisa membayarnya setiap bulan sampai target yang Anda inginkan tercapai.

Jika Anda berinvestasi melalui tabungan emas, kekurangan yang terjadi adalah pengisian data yang harus sesuai prosedur dari pihak yang mengadakan tabungan emas itu sendiri namun untuk beberapa orang, tentu hal ini tidak jadi masalah asal keamanan terjaga dengan baik. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai investasi logam mulia. Dengan memahami cara sebelum melakukan investasi, ditambah dengan memikirkan apa saja kelebihan dan kekurangan yang bisa didapatkan, Anda pasti akan lebih yakin untuk melakukan investasi logam namun keputusan tetap berada di tangan Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai berinvestasi!