Cara Dan Contoh Proposal Kegiatan Penelitian, Tidak Sulit Proses Pembuatannya

Contoh Proposal Kegiatan Penelitian – Contoh proposal kegiatan penelitian bisa anda temukan dengan mudah di internet dan dapat dijadikan sebagai bahan referensi untuk membuatnya tersebut. Kehadiran dari proposal sendiri memang sangat penting terutama dari sebuah kegiatan. Sebab proposal sendiri memang identic dengan surat pengajuan dana dari suatu kegiatan terhadap sponsor.

Tetapi ternyata keberadaannya lebih dari itu, dimana proposal sendiri merupakan dokumen yang berisi rancangan dimana dibuat untuk mengusulkan suatu kegiatan yang dilakukan secara individu ataupun kelompok. Proposal sendiri bisa dibuat sesuai dengan tujuan masing-masing termasuk juga dengan proposal penelitian.

Mengenal Apa itu Proposal Penelitian

Sebelum mengetahui cara membuat contoh proposal, maka anda harus memahami dahulu pengertian dari proposal penelitian tersebut. Ini merupakan ringkasan singkat serta koheren dari penelitian yang diusulkan. Biasanya di dalamnya juga berisi masalah utama mengenai suatu penelitian serta langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan masalah didalamnya.

Sama seperti dengan proposal lainnya, di dalam proposal jenis inipun ternyata juga terdapat latar belakang, ide-ide dari pemecahan masalah, analisis sementara hingga apa sajakah tujuan dari kegiatan penelitian tersebut. Ada beberapa jenis penelitian yang biasanya digunakan seperti proposal penelitian pengembangan, proposal penelitian kajian pustaka, proposal penelitian kualitatif hingga proposal penelitian kuantitatif.

Cara Membuat Contoh Proposal Kegiatan Penelitian

Untuk menemukan contoh proposal ini sendiri, anda memang bisa menemukannya dengan mudah di internet. Namun perlu diketahui, anda harus membuat proposal ini secara struktur dan sistematika. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena jenis proposal inipun berbeda dengan proposal lainnya dimana terkesan lebih kaku. Adapun beberapa komponen didalamnya diantaranya adalah

  1. Nama atau judul
  2. Pendahuluan yang berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan masalah, manfaat hingga keaslian penelitian
  3. Menyusun tinjauan pustaka
  4. Membuat metode penelitian yang digunakan
  5. Jadwal pelaksanaan kegiatan penelitian
  6. Melengkapi daftar orang-orang dimana terlibat dalam kegiatan tersebut
  7. Rincian seluruh kegiatan dari kegiatan
Baca Juga:  Ini Jenis Dan Contoh Proposal Yang Wajib Anda Ketahui!

Pertanyaan Seputar Proposal Kegiatan Penelitian

Berikut ini beberapa jenis pertanyaan seputar proposal kegiatan penelitian yang sering diajukan oleh banyak orang diantaranya adalah

  1. Apa saja jenis metode penelitian yang digunakan? Jenis penelitian, populasi dan sampel, variabel, definisi operasional, instrumen penelitian, Teknik pengolahan data, keterbatasan, daftar pustaka dan lampiran
  2. Apa tujuan dari proposal penelitian? Untuk menguraikan dan menjelaskan maksud dan tujuan diadakan penelitian tersebut secara lebih spesifik serta jelas. Didalamnya mencakup tujuan utama dan tambahan
  3. Jenis-jenis proposal kegiatan penelitian? Penelitian pengembangan, penelitian kajian pustaka, penelitian kuantitatif, serta penelitian kualitatif.

Kesimpulan

Keberadaan proposal sendiri memang menjadi dokumen yang sangat penting termasuk dengan proposal penelitian. Dengan keberadaan proposal inilah dapat menjelaskan apa sajakah tujuan dari kegiatan penelitian jauh lebih rinci. Sudah paham bagaimanakah contoh proposal kegiatan penelitian diatas.