Cara Budidaya Tanaman Hias Dan Merawatnya

Manusia rata-rata menyukai keindahan, salah satunya keindahan mempercantik rumah mereka dengan tanaman hias. Halaman rumah ataupun ruangan yang diberi tanaman akan memberikan kesan keindahan dan merawat kesehatan keluarga. Beberapa jenis tumbuhan yang bisa Anda manfaatkan untuk tanaman hias seperti semak, pohon, bunga, dan sebagainya. Berikut ini cara merawat dan budidaya tanaman hias yang perlu Anda ketahui:

Cara budidaya tanaman hias

Tanaman hias merupakan semua jenis tanaman apapun dengan sengaja ditanam sebagai hiasan halaman atau ruangan dengan tujuan untuk dekorasi. Menariknya, tanaman hias bisa ditanam di dalam ruangan yang ditanam menggunakan pot ataupun di luar rumah yang ditanam tanpa pot. Bagi sebagian orang tanaman hias selalu diidentikkan dengan tanaman yang berbunga. Namun, ternyata tanaman hias tidak selalu berjenis bunga, akan tetapi kesan dari tanaman yang diperoleh dari buahnya, daunnya, batangnya, kulit kayu, dan bahkan wangi dari tanaman tersebut bisa dikategorikan menjadi tanaman hias.

Cara merawat dan budidaya tanaman hias berbeda dari cara budidaya menanam buah atau tanaman pertanian seperti budidaya bawang merah. Tanaman hias ini dibudidayakan karena penampilannya bukan untuk keperluan lain seperti obat-obatan, pelengkap kuliner, kecantikan, dan sebagainya. Sehingga yang paling penting dari tanaman hias adalah kualitas dari tampilan tanaman tersebut. Tanaman bunga juga tidak semuanya dikategorikan sebagai tanaman hias, pertimbangan yang paling mencolok adalah ada beberapa jenis bunga yang hanya mekar di waktu musim tertentu atau bahkan tidak setiap tahun. Oleh sebab itu, para ahli taman memakai metode tertentu supaya tanaman yang berbunga dalam durasi yang lebih lama dari yang seharusnya.

 Selain dari wanginya, kategori tanaman hias bisa dilihat dari bentuk dan juga warnanya yang menarik. Beberapa dari tanaman hias yang dibudidayakan memiliki warna daun yang begitu mencolok perhatian. Warna daun tanaman hias dianggap memiliki keindahan yang beragam, mulai dari warna orange yang terang, hijau, kuning, sampai merah. Tanaman hias juga memiliki jenis tanaman berdaun gugur dan ada juga jenis tanaman hijau di sepanjang tahun. Kategori tanaman hias lainnya berjenis rerumputan dengan beragam bentuk dan juga warna yang indah dan cantik.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Konawe Kepulauan

Beberapa jenis kategori tanaman hias

Tanaman hias dikategorikan dari keindahannya yang dilihat dari daun, bentuk tampilannya, warna, dan wangi yang dihasilkan, beberapa contoh jenis tanaman hias diantaranya:

1. Tanaman bunga hias

Tanaman bunga hias merupakan salah satu tanaman hias yang paling banyak diminati di kalangan masyarakat karena keindahannya. Bunga hias ini tumbuh dengan bunga yang warna-warni, selain itu juga baunya harum sekali sehingga bagi yang menciumnya memberikan rasa yang tenang dan menyenangkan mata yang melihat. Beberapa contoh bunga hias yang dibudidayakan:

  • Bunga sepatu, jenis bunga ini begitu banyak ditanam di halaman rumah dan hampir rata-rata ditanam di rumah-rumah pedesaan. Selain menanamnya mudah, cara merawatnya pun juga mudah bahkan bagi pemula. Jenis bunga sepatu ini memiliki aneka warna, mulai dari putih, kuning, merah, ungu, dan merah muda.

  • Tanaman bunga amarilis, bunga ini berwarna putih dengan semburat warna jingga atau merah ini terlihat sangat indah dan menawan, apalagi warnanya sangat kontras dengan warna daunnya yang hijau. Jenis bunga amarilis ini biasanya banyak diletakkan di dalam ruangan dengan menggunakan pot, bisa juga ditanam di luar rumah.

  • Tanaman bunga anggrek, bunga jenis ini termasuk paling favorit bagi para pecinta tanaman di negara Indonesia sendiri. Beragam jenis bunga anggrek yang paling populer di Indonesia yakni anggrek kalajengking, anggrek hitam, anggrek kebutan, anggrek bulan, anggrek sendok, anggrek kerlip, anggrek kasut kumis, dan sebagainya.

  • Tanaman bunga teratai, tanaman bunga ini tumbuh di air yang tenang seperti sungai atau kolam. Bunga ini merupakan spesies yang sudah tersebar luas baik kawasan tropis maupun subtropis yang ada di seluruh dunia. Bunga teratai paling mudah tumbuh di air maupun di dasar lumpur dengan warna bunganya yang indah dan menarik perhatian.

  • Tanaman bunga bougenville merupakan bunga yang paling populer dikarenakan mempunyai warna yang banyak. Metode perawatannya cukup mudah dan seringkali disebut sebagai bunga kertas yang memiliki tekstur yang tipis pada kelopak bunganya.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Banggai Kepulauan

2. Pohon cemara

Pohon cemara juga termasuk kategori tanaman hias karena bentuk dari tanamannya yang indah dengan berbagai macam jenis. Tanaman ini biasanya ditanam dalam ukuran yang asli di depan rumah, ada juga yang menanamnya menjadi bonsai dengan ukuran yang kecil untuk diletakkan di ruangan. Berikut ini beberapa jenis pohon cemara yang populer di Indonesia, antara lain:

  • Pohon cemara perak, disebut seperti itu dikarenakan daun pohon cemara jenis memancarkan warna perak bila terkena paparan sinar matahari. Pohon cemara jenis ini tumbuh dengan maksimal ketinggian 1 meter.

  • Pohon cemara angin, pohon jenis cemara yang unik dikarenakan daunnya yang tipis dan mirip sekali dengan tanaman pinus. Warna pohon cemara ini berwarna hijau terang seperti rumput dengan ukuran daun yang panjang.

  • Pohon cemara inoki, pohon ini ditanam di luar rumah yang dijadikan sebagai tanaman bonsai. Pohon cemara jenis biasanya dijadikan sebagai pembatas taman dengan keahlian para penanam dalam merawatnya.

3. Tanaman kaktus hias

Tanaman kaktus juga dibudidayakan sebagai tanaman hias yang banyak digemari oleh masyarakat karena bentuk dan jenisnya yang variatif. Bentuk tanaman kaktus yang unik dan menarik sehingga banyak dijadikan sebagai koleksi tanaman hias. Berikut ini beberapa contoh jenis tanaman kaktus hias yang banyak dibudidayakan menjadi tanaman hias, yaitu:

  • Tanaman kaktus ariocarpus, tanaman yang memiliki duri yang sedikit, bentuknya seperti prisma dan bunganya berwarna ungu. Tanaman kaktus ini sering diletakkan didalam ruangan dengan pot yang cantik. Durinya juga tidak membahayakan bilamana tersentuh kulit.

  • Tanaman kaktus parodia, tanaman kaktus yang memiliki bunga pada bagian atas. Bunganya mempunyai warna yang beragam mulai dari warna merah, kuning, dan merah muda. Jenis duri pada kaktus ini berada di bagian bawah mirip dengan bola yang berduri.

  • Tanaman kaktus cereus tetragonus yang berasal dari Amerika Serikat yang menyerupai kastil dan tumbuh hingga 2 meter.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Banggai

Cara merawat tanaman hias

Tanaman hias yang ditanam tentu membutuhkan perawatan yang intensif untuk kelangsungan hidup tanaman tersebut. Berikut ini cara merawat budidaya tanaman hias yang perlu Anda lakukan:

  1. Menyiram dengan rutin. Tanaman hias perlu disiram secara rutin setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan air dalam melakukan proses fotosintesis. Intensitas dalam menyiram disesuaikan dengan kebutuhan tanaman hias tersebut.
  2. Melakukan pemupukan. Pupuk dapat membantu pertumbuhan pada tanaman hias, biasanya para ahli taman menggunakan pupuk buatan ataupun pupuk kompos yang lebih alami.
  3. Memberikan pestisida ataupun insektisida. Tanaman hias juga bisa saja diserang hama dan penyakit kapan saja, sehingga perlu diberikan pestisida ataupun insektisida  pada tanaman hias tersebut sesuai dengan hama dan penyakit yang menyerang. Itulah tadi cara merawat dan membudidayakan tanaman hias yang bisa Anda praktikkan saat memulai menanam tanaman hias.