Cara Berhenti Asuransi AIA BCA yang Perlu Anda Perhatikan

Cara Berhenti Asuransi AIA BCA – Apakah Anda ingin berhenti dari asuransi karena ada masalah tertentu? Jika iya, maka cari tahu dahulu seperti apa cara berhenti asuransi AIA BCA. Dengan begitu, proses berhenti tersebut akan mudah dan cepat dilakukan karena persiapannya sudah matang dari awal.

Beberapa Alasan Umum Berhenti dari Asuransi

Penutupan asuransi pada dasarnya bisa dilakukan. Beberapa orang umumnya memiliki alasan tertentu mengapa berhenti menggunakan asuransi tersebut. Sebagai informasi, di bawah ini merupakan beberapa alasannya:

  • Terlalu Banyak Asuransi yang Diikuti

Alasan pertama mengapa Anda perlu berhenti dari asuransi adalah sudah memiliki asuransi yang terlalu banyak jenisnya. Pasalnya, adanya banyak asuransi yang diikuti tersebut menyebabkan biaya pertanggungan semakin besar. Apabila Anda tidak memiliki dana tersebut, tentu saja bisa menjadi beban. 

  • Asuransi Tidak Sesuai Kebutuhan

Alasan lainnya adalah ketika mendaftarkan diri menjadi peserta asuransi ternyata tidak sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, ketika Anda mempunyai rencana hidup tertentu maka bukan tidak mungkin apabila sewaktu-waktu rencana hidup tersebut berubah. Tidak heran jika nantinya asuransi tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi. Hal ini berarti, tidak mengapa apabila memilih untuk menutupnya.

  • Ingin Menghemat Dana Bulanan

Anda juga bisa menutup asuransi dengan alasan ingin menghemat dana bulanan. Cara ini tentu akan lebih mudah untuk menyelamatkan cashflow. Terlebih, kondisi finansial seseorang bisa saja berubah dari waktu ke waktu. Tidak heran jika pembayaran premi menjadi cukup berat dan sulit. Penutupan asuransi bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi pengeluaran bulanan tersebut.

  • Fitur Asuransi Tidak Lengkap

Salah satu hal yang kerap menjadi alasan untuk menutup asuransi adalah fiturnya tidak lengkap. Umumnya, hal ini terjadi karena nasabah ingin melakukan upgrade perlindungan ataupun kebutuhan. Sementara hal tersebut tidak dapat dilakukan oleh perusahaan asuransi.

  • Manfaat Kurang Optimal

Apabila asuransi yang Anda beli tidak dapat memberikan asuransi yang optimal, maka ini juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa perlu menutupnya. Terlebih, sekarang ini sudah ada banyak jenis asuransi yang ditawarkan dengan manfaat lebih banyak.

  • Pindah Kewarganegaraan

Tahukah Anda bahwa beberapa produk asuransi umumnya hanya memiliki cakupan coverage dalam negeri saja. Tidak heran jika ketika Anda berada di luar negara tersebut semua kebutuhan kurang optimal dicover oleh perusahaan asuransi. Ini juga menjadi alasan mengapa perlu melakukan penutupan.

  • Keterbatasan Biaya

Hal ini tentu sering terjadi ketika nasabah sudah tidak mampu lagi dalam membayar premi. Keterbatasan biaya tersebut membuat banyak nasabah memutuskan untuk menutup asuransinya karena pembayaran sudah tidak bisa lagi dilakukan.

Baca Juga:  Keunggulan Produk Asuransi Sinar Mas yang Sering Dipilih Masyarakat Indonesia

Syarat dan Ketentuan Penutupan Asuransi AIA

Sebelum mengetahui cara berhenti asuransi AIA BCA, ada baiknya Anda memahami dahulu seperti apa syarat dan ketentuan penutupan asuransi tersebut. Pasalnya, proses berhenti dari asuransi ini sendiri tentu memiliki aturannya sendiri. Di bawah ini beberapa diantaranya:

  • Penebusan polis hanya bisa Anda lakukan jika formulir asli dan berkas lainnya sesuai persyaratan sudah diisi dengan lengkap dan benar
  • Polis yang sudah dibatalkan tidak bisa lagi melakukan pemulihan
  • Penutupan asuransi ini dikenakan biaya administrasi bank dan perlu ditanggung oleh pemegang polis. 
  • Terdapat pula biaya administrasi pembatalan SPAJ/Polis serta biaya pemeriksaan kesehatan jika ada yang perlu ditanggung oleh peserta asuransi sesuai dengan ketentuan

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Berhenti Asuransi AIA

Sebelum benar-benar berhenti dari asuransi, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dipersiapkan mengenai proses berhenti dari jasa asuransi tersebut. Apabila ingin membatalkan asuransi AIA, maka nasabah akan diminta mengisi formulir permohonan pembatalan terlebih dahulu.

Dalam hal ini, nasabah perlu menyiapkan beberapa berkas. Apa saja berkas tersebut? Berikut ini beberapa berkas penting yang perlu Anda persiapkan jauh-jauh hari agar proses penutupan asuransi berhasil dilakukan:

  • Nama pemegang polis
  • Nomor polis
  • Kewarganegaraan
  • Lampiran fotocopy identitas pemegang polis yang berlaku, contohnya seperti KTP/Paspor/SIM bagi WNI
  • Lampiran fotocopy identitas pemegang polis yang berlaku, contohnya seperti KIMS/KITAS/KITAP bagi WNA serta mengisi formulir orang asing
  • Siapkan juga alasan mengapa melakukan pembatalan asuransi
  • Isi data rekening dengan tujuan untuk mengembalikan premi, mulai dari nama pemilik rekening, nomor rekening, serta nama bank

Dokumen Lain yang Perlu Dipersiapkan untuk Pembatalan Asuransi

Selain beberapa poin di atas, pada dasarnya masih ada banyak dokumen lain yang perlu Anda persiapkan ketika ingin membatalkan penggunaan asuransi. Apa saja dokumen-dokumen tersebut? Di bawah ini diantaranya:

  • Polis asli
  • Fotocopy identitas pemegang polis yang masih berlaku, contohnya Paspor/SIM/KTP
  • Surat kehilangan dari pihak kepolisian yang ditandatangani oleh pemegang polis. Hal ini wajib disiapkan apabila polis tersebut hilang.
  • Apabila surat kehilangan dari polisi tersebut tidak ditandatangani oleh pemegang polisnya, maka perlu melampirkan surat pernyataan hilang dengan tanda tangan dari pemegang polis di atas materai.
  • Formulir beda tanda tangan dengan materai yang perlu ditandatangani langsung oleh pemegang polisnya terutama apabila ada perbedaan tanda tangan
Baca Juga:  5 Asuransi Terbaik di Indonesia dan Tips Memilih Perusahaan yang Benar

Bagaimana Cara Berhenti Asuransi AIA BCA?

Apabila Anda sudah benar-benar yakin untuk menutup dan berhenti dari asuransi AIA BCA, maka ada baiknya memahami beberapa langkahnya terlebih dahulu. Dengan begitu, proses penutupan dapat dilakukan dengan lancar. Di bawah ini diantaranya:

  • Siapkan Semua Persyaratannya

Apabila Anda ingin berhenti dari asuransi satu ini, maka perhatikan dahulu syarat dan ketentuannya yang sudah dijelaskan di atas. Setelah itu, usahakan juga untuk memenuhi setiap dokumen penting yang perlu disiapkan agar proses penutupan asuransi dapat berhasil diproses dengan cepat.

  • Hubungi Pihak BCA

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin berhenti dari asuransi ini adalah dengan menghubungi pihak BCA terlebih dahulu. Pastikan terhubung secara langsung dengan pihak bank sehingga Anda perlu terhubung lagi ke pihak asuransinya.

  • Hubungi Pihak AIA

Selanjutnya, Anda perlu meminta permohonan pembatalan asuransi pada AIA. Apabila sudah terhubung dengan pihak tersebut, maka AIA akan memberikan formulir penutupan asuransi. Usahakan untuk mengisi formulir tersebut dahulu dengan baik dan benar.

  • Kosongkan Saldo Rekening Anda

Apabila Anda masih kesulitan dalam menghubungi pihak AIA, maka cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengosongkan saldo rekening auto debet. Saldo ini sendiri umumnya diperlukan untuk membayar premi bulanan asuransi. 

Apabila melakukan cara ini, maka pihak AIA akan menghubungi Anda. Tujuannya adalah untuk menanyakan kelanjutan pembayaran asuransi. Kemudian, sampaikan bahwa ingin berhenti dari asuransi tersebut.

  • Mulai Tutup Rekening

Apabila Anda sudah mengosongkan saldo di rekening asuransi, maka tentu saja rekening tersebut sudah bisa ditutup. Apabila rekening sudah ditutup ini artinya tidak perlu lagi membayar premi bulanan dan mengisi saldo di rekening tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Pengertian dan Jenis Asuransi Tradisional yang Jarang Diketahui

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara berhenti asuransi AIA BCA. Usahakan untuk memahami dan menerapkan semua cara yang sudah disebutkan di atas. Agar nantinya proses penutupan dapat dengan cepat dilakukan. Apabila Anda sudah berhasil menutup asuransi, maka tentu tidak perlu lagi membayarkan biaya bulanan asuransi.