Bisnis Daring Dan Pemasaran: Prospek Kerja Dan Detailnya

Perkembangan teknologi dan peradaban yang cepat membuat dunia bisnis harus berkembang mengikuti. Dengan kecepatan perkembangan ini, bisnis yang semula hanya dilakukan face to face secara langsung, kini bisa bergantung kepada perangkat teknologi informasi.

Bahkan dalam bangku sekolah formal, terdapat sebuah jurusan yang fokus mempelajari tentang bisnis yang dilakukan secara daring beserta pemasarannya ini. Biasa disingkat BDP dengan kepanjangan Bisnis daring dan pemasaran.

Tidak berhenti sampai di situ, jurusan ini mempelajari mulai dari perencanaan, pengelolaan, pengawasan, sampai dengan evaluasi dari bisnis yang sudah dilakukan.

Penasaran dengan pembahasan tentang BDP? Simak ulasan berikut sampai selesai.

Pengertian Bisnis Daring dan Pemasaran

Bisnis daring dan pemasaran merupakan kompetensi atau jurusan yang mempelajari tentang dasar-dasar keilmuan dan kemampuan untuk menjadi seorang marketing. Meski menggunakan kata “daring” tetapi pembelajarannya tidak hanya berfokus ke sana. Pembelajaran menjadi seorang marketing konvensional juga dipelajari.

Silabus Bisnis daring dan pemasaran mencakup mempelajari strategi pasar, membentuk perencanaan, mengelola pemasaran, melakukan pengawasan, sampai tata cara mengevaluasi kegiatan bisnis beserta pemasarannya.

Prospek Karier Lulusan BDP

Karena masih dianggap asing dan jarang ditemukan, banyak orang mempertanyakan prospek kerja apa saja yang membutuhkan tenaga seorang lulusan BDP. Berikut pembahasannya

1. Marketing Analyst

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, seorang lulusan BDP diberi pembelajaran tentang secara secara menyeluruh. Oleh karena itu menjadi seorang marketing Analyst adalah prospek kerja yang cukup menjanjikan dan memerlukan tenaga lulusan BDP.

Terutama dalam bidang marketing online yang sekarang ramai digunakan, tenaga seorang lulusan BDP akan sangat berdampak pada hasil pemasaran. Tugas dan tanggung jawab utama seorang marketing analyst adalah melakukan riset kemudian mengumpulkan informasi terkait kondisi pasar. Karena itu lulusan dari bisnis daring dan pemasaran adalah personel yang cocok untuk bagian ini.

Baca Juga:  6 Nama Trading Dengan Deposit Kecil Yang Cocok Bagi Para Trader Pemula

Hal-hal yang menjadi sasaran riset seorang market analyst antara lain tren pasar, perilaku konsumen, analisis produk berpotensi, pergerakan competitor, sampai pada potensial para pelanggan yang menjanjikan.

Tidak berhenti di situ, profesi ini bertanggung jawab untuk mengevaluasi hasil kampanye yang dilakukan dengan pemasaran dengan target pasar yang sudah ditentukan. Kisaran gajinya juga cukup memuaskan, di angka 4 juta sampai 8 juta per bulannya.

2. Sales Excecutive

Prospek kerja berikutnya adalah sebagai seorang sales executive. Tugas utamanya adalah sebagai perantara atau jembatan antara perusahaan dan konsumen. Sales executive tidak akan pernah mati, karena setiap perusahaan pasti memerlukan sales untuk menyampaikan produknya pada konsumen.

Tanggung jawab anda dalam prospek kerja ini adalah strategi penjualan secara keseluruhan. Pendapatan per bulan yang bisa Anda dapatkan dalam karir ini dimulai dari angka 2 juta sampai 7 juta. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan bonus 10 sampai 15 persen tiap penjualannya.

3. Supervisor Marketing

Salah satu peran yang sangat penting dalam pemasaran adalah Supervisor Marketing. Karena personel dengan peran Supervisor Marketing bertanggung jawab pada memastikan apapun yang dilakukan sesuai dengan jalurnya. Dengan kata lain, supervisor marketing memastikan segala sesuatunya sesuai tujuan.

Tanpa adanya supervisor marketing, pemasaran yang dilakukan bisa melenceng dari tujuan awal. Dampaknya tujuan yang sejak awal sudah dicanangkan bisa terhambat bahkan tidak terpenuhi. Karena itu, materi ini masuk dalam pembelajaran di bisnis daring dan pemasaran.

Tugas utama yang menjadi tuntutan seorang supervisor Marketing antara lain mengidentifikasi, mengembangkan, dan menerapkan strategi yang akan digunakan untuk memasarkan produk. Anda juga perlu menerapkan inovasi-inovasi agar penjualan yang dilakukan terus membaik seiring waktu.

Baca Juga:  Biaya Admin Untuk Jualan di Shopee dan Tokopedia

Kisaran pendapatan yang akan anda dapatkan sebagai supervisor Marketing berada di kisaran 3 juta sampai 7 juta setiap bulannya.

4. Social Media Marketing

Seperti Namanya yaitu bisnis daring, bidang ini juga menekuni pada social media marketing. Hal ini dikarenakan pemasaran di social media cukup efektif dan mendapatkan banyak hasil. Didukung dengan fakta bahwa masyarakat menghabiskan hampir 8 jam dalam sehari membuka sosial media.

Tanggung jawab utama social media marketing dari bidang bisnis daring dan pemasaran antara lain merancang dan mengeksekusi strategi pemasaran yang cocok di dalam media sosial, seperti membuat konten, engagement, sampai iklan seperti iklan facebook, google, atau Instagram.

Pendapatan seorang social Media marketing juga tidak kalah tinggi. Meskipun jobdesk-nya bisa dikatakan cukup enjoy dengan berputar-putar di social media, tetapi pendapatan yang diperolehnya selama satu bulan cukup menjanjikan, di kisaran 2.5 juta sampai 6 juta.

5. Digital Marketing Staff

Jika lulusan bisnis daring dan pemasaran mampu untuk menjadi seorang supervisor, tentu untuk menjadi staff tidak akan mengalami masalah. Digital Marketing yang merupakan prospek pekerjaan menjanjikan di masa kini, terbuka lebar untuk lulusan BDP yang berminat.

Secara sekilas digital marketing hampir sama seperti social media marketing. Akan tetapi keduanya memiliki perbedaan. Dalam digital marketing, platform yang digunakan lebih luas dan persaingannya lebih besar lagi. Hal ini dikarenakan platform yang digunakan untuk marketing berisikan perusahaan lainnya.

Berbeda dengan sosial media marketing yang berfokus pada penjualan di social media, dimana para pengunjungnya hanya perlu scroll, digital marketing perlu memahami tentang search engine dan rinciannya, termasuk platform pemutaran video.

Kisaran pendapatan untuk seorang digital marketing staff cukup besar, dikarenakan pekerjaannya yang mencakup banyak hal. Dalam sebulan pendapatannya di kisaran 3 sampai 8 juta.

Baca Juga:  4 Lowongan Bisnis Online Tanpa Modal Dengan Peluang Cuan Melimpah

6. Public Relation

Sama seperti menjadi seorang sales, public relation atau hubungan masayrakat berarti berhubungan langsung dengan pelanggan. Hubungan ini sangat krusial, karena tanpa humas yang memadai, sebuah perusahaan bisa mudah mendapatkan citra buruk.

Humas akan berhubungan dengan pelanggan yang puas, tidak puas, bahkan calon pelanggan yang banyak bertanya. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi dan mengolah kata seorang anggota hubungan masyarakat perlu dilatih. Di sisi lain, penampilan juga sangat mendukung.

Anda akan mendapatkan pendidikan untuk menjadi personel humas yang baik dalam materi bisnis dan pemasaran yang didapatkan di bangku pendidikan formal. Tidak hanya secara materi atau teori saja, tetapi juga praktiknya.

Pembelajaran Bisnis Daring dan Pemasaran

Terdapat tiga tingkatan dalam materi BDP, mulai dari dasar bidang keahlian, kemudian dasar program keahlian, dan kompetensi keahlian. Dalam pembelajarannya pun tiap tingkatan memiliki bagian yang perlu dituntaskan.

Pada tingkatan Dasar Bidang keahlian, materi yang perlu dituntaskan antara lain simulasi & komunikasi digital, ekonomi binsis, administrasi umum, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kemudian pada dasar program keahlian antara lain marketing, perencanaan bisnis, dan komunikasi bisnis.

Terakhir pada tingkatan kompetensi keahlian antara lain penataan produk, bisnis online, pengelolaan bisnis ritel, administrasi transaksi, dan produk kreatif kewirausahaan.

Itulah ulasan tentang jurusan Bisnis daring dan Pemasaran untuk referensi anda ketika hendak memilih jurusan. Bidang ini bisa ditemukan di pendidikan SMK atau sederajat.

Artikel Terkait