Berikut Bisnis Online Untuk Pelajar, Solusi Tidak Jadi Beban Keluarga Lagi

Memiliki pengalaman berbisnis sejak dini adalah sebuah keunggulan tersendiri. Mampu menghasilkan uang dari jerih keringat sendiri dan menikmati hasilnya, adalah prestasi yang patut untuk disyukuri terutama bagi seorang pelajar.

Namun bisnis sering kali identik dengan modal yang besar. Padahal tanpa modalpun anda bisa memulai bisnis online untuk pelajar, dengan tujuan menambah uang jajan dan mengurangi beban keluarga. Hal ini didukung dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga memungkinkan bisnis dilakukan secara online tanpa mengganggu jam pelajaran.

Penasaran dengan pembahasan bisnis online yang bisa dilakukan oleh para pelajar? Simak ulasan berikut sampai selesai.

1. Dropshipper atau Reseller

Bisnis online untuk pelajar yang pertama yaitu Dropshipper atau Reseller. Mendapatkan uang dengan menjual produk orang lain atas nama diri sendiri adalah konsep dari bisnis dropship. Anda bisa memulai dengan membuat toko online di platform e-commerce dan menjajakan produk yang sekiranya berpotensi mendatangkan keuntungan.

Untuk menjaring lebih banyak customer dalam bisnis online untuk pelajar tanpa modal dengan cara menjadi dropship atau reseller, anda bisa bekerja sama dengan brand terkenal atau produk yang sudah terjamin kualitasnya.

Dikarenakan dropship tidak mengharuskan anda untuk membeli stok produk, tetapi hanya menyalurkan saja dari supplier kepada pelanggan, keuntungan yang anda dapatkan bisa langsung keuntungan bersih.

2. Usaha Desain

Dengan kemampuan yang masih akan terus berkembang, dunia desain menjadi salah satu tempat yang direkomendasikan untuk memulai bisnis online untuk pelajar. Memang terkadang pekerjaan yang dilakukan cukup menyita waktu, akan tetapi hasil yang didapatkan juga cukup besar dan jelas.

Di sisi lain dengan banyaknya template yang ada, anda hanya memerlukan kreativitas untuk mengotak-atik template yang tersedia, sehingga menjadi sebuah desain baru yang unik. Cara bisnis online untuk pelajar ini tidak memerlukan banyak modal, hanya device yang memadai untuk desain.

Baca Juga:  Mari Cerdas Berbisnis Dengan Template Bisnis Model Canvas

3. Bisnis Pulsa & Kuota

Tidak bisa dipungkiri dengan perkembangan iptek yang semakin pesat, pulsa dan kuota adalah kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap orang. Tanpa keduanya, seseorang akan tertinggal dan tidak mendapatkan informasi terbaru.

Oleh karena itu, membuka jasa isi pulsa atau kuota menjadi bidang rekomendasi bisnis online untuk pelajar. Pasalnya pulsa dan kuota internet sangatlah dibutuhkan dalam dunia pendidikan, terutama ketika hendak mengerjakan tugas dan berkomunikasi dengan teman satu kelompok.

Untuk menjadi seorang pedagang pulsa dan kuota anda tidak memerlukan banyak modal. Hal ini dikarenakan pulsa dan kuota online bisa didapatkan dengan membeli langsung dari smartphone di aplikasi-aplikasi e-wallet, atau mendaftar sebagai agen pulsa resmi dari aplikasi yang disediakan provider.

4. Jasa Pembuatan Artikel

Informasi adalah aset yang sangat berharga. Artikel menyediakan informasi yang faktual dan menarik sehingga menjadi salah satu bidang yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tempat berbisnis. Membuat artikel tergolong pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan asalkan memiliki kemampuan linguistik yang bagus.

Ditambah dengan kemampuan membuat artikel yang baik, kemampuan dalam mengerjakan tugas dari sekolah akan terdorong menjadi lebih cepat dan mudah. Hal ini dikarenakan penggunaan otak yang tidak jauh berbeda antara membuat artikel dengan mengerjakan tugas dari sekolah.

Oleh karena itu, bisnis online untuk pelajar dalam bidang pembuatan artikel memiliki dampak yang baik kepada kondisi keuangan maupun kemampuan akademis seorang pelajar. Anda tidak hanya mendapatkan pendapatan dari menulis artikel tersebut, tetapi juga menambah wawasan pengetahuan anda.

5. Editing Video

Setelah sebelumnya membahasa bisnis desain, yang tidak kalah menjanjikan adalah jasa dalam bidang editing video. Bidang ini memiliki prospek yang lebih baik daripada desain grafis gambar yang stagnan. Meskipun peralatan dan kemampuan untuk bidang bisnis ini memang lebih besar.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Konawe Utara

Akan tetapi, media kini yang Sebagian besar menggunakan media video menjadi peluang besar untuk dimasuki sebagai pebisnis. Bidang ini bukan tanpa modal, tetapi bidang bisnis sebagai editor video adalah bidang bisnis online buat pelajar yang cukup direkomendasikan karena bisa dilakukan di waktu luang ketika di rumah.

Selain itu, dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, mengedit video bukanlah hal yang terlalu sulit dan impossible untuk dilakukan pelajar. Anda bisa belajar dasar-dasar editing video dari sumber youtube atau video video sejenisnya.

6. Fotografer

Foto selalu memiliki nilai di mata para pecintanya. Karena itu cukup banyak platform yang menyediakan komisi untuk para fotografer yang mau bekerja sama untuk menjual foto di dalam platformnya. Oleh karena itu, menjadi seorang fotografer adalah salah satu bidang bisnis menjanjikan yang dapat dilakukan oleh pelajar.

Anda bisa menjual produk foto anda di platform online, dan mendapatkan hasil penjualannya dari orang-orang yang membeli. Untuk menjangkau pelanggan yang lebih jauh, anda bisa mempromosikan foto yang sudah anda pasang di sebuah platform, di dalam media sosial anda.

Tidak harus menggunakan kamera yang mahal, hasil fotografi yang bagus juga bisa didapatkan dengan kemampuan kamera smartphone di zaman sekarang. Dengan maraknya pemilik smartphone yang dirasa tidak ada satu pelajarpun di Indonesia yang tidak memiliki smartphone, bisa dikatakan menjadi seorang fotografer adalah bisnis online untuk pelajar yang hanya modal smartphone.

7. Jual Barang Preloved

Pada bagian pertama disarankan untuk menjual barang orang lain dengan menggunakan metode dropship. Pada bagian kali ini, untuk anda sebagai pelajar yang cukup memiliki modal pakaian, barang, dan outfit branded yang sudah tidak digunakan, anda bisa menjualnya Kembali di platform online.

Baca Juga:  9 Peluang Bisnis Yang Menguntungkan Saat Pandemi

Bisnis ini cukup menguntungkan karena anda bisa mendapatkan uang dari barang yang sudah tidak anda gunakan. Dengan begitu, uang yang anda dapatkan bis digunakan untuk membeli barang branded terbaru, untuk kemudian ketika sudah tidak terpakai bisa dijual lagi. Uang terus berputar dan anda mendapatkan untungnya.

Anda bisa menjual barang-barang anda di platform terpercaya yyang menyediakan garansi untuk produk, sehingga yang anda rintis adalah bisnis online untuk pelajar terpercaya dan tidak mengalami kerugian dalam melakukan bisnis.

8. Make Up Artist

Bisnis online untuk pelajar selanjutnya adalah make up artist. Dengan banyaknya tutorial make up yang beredar di internet, anda bisa mulai belajar menjadi seorang make up artist yang bisa menghasilkan uang. Pendapatan seorang make up artist yang dilakukan pelajar tentu cukup untuk menutupi biaya keinginan-keinginannya.

Anda bisa melatih kemampuan dengan melakukan praktek kepada diri sendiri, teman terdekat, sampai keluarga yang mau menjadi bahan percobaan untuk Latihan make up artist anda. Post hasil make up anda di sosial media, supaya publik mengetahui kemampuan yang anda miliki, dan mulai menggunakan jasa anda.

Itulah ulasan bisnis online untuk pelajar yang bisa anda mulai sejak di bangku sekolah. Dalam merintis bisnis tentu diperlukan kesabaran dan keuletan, terutama pada awal mula bisnis. Oleh karena itu, tetap semangat dan jangan menyerah dalam merintis usaha.