Mau Hasilkan Uang Dari Rumah? Buka Bisnis Makanan Online Rumahan Saja!

Berdiam diri di rumah bukan berarti berhenti produktif dan tidak bisa menghasilkan pendapatan. Semenjak pandemi, masyarakat mulai kebingungan sejak anjuran diam di rumah saja dan maraknya PHK.

Mau tidak mau, mereka tetap harus mencari cara untuk menghasilkan uang meski di rumah dengan menjalankan bisnis rumahan kecil-kecilan. Mulai dari jasa, bidang fashion, hingga bisnis kuliner menjadi opsi pilihan.

Anda yang mempunyai bakat memasak dan ingin coba peruntungan bisa pilih rekomendasi bisnis makanan online rumahan seperti di bawah ini.

Rekomendasi Bisnis Makanan Rumahan

1. Makanan Ringan

Siapa yang suka jajan makanan ringan sebagai teman ngemil saat sekolah atau kerja daring? Ya, jajanan ringan dan receh seperti ini ternyata bisa laris manis di e-commerce terutama dengan bumbu yang pedas.

Orang Indonesia gemar makanan pedas dan asin, hal ini bisa jadi peluang Anda untuk memulai bisnis rumahan berupa makanan ringan seperti cimol, basreng, keripik kiloan dengan varian rasa yang menggoda lidah.

Meski barang yang dijual receh dan sederhana, akan tetapi terlihat pada beberapa toko berhasil menjual hingga ribuan bungkus, loh. Tertarik?

2. Kue Ulang Tahun

Bisnis makanan online rumahan ini mulai jadi tren sejak 2020 dengan terinspirasi dari akun-akun Instagram asal Korea Selatan. Anda yang punya bakat dalam membuat kue dan melukis bisa mencoba berjualan kue ulang tahun secara online.

Satu kue berdiameter 10 cm bisa dijual mulai 60 ribu Rupiah atau ukuran besarnya yang rata-rata mematok harga diatas 100 ribu, belum termasuk dekorasi dan desainnya.

Tuangkan kreativitas Anda, berjualan kue ulang tahun juga kini sangat banyak peminatnya.

Baca Juga:  Cara Melihat Peluang Usaha Yang Baik

3. Puding Buah

Ketika hari-hari spesial tiba, biasanya kita akan saling berkirim hantaran makanan atau barang untuk kerabat juga keluarga. Salah satu ide hampers yang jadi tren saat ini yakni puding buah.

Bisnis makanan online rumahan tersebut banyak digeluti oleh ibu rumah tangga karena modal yang tak terlalu besar dan mudah untuk dibuat.

Yang membuat puding ini makin terlihat menarik dan segar adalah terletak dari penyusunan buah-buahan sebagai hiasannya, pada umumnya buah yang digunakan yakni stroberi, anggur, kiwi, jeruk mandarin.

4. Kukis Premium

Siapa yang gemar makan kukis coklat sambil dicelup ke dalam susu? Kudapan manis ini ternyata sangat mudah dibuatnya dan jadi pilihan bisnis di kalangan anak muda.

Terinspirasi dari kukis buatan Levain Bakery di New York, pada pengusaha di bidang kuliner berlomba berinovasi menciptakan kue yang punya rasa serupa buatan toko kue tersohor itu.

Bahan-bahan premium seperti butter, coklat belgia, kacang-kacangan semakin menambah cita rasa dari kukis tersebut. Tak hanya kukis coklat saja, ada juga varian lain seperti rasa red velvet, matcha, earl grey.

Anda bisa berinovasi menciptakan rasa yang baru dan belum pernah ada sebelumnya untuk bisnis makanan online rumahan ini.

5. Makanan Instan

Ide bisnis rumahan lain yang jadi rekomendasi selanjutnya adalah menjual produk makanan instan seperti bakso aci, seblak, batagor kuah. Makanan instan seperti ini sangat laris di e-commerce.

Anda bisa mencoba jadikan masakan rumahan sebagai produk makanan instan, jangan lupa cari tahu tentang cara agar makanan tersebut tidak cepat basi selama di perjalanan, ya.

6. Katering Rumahan

Bagi yang mempunyai bakat hebat dalam memasak, ini bisa menjadi jalan mendulang rejeki. Anda dapat coba membuka usaha katering makanan rumahan yang menunya bisa disesuaikan sendiri.

Terlebih semenjak muncul gerakan Jumat Berkah, banyak donatur yang butuh katering rumahan untuk dibuatkan pesanan nasi box dalam partai besar.

7. Mango Sagoo

Mango Sagoo, dessert segar asal Filipina ini kerap dijadikan pilihan untuk bisnis makanan online rumahan ketika musim mangga tiba.

Baca Juga:  3 Peluang Usaha Online Tanpa Modal

Jajanan yang dengan komposisi jus mangga yang dicampur susu evaporasi dan kental manis, ditambah sagu mutiara, agar-agar dan beberapa potong buah mangga tentu akan menarik konsumen untuk turut merasakan kesegarannya.

Mango Sagoo umumnya dijual berkisar mulai 25 ribuan hingga 50 ribuan, tergantung dengan bahan yang digunakan juga.

8. Makanan Jadul

Tak semua orang gemar dengan makanan kekinian. Meski kuliner semakin inovatif dan modern, akan tetapi makanan jaman dulu masih banyak peminatnya.

Bisnis makanan online rumahan makanan jadul seperti kue kancing, permen jahe, bolu marmer, bolu nougat, donat kampung banyak dicari oleh para pecinta kuliner yang ingin bernostalgia melalui kuliner.

Berjualan makanan jaman dulu bisa dijadikan ide untuk bisnis online rumahan Anda.

9. Kue Kering

Bisnis makanan online rumahan yang ini selalu jadi pilihan tatkala hari raya keagamaan tiba. Bagaimana tidak, keuntungan dari berjualan kue kering bisa berlipat-lipat dari modal yang dikeluarkan.

Kue kering nastar, kastengel, putri salju sering masuk ke dalam daftar kue yang tak boleh terlewatkan di ruang tamu untuk menyambut tamu.

Ide jualan kue kering tersebut bisa dikreasikan menjadi hampers kekinian dengan tambahan dekorasi, box mewah lengkap dengan kartu ucapannya.

10. Donat Kekinian

Donat, kudapan manis yang digemari semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak berseliweran di media sosial.

Jika donat kampung yang punya varian topping sederhana, ada pula donat kekinian yang menawarkan ragam topping menarik baik dari segi rasa sampai visualnya.

Donat fancy dengan topping Nutella, krim keju, paduan rasa buah siap memanjakan lidah para penikmat kue manis ini. Tampilannya yang menarik juga dapat dijadikan sebagai hampers untuk teman-teman terdekat.

11. Salad Buah

Seporsi buah-buahan disiram dengan kuah mayones yang asam bisa mendatangkan uang yang terbilang lumayan. Modal yang Anda keluarkan pun tak akan terlalu banyak.

Perpaduan beberapa buah tropis, mayones, dan keju bisa menghasilkan beberapa kotak salad buah mulai dari ukuran 200 ml sampai 1000 ml, dengan harga jualnya sekitar 20-50 ribuan.

Baca Juga:  3 Hal yang Jadikan Bisnis Makanan dan Minuman Mampu Berkembang

Meski modal yang minim, beberapa orang yang menjalankan bisnis makanan online rumahan salad buah ini bisa sampai membuka cabang, loh. Menarik, bukan?

Tips Memulai Bisnis Online Rumahan

Untuk Anda yang akan segera memulai bisnis kecil-kecilan, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicatat dan dipraktekkan.

  • Maksimalkan Sosial Media

Cara marketing era sekarang yakni memanfaatkan hadirnya sosial media. Anda bisa memaksimalkan sosmed dalam memasarkan produk yang dijual. Trik-trik berdagang lewat internet dapat Anda cari lewat Youtube atau ikut kelas digital marketing.

  • Buat Foto Produk Menarik

Orang akan lebih tertarik melihat produk dengan kualitas visual yang baik dan menarik. Usahakan foto makanan yang Anda tampilkan dapat menggugah selera agar menarik calon konsumen untuk membeli.

Untuk membuat produk bisnis makanan online rumahan kian menarik, bisa pakai bantuan jasa foto produk.

  • Gunakan Jasa Paid-Promote

Strategi marketing lain yang bisa dipakai adalah menggunakan jasa paid-promote untuk memasarkan produk. Penggunaan jasa ini bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki dan selalu lakukan riset terlebih dulu.

  • Berikan Promo

Calon konsumen biasanya akan tertarik ketika mendengar kata “promo”. Sebagai bentuk pengenalan produk ke masyarakat, Anda bisa menawarkan promo seperti buy 1 get 1, potongan diskon atau gratis ongkos.

Itulah rekomendasi dan tips bisnis makanan online rumahan yang bisa jadi inspirasi Anda. Sudah tahu akan berjualan apa?