Anti Ribet, Begini Cara Nabung Saham Di BCA Sekuritas!

Cara Nabung Saham Di BCA Sekuritas – Investasi saham merupakan sebuah tren baru masa kini khususnya bagi anak muda yang mulai melek keuangan. Lain hal dengan menabung uang di bank yang hanya mengandalkan bunga dengan keuntungan sedikit per tahunnya. Dengan mulai melek investasi dapat memberikan keuntungan yang lebih baik, khususnya bila dilakukan secara jangka panjang.

Meskipun investasi dalam bentuk saham memiliki resiko, namun resiko tersebut dapat diminimalisir dengan mempelajari instrumen-instrumen investasi dengan baik dan benar. Selain itu, banyak sekali yang belum berani memulai jalan berinvestasi dikarenakan tidak tahu harus memulai dengan jalan seperti apa.

Faktanya, nabung saham sangatlah mudah dan tentunya terjamin keamanannya. Salah satu sekuritas yang sangat direkomendasikan bagi pemula adalah BCA Sekuritas. Perlu anda tahu bahwa sekuritas ini merupakan salah satu yang paling populer dan terpercaya di Indonesia.

Merupakan bagian dari BCA Group, sekuritas ini memiliki saham-saham yang yang bernilai tinggi dan cenderung stabil. Sehingga resiko penurunan harga saham sangatlah kecil. Perusahaan sekuritas sendiri memiliki peran sebagai penyedia rekening efek untuk investor perorangan, serta memberi bantuan dalam kegiatan transaksi jual beli saham.

Sekuritas merupakan bukti utang atau bukti pernyataan modal investor seperti obligasi, deposito, sertifikat, wesel dan saham. Dengan adanya sekuritas hal ini mampu membantu anda yang masih meraba-raba soal  awal mula mencicip dunia perinvestasian.

Memiliki Buku Rekening BCA

Sebelum anda penasaran bagaimana Cara Nabung Saham di BCA Sekuritas, langkah utama yang harus anda lakukan sebagai investor pemula adalah memiliki buku rekening BCA.

Baca Juga:  Tips Menabung Saham untuk Meraih Cuan Besar

Buku rekening yang dimaksud adalah buku tabungan biasa pada umumnya, bukan buku menabung saham. Fungsi pembuatan buku tabungan biasa ini sebagai persyaratan dalam pembuatan rekening sekuritas nanti. Buku ini juga difungsikan sebagai penilaian bank untuk mengklasifikasikan nasabah aktif atau tidak.

Cara Daftar BCA Sekuritas

Apabila anda tertarik menggunakan BCA Sekuritas untuk transaksi investasi berikut langkah pertama Cara Nabung Saham di BCA Sekuritas. Anda harus memenuhi persyaratan dan proses pembuatan melalui offline atau online.

Untuk pendaftaran online sendiri disediakan aplikasi BCAS BEST Mobile 2.0. Sebelum memilih memilih pendaftaran online atau offline persiapkan dahulu persyaratan di bawah ini:

  1. Mengisi formulir pembukaan rekening individu kemudian ditandatangani.
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening dana investor kemudian ditandatangani.
  3. Bagi anda nasabah online trading, diwajibkan mengisi dan menandatangani syarat serta ketentuan tambahan khusus online trading.
  4. Bagi anda nasabah tabungan saham diwajibkan mengisi dan menandatangani formulir pembukaan rekening tabungan khusus saham.
  5. Untuk WNI fotokopi KTP, sedangkan bagi WNA fotokopi KITAS atau passport.
  6. Fotokopi Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP), siapakan surat keterangan tidak memiliki NPWP bagi yang belum mempunyai NPWP.
  7. Bagi anda yang memiliki nama berbeda antara kartu identitas dan buku tabungan siapkan juga fotokopi halaman depan buku tabungan. Selain itu sertakan surat keterangan beda nama.

Langkah untuk Daftar BCA Sekuritas secara Offline

  1. Lakukan pengunduhan formulir pembukaan rekening individu dan dana sekuritas melalui laman resmi bcasekuritas.co.id
  2. Lakukan pengisian formulir secara baik dan benar dan ditandatangani.
  3. Bagi anda nasabah online trading, diwajibkan mengisi dan menandatangani syarat serta ketentuan tambahan khusus online trading.
  4. Menyertakan fotokopi KTP bagi WNI, KITAS atau Passport bagi WNA.
  5. Menyertakan fotokopi halaman depan buku tabungan.
  6. Kirim formulir beserta lampiran dokumen tambahan ke PT. BCA Sekuritas Menara BCA, Grand Indonesia Lantai 41 Jl. MH. Thamrin No. 1 Jakarta 10310.
  7. Pemrosesan yang dilakukan oleh BCA kurang lebih selama lima hari jam kerja.
  8. Apabila pengajuan tersebut sudah disetujui, akan diberikan informasi melalui email yang terdaftar beserta kode akses nasabah yaitu username, password dan PIN.
  9. Langkah terakhir anda akan dimintai untuk melakukan deposito awal.
Baca Juga:  Mengenal Apa Itu IPO Saham, Tujuan Serta Untung Dan Konsekuensinya

Langkah untuk Daftar BCA Sekuritas secara Online

Sudah disebutkan di atas bahwa bagi anda yang ingin mendaftar BCA sekuritas secara online disediakan aplikasi bernama BCAS BEST Mobile 2.0. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan:

  1. Lakukan pengunduhan aplikasi BCAS BEST MOBILE 2.0 pada Apps Store atau Play Store.
  2. Buka aplikasi yang sudah diunduh lalu pilih opsi Open Account.
  3. Masukkan Passcode yang diperoleh setelah menghubungi Halo BCA 1500-888.
  4. Lalu klik Login
  5. Jawab pertanyaan yang sesuai yang diminta.
  6. Isi sumber dana, data pekerjaan, tujuan melakukan investasi, beserta data ahli waris.
  7. Selanjutnya, pilihlah pada opsi OK.
  8. Lakukan pengisian tanda tangan beserta nama terang anda.
  9. Isi bagian pernyataan.
  10. Unggah dokumen pendukung yang dibutuhkan sebagai lampiran.
  11. Lakukan pengisian perjanjian pembukaan rekening efek.
  12. Lakukan pengisian keterangan lain.
  13. Lakukan pengisian semua data pribadi
  14. Lakukan pengisian informasi data nasabah perorangan.
  15. Baca kembali tentang pernyataan nasabah, ketentuan nasabah beserta informasi tambahan.
  16. Konfirmasi pernyataan nasabah dan lakukan pengecekan email yang sudah terdaftar.
  17. Langkah terakhir anda akan dimintai untuk melakukan deposito awal.

Keunggulan menggunakan layanan BCAS BEST MOBILE 2.0

  1. Terdapat fitur stock game yang bisa anda gunakan dalam melakukan analisis teknikal.
  2. Dilengkapi fitur smart signal yang bisa anda gunakan untuk menggali informasi tentang tren naik atau turunnya suatu saham di pasar saham.
  3. Terdapat fitur Quick Order berguna untuk membantu nasabah cepat dalam melakukan transaksi jual beli saham.
  4. Tampilan muka yang ramah pengguna
  5. Dapat diakses melalui desktop maupun di telepon pintar anda.

Cara Beli Saham di BCA Sekuritas

Cara Nabung Saham di BCA mula-mula dilakukan dengan melakukan deposito awal dengan nominal sebesar Rp 3000.000, setelah penyetoran tersebut silahkan buka aplikasi BEST bisa melalui telepon pintar anda atau laman situsnya. Kemudian pilih produk saham pada kotak pencarian kode emiten, pilih sesuai yang anda inginkan.

Baca Juga:  Mengetahui Seputar Pemilik Saham PT Mempunyai Tanggung Jawab Besar

Dalam melakukan transaksi beli saham, anda dapat melakukan dengan pembelian minimal sebesar 1lot atau 1000 lembar saham per minggunya dengan total pembelian 48 kali atau 1 lot per bulan dengan total pembelian 12 kali dalam kurun waktu setahun.

Dalam menabung saham juga memiliki biaya transaksi, sesuai dengan cara yang anda gunakan. Apabila menggunakan transaksi secara online dikenakan biaya transaksi sebesar 0.18% dari total pembelian, sedangkan pembelian melalui sales sebesar 0.25% dari total pembelian.

Penutup

Begitu mudahnya melakukan transaksi jual beli saham menggunakan BCA sekuritas. Sebagai bentuk investasi milenial, yuk mulai berinvestasi. Jangan berpikir bahwa investasi hanya diperuntukkan bagi generasi muda saja namun boleh dilakukan oleh siapa saja yang mulai melek investasi dan persoalan keuangan.

Dengan adanya tulisan tentang Cara Nabung Saham di BCA Sekuritas, semoga mempermudah jalan anda untuk memulai investasi. Selamat mencoba, semoga beruntung ya!.