Bagaimanakah Cara Bermain Saham Yang Halal? Cari Tahu Disini Sekarang Juga

Cara Bermain Saham Yang Halal – Sebagian besar dari anda tentu sedang mencari cara bermain saham yang halal bukan? hal tersebut bukan tanpa alasan karena banyak orang yang mengurungkan niat buat bermain saham karena takut terdapat riba didalam keuntungannya nanti. Sehingga nantinya hanya akan merugikan diri sendiri dan kurang berkah selama melakukan kegiatan tersebut.

Tetapi jangan khawatir karena seiring dengan berkembangnya zaman, metode Syariah bukan hanya diterapkan pada tabungan tetapi juga pada saham. Adapun cara melakukan saham Syariah sebenarnya tidaklah sulit seperti di bayangan. Tetapi memang sebagian besar dari anda akan merasa kebingungungan dalam melakukannya bukan.

Adapun saham-saham Syariah yang ada di Tanah Air ternyata telah mempunyai Fatwa DSN atau Dewan Syariah Nasional. Hal tersebut tercantum di dalam fatwa no 80/DSN-MUI/III/2011 dimana mengatur perdagangan saham Syariah. Mekanisme dalam Bursa Efek Indonesia akan memanfaatkan akad Bai Al Musawamah atau jual beli dengan cara lelang berkelanjutan.

Untuk memahaminya lebih lanjut lagi, maka anda perlu untuk menyimak ulasannya berikut ini.

Mengapa Melakukan Investasi Saham Sangat Penting

Seperti sudah diketahui, saham menjadi salah satu bentuk investasi yang dapat dibeli oleh siapa saja yang mempunyai dana. Itu merupakan anggapan yang sudah kuno, nyatanya anda tetap bisa menjalankan investasi tersebut walaupun hanya mempunyai modal terbatas saja.

Bahkan untuk melakukan investasinya sendiri ternyata sudah tidak sulit lagi dilakukan. Sebab anda dapat menjalankannya secara online dengan pilihan lebih beragam, termasuk dengan cara bermain saham yang halal menggunakan metode Syariah.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Wajo

Dengan melakukan investasi inilah ternyata akan memberikan banyak manfaat seperti mewujudkan tujuan dari keuangan di masa depan seperti sebagai dana Pendidikan, beli rumah, ibadah haji dan umron hingga dana pensiunan. Itulah mengapa investasi saham cocok buat tujuan keuangan di jangka waktu Panjang tersebut.

Jika anda ingin memulai terjun ke dalam dunia perusahaan, jelas ada banyak hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Terlebih lagi apabila anda ingin menjalankan investasi dengan konsep Syariah sehingga bisa halal dan aman tersebut.

Cara Bermain Saham Yang Halal Dengan Konsep Syariah

Sham Syariah adalah efek berbentuk saham tetapi tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Syariah didalam pasar modal. Adapun pengertian saham menurut saham Syariah sendiri merujuk pada definisi saham pada umumnya dimana telah ditunjung oleh OJK Indonesia.

Umumnya terdapat dua jenis saham Syariah yang diakui oleh pasar modal yang ada di tanah air yaitu saham yang sudah mempunyai kriteria seleksi saham Syariah sesuai dengan aturan dari pihak OJK mengenai kriteria dan penerbitan daftar efek Syariah dan saham yang telah dicatatkan sebagai saham Syariah oleh pihak emiten ataupun perusahaan Syariah bersangkutan. Jika anda sudah memahami apa itu saham Syariah, maka ketahui bagaimanakah cara membelinya berikut ini.

1. Siapkan Dokumen Terlebih Dahulu

Hal pertama yang wajib anda lakukan apabila ingin cara bermain saham yang halal menggunakan konsep Syariah adalah menyiapkan dokumennya dahulu seperti KTP, NPWP, buku tabungan hingga materai. Tetapi anda tetap harus menghubungi pemilik perusahaan bersangkutan sebab kemungkinan besar mempunyai syarat tambahan lainnya.

2. Sudah Mempunyai Rekening Saham

Sebelum anda memutuskan buat melakukan investasi, maka ada baiknya agar membuat rekening khusus buat saham Syariah. Perlu diingat tanpa adanya rekening inilah, dijamin anda tidak akan pernah bisa menjalankan aktivitas bermain saham tersebut.

Baca Juga:  10 Jenis Investasi Saham yang Bisa Dipertimbangkan

Untuk pembuatan rekeningnya sendiri ternyata dapat dilakukan melalui kantor sekuritas terdekat ataupun dilakukan secara online. Anda tinggal memilih sendiri manakah metode yang tepat buat anda.

3. Mulailah Untuk Memilih Saham

Sesudah melewati proses diatas, maka berikutnya pastikan mengetahui saham manakah yang akan dipilih buat berinvestasi. Sebelum melakukan deposit, ada baiknya agar mendapatkan informasi terperinci mengenai perkembangan saham yang anda pilih tersebut. Pastikan bahwa saham tersebut benar-benar Syariah atau sesuai dengan ketentuan dari jasa keuangan OJK.

4. Menyetor Formulir Sekaligus Uang Deposit

Sesudah itu, mulailah daftarkan diri sebagai seorang investor di pasar modal dengan cara mengisi formulir pendaftarannya. Setorkan dana tersebut ke rekening dana investor alias RDI. Biasanya setiap perusahaan sekuritas mempunyai ketentuan berbeda-beda buat menentukan besaran dana awal yang harus disetorkan. Itulah mengapa pentingnya agar mencari tahu lebih jauh dahulu.

5. Proses Transaksi dan Pengecekan

Pihak dari sekuritas yang dipilih akan memberikan anda RDN atau akun rekening Dana Nasabah dimana berisi password sekaligus username buat melakukan transaksi. Jangan lupa agar mengetahui kinerjanya maka pengecekan secara berkala mengenai kinerja dari saham wajib dilakukan dengan baik. Pengecekan wajib dilakukan setiap minimal 1 bulan sekali.

Keuntungan Menjalankan Investasi Saham Dengan Halal

Bagaimana mudah bukan cara bermain saham yang halal tersebut? perlu diingat bahwa menjalankan investasi saham dengan halal ternyata akan memberikan banyak keuntungan tersendiri. Terlebih lagi bagi seorang muslim, maka ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan apabila ingin memulai berinvestasi.

Salah satunya adalah mencari tahu dahulu apakah saham yang akan dipilih tersebut menggunakan metode Syariah dimana dijamin halal ataukah tidak? Nah, jika anda masih ragu melakukan transaksi saham Syariah ini, maka perlu mengetahui beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dibawah ini.

1. Kehalalannya Diakui Oleh OJK Serta DSN/MUI

Perlu diingat bahwa sebuah perusahaan yang akan menerbitkan saham halal atau Syariah maka harus melewati proses seleksi terlebih dahulu. Seleksi inilah bertujuan buat menentukan apakah perusahaan bersangkutan layak dikatakan sebagai Syariah ataukah tidak.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Saham : Umum Dan Syariah

Untuk bisa memenuhi ketentuan dari OJK dan DSN/MUI maka terdapat kriteria khusus didalamnya. Nah kriteria itulah ternyata wajib dipatuhi oleh setiap perusahaan yang akan menerbitkan saham. Apabila lolos maka akan memperoleh label sekaligus kehalalannya akan terjamin.

2. Tidak Kena Riba

Salah satu ketakutan bagi seseorang yang akan menjalankan investasi adalah takut kena riba. Tidak bisa dipungkiri jika riba memang wajib dijauhi oleh setiap umat muslim karena akan memberikan kerugian cukup besar kepada umat muslim.

3. Transparan

Informasi dan komunikasi memang menjadi unsur paling penting dalam menjalankan kegiatan transaksi bukan? dengan adanya informasi jelas itulah maka dapat menjadi tanda adanya transparansi sekaligus keterbukaan dalam transaksi. Disinilah, anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan saham Syariah, maka informasi didalamnya dijamin akan transparan.

4. Keuntungannya Sama Rata

Keuntungan yang didapatkan dari bermain saham secara halal inipun juga dijamin terbebas dari riba. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena pembagian keuntungannya sendiri memanfaatkan sistem bagi hasil sehingga sama-sama saling memperoleh keuntungan. Kegiatan inipun juga sesuai dengan ajaran dalam islam.

Berinvestasi memang menjadi salah satu cara yang dilakukan buat mempersiapkan dana untuk jangka waktu yang Panjang. Dengan cara bermain saham yang halal diatas ternyata akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pelaku.