7 Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula – Investasi saham dapat dilakukan secara online. Cara ini tentu memiliki berbagai keunggulan, di antaranya adalah kemudahan dalam registerasi, pemantauan dan transaksi. Anda bisa mengakses fluktuasi harga saham lewat aplikasi yang dipasang pada smartphone Anda.

Aplikasi saham juga dapat digunakan untuk memantau berita terkini mengenai ekonomi, Bursa Efek Indonesia, nilai market cap, dan emiten. Nantinya, Anda akan dapat menentukan tindakan dengan melihat rekomendasi jual beli saham dan live index saham.

Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Apa saja aplikasi saham terbaik untuk pemula? Simak penjelasan berikut ini.

1. MOST (Mandiri Online Securities Trading)

PT Mandiri Sekuritas memiliki platform aplikasi yang disebut dengan Mandiri Online Securities Trading (MOST)). Ini adalah salah satu pilihan aplikasi saham terbaik untuk pemula yang bisa Anda install pada perangkat Anda. Tampilan dari aplikasi ini termasuk user friendly, sehingga akan mudah digunakan oleh investor pemula.

Ada banyak keunggulan jika menggunakan aplikasi Mandiri Online Securities Trading. Anda dapat mendaftar ataupun melakukan transaksi baik secara online maupun offline. Tujuan dari pendirian MOST adalah untuk membantu nasabahnya dalam berinvestasi pada pasar modal, seperti jual beli saham, reksadana, ataupun SBN (Surat Berharga Negara). MOST akan memberikan kemudahan bagi nasabah yang ingin berinvestasi, tetapi tidak memiliki waktu untuk memantau investasi saham mereka.

Aplikasi ini mendukung mobilitas tinggi dan memberikan informasi mengenai pergerakan pasar real time dan ide trading. Selain itu, koleksi reksadana dari aplikasi ini termasuk lengkap. Anda juga bisa mengakses informasi riset harian dari analis dengan mudah dan nyaman.

2. IPOT EZ (PT Indo Premier Online Technology)

PT Indo Premier Sekuritas memiliki aplikasi saham di samping IPOT dan IPOT GO, yaitu IPOT EZ. Target utama sasaran dari IPOT EZ adalah investor pemula yang mana baru masuk dan ingin mengenal mengenai investasi saham lebih jauh.

Baca Juga:  Aplikasi Saham Bibit Dan Cara Main Saham Di Bibit

Adapun IPOT EZ memiliki berbagai keunggulan, di antaranya adalah tampilan yang ramah pengguna dan menarik perhatian dengan tujuan untuk membantu investor dalam trading. Fitur khusus IPOT EZ adalah dapat membantu investor untuk mengambil peluang cuan dari pasar saham, dengan adanya aplikasi yang mudah dioperasikan dan cepat tanggap. Selama 24 jam penuh, investor dapat melakukan analisis dan juga pasang order jual beli saham.

Fitur transaksi yang dimiliki IPOT EZ adalah stock list, price alert, trending stocks, dan stock list yang dapat membantu investor melakukan transaksi saham. Adapun aplikasi ini juga terintegrasi dengan seluruh produk yang ada pada superapp IPOT, yang mana dapat membantu dalam transaksi saham dan ETF tanpa perlu pindah aplikasi.

Pada aplikasi saham terbaik untuk pemula ini selain memiliki fitur yang baik dalam transaksi dan pemantauan, Anda juga akan dimudahkan dengan adanya kegiatan belajar yang dapat diikuti terutama bagi investor pemula yang ingin terus belajar dan mengembangkan pengetahuan mengenai investasi.

3. Neo HOTS Mobile (PT Mirae Asset Sekuritas)

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi secara online, Anda bisa bergabung dengan PT Mirae Asset Sekuritas. Perusahaan sekuritas ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Mirae Asset Sekuritas juga pernah mencapai nilai transaksi saham tertinggi pada tahun 2020.

Dengan menggunakan Mirae Asset Sekuritas, Anda dapat melakukan transaksi saham margin, transaksi saham ritel, transaksi saham korporasi, obligasi, hingga reksadana online. Investor pemula kemudian akan dibantu dalam mengakses riset perusahaan, ataupun riset ekonomi dengan aplikasi ini.

Adapun aplikasi saham terbaik untuk pemula yang bisa Anda gunakan adalah bernama Neo HOTS Mobile, yang merupakan aplikasi milik PT Mirae Aset Sekuritas. Aplikasi ini adalah aplikasi trading saham dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Beberapa fitur tersebut di antaranya adalah Stock Search, Real Time Market Data, GTC Order, Real Time Portfolio, Fingerprint Login, Chart Analysis, dan Order (Sell, Buy, Amend, Withdraw).

Baca Juga:  5 Aplikasi Investasi yang Terdaftar di OJK dan Tips Memilihnya

Perusahaan sekuritas ini juga menawarkan pembukaan rekening efek yang bekerja sama dengan Bank Mandiri, BCA, CIMB Niaga, dan Bank Permata.

4. Stockbit

Selanjutnya aplikasi saham terbaik untuk pemula ada aplikasi Stockbit yang akan membantu pemula dalam belajar berinvestasi saham. Sebenarnya, Stockbit sendiri adalah platform social trading, yang mana fungsi utamanya adalah untuk berbagi informasi mengenai dunia investasi. Aplikasi ini juga akan sangat membantu bagi penggunanya yang ingin melakukan trading antarsesama.

Stockbit akan memberikan informasi berguna bagi Anda yang baru saja memulai dalam berinvestasi. Selain memiliki fungsi untuk berdiskusi dan berbagi informasi antara pengguna, aplikasi ini bisa digunakan untuk tempat jual beli saham secara langsung.

5. Ajaib

Aplikasi saham terbaik untuk pemula selanjutnya ada Ajaib. Ajaib Group yang menjadi penabung dari Ajaib Reksadana dan Ajaib Sekuritas juga memiliki aplikasi bernama Ajaib yang bisa Anda pasang pada perangkat untuk kemudahan dalam melakukan transaksi saham. Aplikasi Ajaib menyediakan investasi saham dan juga kebutuhan reksadana. Aplikasi ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menggunakan satu aplikasi saja.

Adapun keuntungan lain dari Ajaib ini adalah pihak Ajaib akan memberikan notifikasi mengenai waktu terbaik untuk transaksi jual beli saham, dilihat dari fluktuasi harga saham yang sedang berlangsung pada saat itu.

6. Bibit

Aplikasi saham terbaik untuk pemula berikutnya adalah Bibit. Aplikasi ini mudah digunakan terutama bagi pemula yang ingin belajar mengenai proses transaksi jual beli saham. Investor dapat memulainya dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. Nantinya, akan ada seleksi baik dari investor maupun pihak perusahaan, berdasarkan profil, usia, penghasilan, risiko, dan juga target investasi yang ingin dipenuhi.

Memulai berinvestasi di aplikasi Bibit juga tidak membutuhkan dana yang besar. Ini bisa menjadi kesempatan bagi investor kecil. Adapun pilihan reksadana juga berbagai macam, di antaranya adalah saham, obligasi, dan pasar uang. Target dari aplikasi investasi Bibit memang lah untuk investor dengan modal terbatas ataupun pemula, sehingga nominal investasinya cenderung sedikit. Namun, keuntungan yang didapatkan dari pelaksanaan investasi ini tidak dihitung pajak.

Baca Juga:  Mengenal Pengertian, Fungsi Dan Jam Bursa Saham Ajaib

7. Bareksa

Aplikasi saham terbaik untuk pemula terakhir adalah Bareksa. Aplikasi Bareksa dapat diunduh di AppStore dan PlayStore. Bareksa sendiri adalah perusahaan investasi pertama di Indonesia yang telah terdaftar dan mendapatkan izin legal sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari OJK.

Anda dapat memasarkan reksa dana lewat aplikasi Bareksa. Adapun Bareksa merupakan mitra distribusi resmi dari Kementerian Keuangan RI dengan fungsi untuk menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online, misalnya adalah Obligasi Negara Ritel (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Ritel (SR), dan Sukuk Tabungan (ST).

Di tahun ketujuh setelah beroperasi, Bareksa sudah memiliki sekitar lebih dari 1,3 juta investor yang terdaftar. Ada pula 200 produk reksadana yang telah memiliki 40 manajer investasi pada aplikasi Bareksa. Proses mendaftar dan penggunaan aplikasi ini juga mudah, sehingga pemula pun bisa ikut mendaftar untuk menjadi investor.

Demikian 7 daftar aplikasi saham terbaik untuk pemula yang dapat Anda unduh dan gunakan pada ponsel Anda. Untuk mengetahui mana jenis aplikasi yang paling baik tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai calon investor.