9 Tips Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja – Cara membuat surat lamaran kerja yang sempurna bukanlah hal yang sulit jika Anda bisa memahami trik khusus pembuatannya. Berikut kami paparkan beberapa informasi menarik seputar cara pembuatan lamaran kerja yang bisa Anda coba!

Seputar Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja ialah salah satu poin penting yang nantinya menentukan Anda diterima atau tidak oleh perusahaan tempat Anda melamar. Melalui lamaran kerja, seefektif mungkin Anda harus bisa mempromosikan diri secara benar, transparan dan tidak dibuat-buat. Untuk itu, Anda harus bisa menulis lamaran kerja yang tepat untuk memperbesar kesempatan diterima kerja.

Perlu Anda ketahui, bisa bekerja di sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah dicapai mengingat persaingan ketat saat ini. Namun jangan pernah berkecil hati, tetap semangat dan tetap bekerja keras untuk mencapai mimpi yang Anda inginkan. Dan ingat, jangan lupa belajar seputar cara membuat surat lamaran kerja yang benar untuk menarik perhatian HRD ya!

9 Kunci Cara Membuat Lamaran Kerja Agar Dilirik HRD

Pada umumnya, membuat lamaran kerja yang ditujukan untuk perusahaan apapun mempunyai isi yang tidak jauh berbeda. Lamaran yang baik harus mengandung beberapa elemen penting seperti bahasa yang baik dan benar, sesuai format permintaan, transparan dan memuat deskripsi lengkap skill Anda. Agar Anda mendapatkan lamaran kerja yang sempurna dan cepat dilirik HRD, berikut 9 kunci utama yang wajib Anda pelajari saat membuat surat lamaran kerja.

1. Mencantumkan tempat dan tanggal

Hal sederhana namun paling penting ialah mencantumkan tempat dan tanggal dalam lamaran kerja. Hal ini berguna untuk menunjukkan jika surat yang Anda kirim merupakan surat baru. Pastikan Anda teliti karena ada banyak kasus pelamar yang salah mencantumkan tanggal, bulan dan bahkan tahun. Jelas karakter pelamar yang tidak teliti akan langsung di coret HRD.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Buton Selatan

Selain tanggal surat, tanggal dan dari mana Anda memperoleh informasi lowongan juga penting dimasukkan dalam lamaran. Ini membantu HRD mengetahui lowongan kerja yang Anda lamar apakah masih dibuka atau tidak.

2. Browsing untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin

Mengumpulkan informasi sebanyak mungkin sebelum membuat lamaran kerja bukanlah hal yang sulit, terlebih di era digital seperti saat ini. Dengan sedikit googling, kamu bisa langsung menemukan berbagai contoh surat lamaran kerja umum.

Jangan lupa juga untuk mencari informasi mengenai perusahaan yang hendak dilamar, yang pastinya detail info dan profil perusahaan sudah terpampang di internet. Agar lebih memahami keinginan perusahaan, Anda harus mempelajari tupoksi pekerjaan yang ingin dilamar. Dengan begitu lamaran Anda akan terasa lebih personal dan profesional.

3. Selalu gunakan EYD dan tidak Typo

Selalu ingat dan pastikan Anda menggunakan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar saat membuat lamaran kerja. Dan jangan pernah menggunakan bahasa informal karena takutnya akan memberikan kesan tidak profesional. Selain itu, hindari typo atau kesalahan pengetikan agar karakter ketelitian dan profesional Anda tetap terlihat.

Sebagai saran, Anda bisa menggunakan bahasa yang sederhana, tepat sasaran, tidak berbelit-belit dan tetap sesuai EYD. Jangan pernah berpikir untuk tampil beda saat Anda sedang membuat surat lamaran pekerjaan yang resmi. Bukannya diterima, lamaran bisa-bisa akan langsung dibuat oleh pihak HRD.

4. Format sesuai permintaan

Selalu membuat sesuai format permintaan juga termasuk cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Biasanya beberapa perusahaan yang membuka lowongan sudah mengatur format surat lamaran yang mereka inginkan, meskipun tidak semua demikian. Jika perusahaan yang Anda lamar sudah memiliki format tersendiri, pastikan Anda mengikuti format tersebut dan tidak membuat lamaran secara bebas.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Buton

Selain format surat, beberapa perusahaan terkadang juga menambahkan poin seperti wajib memberikan keterangan, wajib berbentuk surat lamaran kerja pdf dan lain sebagainya. Jika demikian, Anda wajib membuat lamaran sesuai keinginan mereka.

5. Deskripsikan skill

Yang paling penting dan harus mendapatkan lebih banyak perhatian ialah deskripsi kemampuan atau skill. Sebuah surat lamaran kerja yang bagus seharusnya bisa menjelaskan dengan lengkap skill pelamarnya. Untuk itu, Anda bisa menjelaskan beberapa kelebihan yang Anda miliki dan pastikan sesuai posisi yang hendak dilamar.

Tidak perlu dirincikan secara detail, cukup berikan gambaran besarnya saja. Biasanya deskripsi skill pelamar akan dirincikan secara lengkap di resume atau CV sebagai lampiran surat lamaran. Di badan surat lamaran, Anda bisa menjelaskan sedikit potensi diri dengan skill mumpuni yang bisa memberikan profit untuk perusahaan tersebut.

6. Hindari copy paste

Jangan pernah berfikir untuk melalukan copy paste saat membuat lamaran kerja. Memang ada banyak contoh surat lamaran kerja di internet yang bisa Anda copas dengan mudah, namun jauh lebih baik jika Anda menulisnya sendiri. Tidak ada salahnya jika Anda menjadikan contoh lamaran di internet sebagai referensi, namun pastikan untuk mengeditnya kembali untuk disesuaikan kebutuhan perusahaan yang ingin dilamar.

7. Hindari penggunaan tulisan tangan

Kecuali perusahaan meminta format lamaran yang ditulis tangan, selain dari itu sebaiknya hindari membuat surat lamaran dengan menulisnya sendiri. Jauh lebih baik membuat lamaran dari hasil ketikan karena jauh lebih mudah, jaminan rapi dan bisa diubah sesuai format dokumen yang diinginkan perusahaan.

Menariknya lagi, lamaran bahkan juga bisa langsung ditulis di body email jika Anda melakukan pendaftaran via email. Jika Anda memilih menulis tangan, belum tentu surat lamaran Anda akan berakhir sempurna. Malah kemungkinan besar bisa berakhir rusak dengan tulisan acak-acakan, miring, kotor dan membuang-buang kerta percuma untuk mendapatkan hasil akhir paling sempurna.

Baca Juga:  Besaran Gaji UMR Konawe Selatan

8. Jangan ragu meminta pendapat orang lain

Selanjutnya tidak ragu meminta masukan orang lain setelah surat lamaran selesai Anda buat. Coba minta bantuan orang lain untuk membaca ulang lamaran Anda dan coba tanya kekurangannya. Sering terjadi, kita kesulitan menemukan beberapa typo di hasil ketikan bukan? Jika terdapat kesalahan yang mungkin Anda lewatkan, kemungkinan besar orang lain akan lebih mudah menemukannya dan setelahnya bisa Anda perbaiki segera.

9. Jangan pernah menunda

Jika Anda sudah mengetahui 9 kunci utama dalam membuat surat lamaran kerja yang sempurna, maka jangan tunda untuk membuat lamaran Anda. Semakin Anda mengulur waktu, maka secara tidak langsung Anda bisa kehilangan tujuan surat lamaran kerja di buat.

Secara tidak sengaja Anda bisa melupakan keinginan untuk melamar di perusahaan yang telah diimpikan selama ini. Ada banyak kasus serupa, di mana proses mencari kerja malah dihabiskan dengan kegiatan berpikir dan bersantai percuma karena terlalu lama menunda.

Demikianlah beberapa tips membuat lamaran yang cepat dilirik HRD perusahaan. Selalu bekerja keras, tidak lelah mencoba dan Insyaallah Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang telah lama diincar. Semoga ulasan seputar cara membuat surat lamaran kerja di atas bermanfaat!