Surat Kuasa Jual Beli Motor Agar Transaksi Aman

Surat Kuasa Jual Beli Motor – Motor memang menjadi salah satu kendaraan yang wajib untuk dimiliki seseorang. Namun, bagaimana jika masalahnya Anda ingin menjual belikan motor tersebut, apakah membutuhkan surat kuasa atau sebagainya? Tentu saja penting, karena dengan adanya surat kuasa jual beli motor tersebut maka nantinya akan ada kesepakatan antara penjual dan pembeli terutama dalam melakukan transaksi pada saat proses jual beli motor tersebut. Untuk lebih jelas bisa langsung lihat dibawah ini.

Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Kuasa Jual Beli Motor?

Membuat surat kuasa memang tidak boleh sembarangan, yang mana untuk membuat surat seperti ini tentu saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik, diantaranya seperti :

  • Identitas penjual yang berisikan nama, NIK atau identitas pendukung yang lainnya, dan alamat terkini.
  • Identitas pembeli sama seperti diatas.
  • Informasi mengenai kendaraan yang akan dijual seperti model motor, merek motor, nomor BPKB, nomor polisi, tahun pembuatan dan nomor rangka.
  • Cantumkan jumlah uang yang akan dibayarkan sesuai dengan kesepakatan bersama.

Apa Fungsi Surat Kuasa Perjanjian Jual Beli Motor?

Mengenai pertanyaan ini, tentu saja ada banyak fungsinya jika Anda membuat surat kuasa jual beli motor. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat berikut ini.

Menjamin Keamanan Transaksi Jual Beli Motor Secara Hukum

Fungsi yang pertama yaitu dengan adanya surat kuasa seperti ini tentu saja akan menjamin transaksi jual beli secara hukum. Di mana didalam surat ini akan terdapat kesepakatan tertulis sehingga nantinya dapat melindungi pembeli dan juga penjual mengenai hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan.

Baca Juga:  Contoh Surat Kuasa Direksi Yang Benar Dan Baik

Dapat Menjaga Kepercayaan Antara Pihak Pembeli dan Penjual

Untuk berikutnya yaitu dapat menjaga kepercayaan antara pihak pembeli dan juga penjual. Di mana apabila nantinya suatu hari salah satu pihak melanggar atau lupa dengan perjanjian yang telah dibuat secara tertulis maka dengan adanya surat ini tentu dapat menjaga kepercayaan antar pihak yang terlibat.

Lebih Profesional

Dengan adanya surat kuasa seperti ini tentu membuat kesepakatan akan jauh lebih professional. Di mana kesepakatan yang dilakukan secara lisan tentu akan banyak memiliki resiko yang terjadi di masa depan. Namun, dengan adanya bukti secara tertulis tentu saja kedua belah pihak bisa menjalankan kesepakatan yang tertera di dalam contoh surat kuasa tersebut.

Dapat Menjaga Integritas Dalam Bisnis

Terakhir yaitu dapat menjaga integritas dalam bisnis terutama di mata eksternal. Jadi, pada saat transaksi dilakukan dalam hal bisnis terlebih lagi transaksi berskala besar maka dengan adanya surat kuasa seperti ini tentu saja bisa menjaga citra perusahaan ataupun mitra bisnis.

Kesimpulan

Untuk itu, jika Anda ingin melakukan transaksi jual beli, baik itu kendaraan motor atau hal yang lainnya, alangkah baiknya memang membuat surat kuasa. Sebab dengan adanya surat kuasa jual beli motor tersebut Anda akan terasa dilindungi terlebih lagi jika suatu hari nantinya ada masalah yang muncul.