3 Perbedaan Trading Dan Investasi: Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Sickforprofit.com – Kecanggihan teknologi yang semakin memudahkan semua pekerjaan manusia, membuat investasi dan trading juga semakin mudah untuk digunakan oleh semua orang. Hanya dengan jaringan internet saja, anda sudah bisa melakukan investasi ataupun trading dari manapun dan kapanpun.

Jika anda tertarik namun masih bingung untuk menyimpan uang anda dengan cara investasi atau trading, anda bisa menyimak penjelasan mengenai perbedaan trading dan investasi berikut ini.

Apa Itu Trading?

Trading adalah salah satu jenis transaksi finansial yang dilakukan dalam jangka panjang atau bisa dibilang sebagai aktivitas perdagangan dalam bentuk mata uang. Biasanya, trading dilakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Para trader akan mendapatkan keuntungan dari uang kompensasi yang telah dibayarkan oleh penjual kepada pembeli. Trading bisa disimpulkan sebagai pertukaran antara barang dengan uang.

Saat ini, trading bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun, untuk bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, trader harus memiliki kemampuan untuk membaca pergerakan pasar dengan baik.

Karakteristik Trading

Jika dibandingkan dengan investasi, trading memiliki karakteristik yang lebih aktif, dimana anda sebagai trader harus bekerja sendiri untuk bisa mendapatkan keuntungan pada periode waktu tertentu.

Keuntungan dan kerugian yang akan anda terima juga bergantung pada strategi anda saat melakukan trading. Jika anda sukses dalam mengelolanya, maka anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Sebaliknya, jika anda kurang baik dalam mengelolanya, maka anda akan mengalami kerugian.

Baca Juga:  7 Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Oleh karena itu, anda sebagai pemeran utama harus bersifat aktif dan mampu memahami strategi trading yang baik untuk bisa mendapatkan keuntungan dan meminimalisir terjadinya kerugian.

Keuntungan dan Kekurangan Trading

Jika anda tertarik untuk melakukan trading, maka anda perlu mengetahui beberapa keuntungan dan kekurangan dalam trading berikut ini.

Keuntungan Trading

  1. Bimbingan Untuk Pemula

Jika anda merupakan trader pemula dan baru pertama kali terjun di dunia trading, maka anda bisa menggunakan akun demo yang akan memberikan informasi dan bimbingan mengenai strategi-strategi dalam trading.

  1. Keamanan Data

Sebagai trader pemula, anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan data karena anda bisa memilih broker online yang dapat dipercaya dan sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Harga Terjangkau

Meskipun harga-harga yang beredar di dunia trading sangat kompetitif, tapi bukan berarti bahwa harga trading tersebut mahal. Anda bisa menemukan beberapa broker online yang tidak mengharuskan penggunanya untuk membayar terlebih dahulu pada saat pembuatan akun.

Selain itu, biaya komisi dan spread yang dikenakan oleh broker online juga terbilang sangat murah.

  1. Praktis

Kecanggihan teknologi juga berpengaruh dalam dunia trading, karena anda bisa lebih mudah dalam mengakses trading secara online dimanapun dan kapanpun, serta hanya membutuhkan jaringan internet saja.

  1. Fitur Mudah

Fitur yang ada dalam dunia trading pun bisa dibilang sangat mudah untuk diakses, seperti informasi fluktuasi harga dan penentuan harga jual beli trading.

Kekurangan Trading

  1. Salah Memilih Broker

Karena jumlah broker yang semakin lama semakin bertambah, membuat anda akan memiliki resiko tertipu yang semakin besar. Anda juga bisa saja kurang memahami broker yang telah dipilih.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, anda bisa mencari informasi atau melakukan riset kecil-kecilan tentang broker online yang anda gunakan.

  1. Memunculkan Deposit Besar
Baca Juga:  4 Broker Trading Forex Gratis Tanpa Deposit

Meskipun di dalam dunia trading anda bisa memulai dari dana yang kecil, namun ada juga broker yang mewajibkan anda untuk menyimpan deposit dengan jumlah yang sangat besar.

Saat anda menyimpan deposit dengan jumlah yang besar, anda akan dimungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang besar,\ tapi dengan resiko mengalami kerugian yang besar pula.

Oleh karena itu, anda harus pintar untuk mencari broker yang terpercaya.

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah kegiatan penanaman modal yang dilakukan oleh investor dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Investasi ini dapat dilakukan oleh individu maupun kelompok atau suatu perusahaan.

Dalam investasi, modal akan digunakan untuk membeli saham-saham atau surat berharga yang kemudian bisa dijual kembali dan menghasilkan keuntungan bagi investor.

Karakteristik Investasi

Sesuai dengan pengertiannya, investasi diartikan sebagai segala aktivitas ekonomi yang membutuhkan modal. Namun berbeda dengan trading, karakteristik investasi bersifat pasif. Itu berarti bahwa anda sebagai investor tidak menjalankan secara langsung usaha tersebut untuk bisa mendapatkan keuntungan. Hal ini bisa terjadi karena sudah ada pihak lain yang mengelola dana modal anda.

Sebagai investor, anda hanya perlu menikmati hasil dari perusahaan yang anda tanami modal, baik itu keuntungan maupun kerugian yang harus ditanggung.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi

Jika anda memilih untuk melakukan investasi, maka anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam berinvestasi. Untuk investasi, kelebihan yang akan anda dapatkan adalah keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan trading. Sedangkan untuk kekurangannya, anda harus rela untuk menyimpan dana dalam jangka waktu yang panjang untuk memaksimalkan pendapatan keuntungan.

Perbedaan Trading dan Investasi

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa perbedaan trading dan investasi, anda bisa menyimak penjelasan berikut ini :

Baca Juga:  Ingin Memulai Saham? Ketahui Maksud Dari Indek Harga Saham Gabungan Dahulu!

1. Prinsip

Prinsip yang digunakan dalam trading dan investasi memiliki perbedaan. Dalam investasi, investor akan melakukan kegiatan buy and hold atau menggelontorkan sejumlah dana untuk membeli saham perusahaan yang sehat dan memiliki fundamental yang baik, sehingga investor tidak terlalu fokus dengan perubahan harga saham.

Sedangkan dalam trading, para trader akan melakukan kegiatan buy and sell yang mana trader akan menggelontorkan sejumlah uang untuk membeli saham perusahaan yang bernilai rendah namun perusahaan tersebut memiliki potensi untuk naik dan berkembang dalam waktu dekat. Singkatnya, para trader akan fokus pada perubahan harga.

2. Strategi

Strategi yang digunakan dalam trading dan investasi juga memiliki perbedaan. Investasi akan memilih untuk membeli saham perusahaan dengan fundamental yang baik untuk memaksimalkan perolehan keuntungan. Sedangkan trading akan membeli saham perusahaan yang memiliki potensi untuk naik dalam waktu dekat.

3. Jangka Waktu

Perbedaan investasi dan trading bisa dilihat juga dalam jangka waktunya. Jika anda menginginkan jangka waktu yang panjang maka anda bisa memilih investasi. Sebaliknya, jika anda menginginkan jangka waktu yang lebih pendek, anda bisa memilih untuk melakukan trading.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan trading dan investasi saham yang bisa anda jadikan sebagai pertimbangan dalam memilih jenis investasi. Jika anda menginginkan keuntungan dalam jangka waktu panjang, anda bisa memilih investasi. Sebaliknya, jika anda menginginkan keuntungan dalam jangka pendek maka anda bisa memilih trading.

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Artikel Terkait