Pengaruh ROA Terhadap Harga Saham Perusahaan Untuk Meraup Laba Dalam Investasi

Pengaruh ROA Terhadap Harga SahamDiperlukan ilmu dan pengetahuan saham dulu sebelum akhirnya memutuskan memulai bermain investasi saham. Dikarenakan dalam bermain saham tidak hanya sekadar memasukkan jumlah lot saham yang bakal diincar melainkan kejelian dalam analisis pergerakan pasar saham.

Adapun hal penting yang mesti diketahui adalah perusahaan yang akan isi investasi saham di dalamnya. Tidak hanya berbekal pada pemahaman analisa teknikal dengan membaca arah grafik pergerakan pasar saham perusahaan, tetapi juga dibekali dengan pemahaman membaca Return On Asset (ROA).

Sebagai pelaku investasi, sebelum menentukan perusahaan mana yang akan diincar, melihat harga saham perusahaan sangat penting. Karenanya, dengan melihat harga saham perusahaan, para investor akan mempertimbangkan penentuan investasi berdasarkan pada pengaruh ROA terhadap harga saham.

Harga Saham

Alangkah baiknya mengetahui dulu apa sebenarnya harga saham mengingat ada keterkaitannya dengan ROA. Harga saham adalah harga yang sudah ditetapkan oleh perusahaan yang berpengaruh terhadap indeks harga saham gabungan.

Harga saham merupakan harga yang juga ditentukan oleh pelaku pasar seperti permintaan dan penawaran yang dicantumkan dalam pasar saham atau bursa saham. Harga saham juga dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti dividen, pendapat, aliran kas, dan pertumbahan.

Dengan begitu, para investor bisa menjadikannya patokan dalam penentuan investasinya. Jika harga saham yang diinginkan tinggi, maka secara langsung menunjukkan bahwa kondisi perusahaan sangat baik. Karenanya, harga saham sangat mencerminkan nilai suatu perusahaan.

Jika perusahaan memiliki nilai yang baik maka akan banyak investor yang melirik. Harga saham menjadi indikator nilai perusahaan yang dipengaruhi oleh beberapa variabel di mana secara bersamaan akan membentuk pasar. Harga saham bersifat fluktuatif karena adanya beberapa faktor yang dapat dilihat melalui variabel yang mempengaruhinya. 

Baca Juga:  Kendala Dalam Bisnis Online 2021

Untuk mengetahui variabel tersebut, para pelaku investasi bisa melihatnya lewat pengembalian atau rasio aktiva perusahaan, yakni ROA. Karenanya, pengaruh ROA terhadap harga saham cukup signifikan sebagai bahan variabel dalam penanaman modal di perusahaan yang diincar. 

Prediksi Harga Saham

Hal penting dalam berinvestasi adalah mempelajari atau memprediksi harga saham di bursa efek. Karena sifatnya yang fluktuatif, harga saham bisa dipengaruhi beberapa faktor internal maupun eksternal.

Adapun faktor internal yang dapat mempengaruhi harga saham adalah persoalan fundamental perusahaan, proyeksi kinerja perusahaan di masa mendatang, serta aksi korporasi perusahaan.

Sedangkan, faktor eksternal ini bisa meliputi adanya fluktuasi kurs rupiah atas mata uang asing, peraturan dan kebijakan pemerintah, pemalsuan atau manipulasi pasar yang biasanya dilakukan oleh para bandar, serta sentimen masyarakat.

Karenanya, dengan dibantu perangkat analisis fundamental dan teknikal, para pelaku investasi dapat mengetahui harga saham yang diajukan di pasar saham. Karenanya, sangat penting rasanya untuk memegang landasan tersebut agar mampu membaca atau memprediksi harga saham suatu perusahaan.

Apa Itu ROA?

Dalam faktor internal perusahaan, para pelaku investasi bisa membaca dan mendalami faktor fundamental perusahaan di mana laporan keuangan perusahaan mesti diketahui. Ini penting dan berguna untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut signifikan dalam meraup keuntungan. Karenanya, diperlukan ketelitian sebelum mengambil keputusan bagi para investor menaruh saham di perusahaan tersebut.

Jika laporan keuangan perusahaan baik, maka secara otomatis pertumbuhan dan keuntungan yang diraup perusahaan juga berada dalam kondisi yang baik. Namun sebaliknya, jika laporan keuangan buruk, maka tidak mungkin para investor akan menaruh dan berjudi dengan berinvestasi pada perusahaan tersebut.

Maka, dengan membaca laporan keuangan, para investor akan terbantu untuk mengetahui kesehatan perusahaan dalam pengelolaannya sekaligus mengerti kapan akan menjual dan membeli saham. Selain itu, ada variabel yang berpengaruh yang bakal membantu para investor menentukan pilihannya dengan melihat ROA.

Baca Juga:  Cara Menghitung Return Saham

ROA adalah rasio keuangan perusahaan yang berhubungan dengan profitabilitas dalam mengukur kemampuan manajemen perusahaan menghasilkan keuntungan atau laba pada tingkat pendapatan, aset, dan modal saham tertentu. Karenanya, dengan membaca ROA perusahaan maka para investor dapat mengerti sejauh mana perusahaan dalam meraup keuntungan di pasar saham.

ROA, dengan demikian, dapat memandu para investor untuk mengetahui rasio yang dapat menunjukkan sejauh mana perusahaan dalam mencapai keuntungan yang dikehendaki. Perhitungan dapat dilihat dengan cara membagi laba bersih setelah pajak dengan total aset atau aktiva perusahaan.

Jika sebuah perusahaan menjalankan roda manajemen dengan baik, dan terlihat upaya pencapaian laba atau keuntungan yang bagus, maka hasil ROA juga turut berada dalam kondisi yang positif. Begitu pun sebaliknya. Perlu diketahui bahwa laba setelah pajak adalah laba bersih dari kegiatan operasional perusahaan, sedangkan total aktiva adalah total rata-rata volume usaha atau aset.

Sederhana, ROA menjadi variabel untuk menghitung berapa banyak keuntungan yang didapat perusahaan melalui penjualan aset atau aktiva yang dijalankan. Untuk itu, tidak mengherankan jika pengaruh ROA terhadap harga saham menjadi pertimbangan dalam menentukan investasi.

Pengaruh ROA terhadap Harga Saham

Apakah ROA sangat berpengaruh dalam penentuan harga saham? Mungkin pertanyaan tersebut terbersit di dalam benak pikiran. Ada beberapa penjelasan yang secara signifikan yang menunjukkan bahwa ROA punya pengaruh terhadap harga saham, sedangkan di sisi lain, ada yang menunjukkan tidak terlalu signifikan.

Kendati demikian, patut kiranya para pelaku investasi sebelum menanamkan modalnya di perusahaan tertentu menilai terlebih dulu ROA perusahaan. Para investor bisa mengetahui tingkat rendahnya perusahaan melalui tingkat efisiensi penggunaan aktiva perusahaan selain bergantung pada alokasi dana yang dimiliki. Jika penggunaan aktiva tidak efektif, maka akan berdampak pada tingkat rendahnya rasio.

Baca Juga:  Pengertian Singkat Saham Dan Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Jika aktiva berjalan secara efektif, maka akan menunjukkan tingkat yang tinggi. Ini menunjukkan sinyal positif di mana dalam operasional perusahaan mampu meraup keuntungan. Sedangkan jika yang terjadi adalah ROA negatif, maka sudah dipastikan bahwa perusahaan tersebut mengalami kerugian.

Profitabilitas perusahaan yang diketahui melalui ROA ini akan sangat mempengaruhi harga saham. Para pemodal pun akan terbuka lebar menanamkan modalnya di perusahaan tersebut karena telah menunjukkan signifikansi laba yang banyak.

Dengan demikian, ROA merupakan cerminan atas kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan dengan aset yang dimilikinya. ROA bisa menjadi indikator bagi para pelaku investasi untuk melihat prospek ke depan perusahaan mengingat pertumbuhan keuntungan perusahaan itu sendiri.

Dengan menunjukkan nilai ROA yang positif, yang ditunjukkan melalui pengelolaan aset dan keuntungan yang didapat, merupakan sinyal yang baik bagi perusahaan untuk menarik investor. Hal ini akan berimbas pada peningkatan permintaan saham oleh investor yang turut mempengaruhi harga saham perusahaan daripada penawaran saham perusahaan.

Nah itulah penjelasan bagaimana pengaruh ROA terhadap harga saham perusahaan. ROA bisa dipakai untuk menganalisis prediksi harga saham yang biasanya ditentukan oleh keuntungan perusahaan dalam mengelola asetnya. Dengan demikian, para investor dapat menanamkan modalnya di perusahaan tersebut mengingat prospek panjang yang akan mendatang.

Artikel Terkait