Tanpa Modal, 5 Peluang Bisnis Pemula Untuk Anak Muda

Hey kamu, iya kamu! Masih aja berandai-andai di tahun 2023? Gak bosen? Hahaha…

Kamu tahu gak kalau 10 orang terkaya di dunia itu semuanya adalah pengusaha? So, kalau kamu mau harta melimpah, ikuti deh jejak mereka. Gak punya modal? Tenang aja, gak semua usaha butuh modal, kok. Gak percaya? Ini dia bisnis pemula untuk anak muda yang bisa kamu coba tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun.

1. Bisnis Dropship

Bisnis dropship adalah bisnis pemula untuk anak muda pertama yang patut untuk dicoba sebab kamu tidak perlu modal untuk membeli dan stok barang. Ini adalah bisnis termurah dan tercepat yang bisa kamu lakukan.

Caranya pun sangat mudah, kamu tinggal posting barang yang ingin kamu jual atau pasarkan secara online melalui media sosial yang kamu miliki, misalnya WhatsApp, Instagram, Facebook, dan lain-lain. Semakin banyak media sosial dan pertemanan yang kamu miliki tentu akan semakin besar potensi penjualan yang bisa kamu dapatkan.

Keunggulan lain berbisnis di bidang ini adalah barang-barang yang kamu posting bisa berasal dari dalam dan luar negeri. Jika ada yang berminat dengan barang yang kamu posting, kamu tinggal menyampaikannya kepada pemilik barang untuk mengirimkan ke pembeli atas namamu.

Selain lewat media sosial, kamu juga bisa membuat toko online-mu sendiri dan mengumpulkan barang-barang tertentu dalam tokomu. Barang-barang tersebut bisa kamu kategorikan berdasarkan jenisnya, misalnya kategori fashion, peralatan dapur, kecantikan, alat tulis, furniture, dan seterusnya. Jika ada pemesanan, kamu hanya perlu meneruskannya ke toko asal (pemasok) produk tersebut. Simple, bukan?

Baca Juga:  Cara Sukses Memulai Usaha Sampingan Online Bagi Para Pemula

Oh ya, deskripsi barang sangat penting ya saat menjalankan usaha ini dan kamu juga harus tetap berhati-hati saat memilih pemasok. Jangan asal posting barang yang kamu belum pasti kualitas produk maupun kredibilitas penjualnya karena jika produk yang dikirimkan ada cacat atau kerusakan, kamu yang harus bertanggungjawab, bukan pemilik toko yang mengirimkan produk tersebut. Namun, jangan khawatir! Sudah banyak kok pemula yang sukses menjalankan ide bisnis ini.

2. Bisnis Produk atau Jasa Digital

Siapa sih yang kenal Ghozali Everyday? Seorang pemuda yang sukses jadi miliarder hanya dari berjualan foto selfie.

Kok bisa?

Tentu saja! Itu namanya bisnis produk digital. Nah, kalau mau seperti dia, ini dia ide bisnis pemula yang bisa mendatangkan cuan tanpa perlu modal, yaitu dengan bisnis produk atau jasa digital, misalnya menjual gambar, foto, desain, musik, tulisan, atau menyediakan kursus online. Dengan cara ini, kamu gak perlu repot mikirin tentang biaya produks apalagi pengiriman barang. Oleh karena itu, bisnis ini menjadi alternatif yang sayang jika dilewatkan.

Tips bisnis pemula yang satu ini adalah kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang bisa membuat produk digital kamu diminati. Gak hanya itu, kamu juga perlu memikirkan tentang sesuatu yang cukup berguna bagi orang lain sehingga ia mau membayar produk yang kamu tawarkan. Bayangkan saja, jika orang sudah suka dengan karyamu, maka dia rela membayarnya dengan harga yang fantastis.

Bisnis ini tentunya sangat cocok untuk kamu yang mau menyalurkan hobi dan mengubahnya menjadi profesi. Selamat berkreasi dan mencari inspirasi!

3. Bisnis Virtual Event Planner

Wedding organizer atau event organizer adalah dua usaha yang biasa kita dengar, khususnya sebelum masa pandemi. Kedua profesi itu biasa dilakukan secara luring (luar jaringan). Namun, tahukah kamu kalau sekarang kamu juga bisa menjalankan usaha tersebut secara online atau daring (dalam jaringan).

Baca Juga:  Peluang Usaha Bisnis Online Yang Mudah Dan Menguntungkan

Di tengah maraknya kegiatan work from home maupun webinar yang dilakukan selama masa pandemi ini, sekarang adalah momentum yang pas untuk kamu memulai bisnis pemula online yang satu ini. Untuk sukses menjalankan bisnis ini, kamu bisa bekerjasama dengan sekolah-sekolah, kampus-kampus, kantor-kantor, dan berbagai lembaga untuk mengelola kegiatan mereka secara online.

Bisnis ini sangat tepat untuk kamu yang suka bertemu dan berjejaring dengan banyak orang, baik calon konsumen maupun vendor yang akan kamu libatkan. Modal utama bisnis ini bukan uang ya, tapi kemampuan komunikasi dan negosiasi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan proposal yang kece untuk calon konsumenmu yang berisi tentang paket yang kamu tawarkan, harga, dan manfaatnya.

4. Bisnis Konsultan Sosial Media

Pandemi yang berlangsung selama dua tahun terakhir telah menciptakan gelombang pengguna media sosial yang begitu besar hingga mencapai 4,2 juta miliar pengguna aktif di seluruh dunia atau sekitar 53,6% dari total populasi dunia. Artinya, ada sebuah peluang bisnis yang bisa kamu garap di sini. Sebut saja konsultan sosial media.

Konsultan sosial media merupakan salah satu profesi yang paling banyak dicari saat ini. Penggunanya pun beragam, tidak hanya perusahaan namun juga selebriti.

Sebagai konsultan sosial media, kamu harus membuat strategi yang bisa mendongkrak branding perusahaan atau klien yang sedang kamu tangani. Bagi perusahaan, branding yang meningkat diharapkan akan ikut menaikkan penjualan produk perusahaan. Bagi selebriti, branding yang baik akan meningkatkan kepercayaan publik sehingga dapat mendatangkan berbagai tawaran iklan yang menguntungkan bagi mereka. Kamu pun bisa untung dari sini.

Untuk sukses menjalankan bisnis pemula yang satu ini, kamu juga sebaiknya belajar tentang cara copywriting atau menulis caption yang baik. Selain itu, kamu juga perlu memahami karakteristik masing-masing media sosial agar pesan yang ingin kamu bagi sampai kepada orang yang tepat sehingga tujuan kamu bisa tercapai.

Baca Juga:  4 Makanan Ini Bisa Menjadi Ide Jualan Online Terlaris

Satu hal lagi yang wajib kamu lakukan, yaitu membangun branding pribadi dan eksis secara online di media sosial. Caranya, posting dan berinteraksi dengan sesama pengguna media sosial sesering mungkin, ya. Bisa lewat komen, like, saling follow, atau buat kuis. Pokoknya, kamu harus sekreatif mungkin dan jangan lupa ikuti tren-tren yang lagi viral, ya. Dengan begitu, akun media sosialmu akan mengundang banyak followers.

5. Bisnis On-Demand

Satu lagi cara bisnis pemula yang bisa kamu tekuni. Peluang bisnis ini masih terbuka lebar dan sangat menjanjikan, loh. Bisnis on-demand namanya, ialah usaha yang dilakukan berdasarkan sistem pesanan dari konsumen. Dengan model usaha ini kamu tidak perlu melakukan pembelian atau stok barang seperti halnya sistem dropship.

Bisnis on-demand ini juga diprediksi akan terus bertumbuh seiring dengan perkembangan pasar e-commerce yang kian seksi. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi penyedia layanan on-demand seperti gojek, grab, atau shopee untuk memulai bisnis ini atau bahkan memanfaatkan media sosial yang sudah kamu miliki untuk menawarkan layanan on-demand ini. Semuanya bisa kamu lakukan hanya dengan bermodalkan smartphone yang kamu miliki.

Itulah kelima bisnis yang bisa jadi pilihan bagi pemula. Apapun jenis usaha yang kamu pilih, yang terpenting adalah ketekunan dalam menjalaninya karena tidak ada kesuksesan yang dibangun dalam semalam.

Selamat berandai-andai, tapi jangan lupa mewujudkannya, ya!