Pelajari Kapan Menyimpan dan Kapan Berbelanja Jika Anda Sebagai Freelancer

Lebih dari 57,3 juta orang saat ini terlibat dalam beberapa bentuk pekerjaan freelance dan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pekerja akan menjadi freelance pada tahun 2027. Untuk pekerja lepas baru, Anda harus mengontrol agar mampu mengontrol uang dan membuat panduan anggaran yang efektif ketika penghasilan Anda tidak selalu stabil.

Berikut ini adalah panduan untuk membantu Anda mempelajari cara mengelola uang dan berbelanja dengan mudah, diantaranya :

Lacak Uang Anda

Ini adalah langkah pertama untuk semua freelancer dan mungkin merupakan langkah paling penting dari semuanya. Anda perlu tahu ke mana perginya uang Anda. Untuk benar-benar membuat panduan anggaran yang efektif, Anda perlu tahu berapa banyak yang Anda habiskan dan berapa banyak yang Anda hemat. Apakah Anda menghabiskan terlalu banyak belanja setiap bulan? Terlalu banyak makan diluar? Atau terlalu banyak membeli hal-hal kecil yang mungkin Anda tidak butuh? Hmmmm 🙂

Bangun Dana Darurat

Jika Anda belum memilikinya, Anda memerlukan dana darurat setidaknya 1-2 bulan untuk pengeluaran tidak terencana yang mungkin timbul. Bahkan, sebagian besar ahli keuangan merekomendasikan untuk memiliki setidaknya 6-12 bulan pembayaran untuk dibawa pulang dan disimpan dalam rekening tabungan. Pertimbangkan juga untuk tidak menyimpan uang Anda dalam rekening tabungan Anda akan memperoleh bunga atas penyimpanan disana.

Berbelanja pada hal-hal yang benar

Sekarang Anda tahu bahwa membuat panduan anggaran yang efektif memerlukan penghematan uang dan penganggaran secara tepat. Dengan begitu, penting juga untuk mengetahui bagaimana dan kapan menghabiskan uang.

Keanggotaan profesional

Tergantung pada industri atau niche spesifik Anda, bergabung dengan keanggotaan profesional dapat memberi Anda akses yang berharga ke database kontrak dan peluang jaringan. Keanggotaan ini bahkan dapat membayar Anda dan mengarahkan Anda melalui koneksi tersebut.

Baca Juga:  5 Cara Mining Bitcoin Dengan Laptop Termudah Dan Pasti Aman

Pakaian

Jika Anda hanya bekerja di rumah, Anda dapat bekerja dengan piyama Anda, bukan? Anda mungkin tidak membutuhkan banyak pakaian atau jaket mewah. Namun, banyak pekerja lepas yang berkembang dalam memenuhi klien secara tatap muka dan Anda ingin terlihat seprofesional mungkin selama interaksi ini. Untungnya, Anda tidak perlu lemari pakaian baru. Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam beberapa barang berkualitas dan benar-benar merawatnya dengan baik.

Itulah pembahasan mengenai Pelajari Kapan Menyimpan dan Kapan Berbelanja Jika Anda Sebagai Freelancer yang bisa Anda coba dan terapkan dirumah. Semoga bermanfaat ya 🙂

 

Artikel Terkait