Panduan Lengkap Menanam Pisang Ambon Agar Cepat Berbuah

Panduan Lengkap Menanam Pisang Ambon Agar Cepat Berbuah – Pisang, merupakan buah yang biasanya dijadikan olahan makanan ataupun minuman ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Pisang juga biasanya digunakan untuk campuran masker untuk kecantikan. Banyak jenis pisang yang tersebar di Indonesia, salah satunya pisang ambon.

Pisang ambon merupakan salah satu jenis pisang yang unik. Dimana ukurannya yang besar, rasanya yang lezat dan wangi ini sering di konsumsi langsung karena segar dan mengenyangkan. Pisanga ambon juga banyak diolah sebagai makanan seperti kolak ataupun pisang goreng. Ciri khas lainnya pada pisang ambon yakni warna kulitnya yang hijau kekuningan ketika matang. Banyaknya peminat pisang ambon menjadikan tingginya permintaan terhadap pisang ambon di pasaran. Hal ini menjadikan budidaya pisang ambon menjadi peluang bisnis yang bagus dan menguntungkan. Untuk anda yang tertarik dan ingin membudidayakan pisang ambon, berikut kami sajikan panduan untuk budidaya pisang ambon dibawah ini.

Panduan Budidaya Pisang Ambon

  1. Pengolahan Lahan

Langkah pertama pada budidaya pisang ambon yang dapat anda lakukan yakni pengolahan lahan. Anda dapat mengolah lahannya sebelum menanam bibit pisang ambon. Anda perlu menggemburkan tanah dengan mencangkul atau membajaknya. Setelah itu tambahkan pupuk organic dan buat lubang tanam yang berukuran 50 x 50 cm dengan kedalaman 40 – 50 cm dengan jarak 3 meter antar lubang.

  1. Persiapan Bibit

Langkah kedua yang perlu anda lakukan yakni persiapan bibit. Anda dapat melakukan teknik vegetative, yakni mengambil anakan pada tunas pisang. Pilih indukan yang berkualitas agar anal tanaman pisng ambon memiliki kualitas yang bagus dan cepat berbuah. Selain itu, berikan fungisida dan bakterisida sistemik untuk melindungi akar dari serangan bakteri atau jamur yang mengakibatkan akar menjadi membusuk dan tanaman akan mati.

  1. Penyiraman Tanaman

Langkah ketiga yang perlu anda lakukan adalah penyiraman. Lakukan penyiraman dengan skala suplai air yang cukup. Lakukan selama sekali sehari, jangan sirami tanaman ketika memasuki musim hujan karena akan mengakibatkan tumbuhan khususnya akar tanaman menjadi busuk.

  1. Pemupukan Susulan

Langkah keempat yakni pemupukan susulan. Pemupukan susulan bertujuan untuk membuat unsure hara pada tanah menjadi bagus dan menjadikan tanaman menjadi sehat. Lakukan pemupukan susulan setiap dua minggu sekali. Atau anda dapat melakukannya juga setelah proses penyiangan dan penjarangan anakan. Lakukan pemupukan susulan menggunakan pupuk NPK yang telah dicampurkan ke dalam air dengan takaran 3 gr / liter air.

  1. Proses Pemanenan

Langkah terakhir yakni pemanenan. Anda dapat memanen pisang ambon ketika buahnya terlihat matang dengan ditandai warna kulitnya yang berubah menjadi kekuningan dan tekstur buahnya yang empuk. Potong batang pisang kemudian ambil pisang ambon. Setelah itu bersihkan sisa batang pisang tadi agar tidak membusuk dan menular ke tanaman yang lain.

Nah, itu tadi merupakan panduan lengkapnya untuk membudidayakan pisang ambon. Anda dapat mencoba beberapa langkah yang telah diulas diatas. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait